Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

Panduan Beternak – Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil pasti ada saja yang mencoba usaha ini. Karena di mana jika ingin mencoba usaha ternak pastinya harus mulai dari usaha kecil – kecilan. Nah namun jika kalian sudah memiliki modal, namun kalian masih bingung dengan cara beternaknya karena memiliki modal yang dikit. Akan kami berikan caranya kepada kalian.

Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

Panduan Beternak

Ayam Kampung merupakan salah satu hewan unggas yang sangat banyak di jadikan oleh masyarakat sebagai ayam ternak. Ayam kampung ini memiliki dua kegunaan, yang pertama di mana daging ayam ini juga bisa di jadikan konsumsi manusia sebagai paham pangan. Sementara untuk telurnya juga bisa di jual ke pasar atau ke kedai.

Untuk ayam kampung ini biasa di jadikan sebagai hewan peliharaan sampingan atau juga bisa di jadikan sebagai bisnis utuhan. Karena di mana ayam kampung ini sangat mudah di pelihara seperti ternak domba garut sehingga sudah tidak heran lagi jika banyak yang mencoba untuk mengambil ternak jenis hewan ini ya guys.

Ayam kampung ini memiliki daging yang sangat enak di banding ayam lainnya. Dan harga ayam kampung ini juga sangat mahal ya guys. Sehingga banyak juga yang memerlukan dan banyak juga pengonsumsi yang di jual di setiap restoran. Nah apakah kalian ingin mencoba untuk ternak ayam kampung ini? Jika kalian ingin mencoba untuk ternak ayam kampung ini walaupun modal kalian tidak banyak, berikut ini akan kami berikan solusinya kepada kalian. Bagaimana solusinya langsung saja yok sebagai berikut :

Kandang Yang Sederhana

Ternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

Seperti modal yang di miliki, maka kalian harus bisa membuat kandang dengan ukuran sederhana. Seperti dinding ayam di buat dari bambu atau dari kawat jaring-jaring. Dalam kandang, kalian bisa membiarkan tanah saja ya guys dan dalam kandang tersebut kalian bisa membuat beberapa kotak yang di mana akan di gunakan untuk tampat bertelur.

Kalian bisa mencari bahan seadanya yang ada di sekitar rumah kalian untuk di jadikan kandang ya guys. Sementara untuk tempat makan dan tempat minum, kalian bisa menggunakan wadah yang sudah tidak ginuakan lagi. Namun kalian harus membersihkan tempat makan dan minum terlebih dahulu ya guys agar ayam tidak keracunan.

Menggunakan bahan yang ada di sekitaran rumah itu sangatlah bagus. Karena dimana modal yang di miliki juga bisa di gunakan untuk keperluan lain. Namun jangan sampai kalian menggunakan bahan yang berbahay ya guys dan jangan sampai bahan tersebut mudah di hancurkan oleh hewan predator lainnya. Untuk atap kalian bisa menggunakan seng bekas yang bisa kalian beli dengan harga yang murah.

Bibit (DOC) Ayam Kampung

Sesuai dengan modal yang kalian miliki. Kalian harus memiliki patokan untuk membeli bibit ayam dengan berapa. Conthnya kalian memiliki uang Rp.200.000 untuk membeli anak ayam, nah kalian bisa membeli anak ayam dapat berapa ekor gitu. Walaupun uang hanya pas-pasan kalian juga harus mencari ayam yang memiliki kualitas terbagus ya guys.

Jika sudah selesai semuanya dan uang kalian masih ada bertambah modal tadi. Maka kalian bisa menambah beberapa ekor anak ayam lagi ya lur. Jadi jika kalian memiliki sedikit rezeki maka kalian bisa menambah ayam lagi, agar berkembangnya dengan cepat ya lur.

Pemberian Vaksin

Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

Setelah kalian membeli anak ayam dan bawa pulang ke rumah. Maka setelah ayam berumur 4 tahun di dalam kandang. Maka kalian harus memberikan vaksin kepada ayam, setelah itu pemberian vaksin bisa di lakukan kembali pada saat ayam sudah berumur satu bulan ya lur.

Kalian harus memberikan ayam vaksin, karena ini akan membantu menahan daya tubuh ayam ya lur. Vaksin ini bisa berguna agar ayam tidak mudah terserang penyakit ya lur. Untuk ayam yang berumur 4 hari kalian bisa memberikan vaksin di bagian mata. Jangan di suntik ya lur, karena jika kena tulang ayam tersebut bisa jadi lumpuh lur. Sementara untuk ayam yang sudah 1 tahun bisa kalian suntik ya lur di bagiakn dada atau pahanya.

Pakan Ayam Kampung

Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

Selanjutnya adalah pemberian pakan, jika kalian membeli pur setiap hari itu juga sangat boros ya lur, jadi kami sarankan kepada kalian. Agar kalian bisa memberikan sisa pakan seperti nasi bekas atau ampas kelapa maupun yang lain. Atau kalian bisa kepas untuk mengambil sayuran yang sudah tidak di gunakankan lagi.

Namun sayur yang kalian ambil dari pasar harus kalian suci hingga bersih ya guys. Karena sayur tersebut sudah di semprot dengan peptisida sehinga sangat bahaya bagi pertumbuhan ayam. Namun jika ayam masih kecil kalian harus memberikan por yang halus ya guys agar ayam dapat makan pur tersebut. Selain itu, kalian juga harus memberikan minum ya juga mengandung vitamin ya guys agar ayam selalu sehat dan bertumbuh dengan baik.

Perkembangan Ayam Kampung

Perkembangan ayam kampung akan di lihat dari cara perawatan yang kalian lakukan terhadap ayam. Dengan waktu maka ayam akan berkembang dengan sendiri. Apabila kalian menemui ayam yang sedang sakit, maka kalian memisahkan ayam tersebut ya guys. Kalian bisa menaruh ayam yang sakit di kangdang atau wadah yang lain.

Jangan biarkan ayam yang sakit bergabung dengan ayam sehat lain. Karena dengan cepat ayam yang sakit bisa tersernag penyakit ya guys. Ayam ini merupakan hewan unggas yang sangat lemah, sehingga sangat mudah jika terserah oleh penyakit. Untuk ayam yang sakit dan sudah kalian pisahkan, maka kalian bisa memberikan perawatan yang lebih baik lagi ya guys.

Jika ayam sudah masuk pada usia bertelur, maka kalian bisa mengambil telur untuk di jual atau kalian juga bisa membiarkan ayam tersebut mengeramkan telur tersebut agar bisa berkembang lebih banyak lagi.

Pemasaran Ayam Kampung

Ternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

Jika sudah melewati masa perawatan, maka selanjutnya akan masuk pada masa panen. Ayam kampung di jual dengan perhitungan perkg. Ayam kampung ini lumayan mahal ya guys, maka dari itu, jika kalian menjual ayam ini ke pasar maka kalian akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Jadi kami sarankan kepada kalian Cara Merawat Anjing Golden. Jika kalian sudah menjual ayam dan sudah mendapatkan uang, maka kalian bisa menambah kembali anak ayam. Sementara jika kalian menambah ayam maka kalian harus memperbesarkan kandang juga ya guys.

Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

Gimana apakah kalian sudah ingin coba untuk ternak ayam kampung ini? Jika sudah maka jangan menunggu terlalu lama lagi ya lur. Coba saja beternak ayam kampung ini hanya dengan modal kecil saja kalian sudah bisa mencoba bisnis ayam kampung ini mulai dari kecil-kecilan. Jika kalian ingin mencari informasi lainnya kalian bisa mengunjungi situs Panduan Belajar Beternak yang akan memberikan kalian informasi lebih lengkap.

Sampai jumpa kembali di artikel judi kami yang selanjutnya dengan informasi panduan beternak yang berbeda lagi pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan 150x150

    Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan

    Panduan Beternak - Apakah kalian merupakan para pecinta burung kicau?? Apakah sedang mencari Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan.? Jika kalian sudah penasaram dengan panduan beternak burung
  • Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil 150x150

    Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

    Panduan Beternak - Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil pasti ada saja yang mencoba usaha ini. Karena di mana jika ingin mencoba usaha ternak pastinya harus mulai dari usaha kecil - kecilan. Nah
  • Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur 150x150

    Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur

    Panduan Beternak - Beternak ayam petelur apakah kalian sudah mengerti dengan Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur ?? Kalian para pembinis harus mengerti dengan tips ini ya lur. Karena ini
  • Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah 150x150

    Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk usaha sarang burung walet di rumahan? Banyak sekarang yang mencoba untuk usaha burung walet di rumah,
  • Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula 150x150

    Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

    Panduan Beternak -Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula. Bagi kalian yang baru saja ingin mencoba untuk beternak lebah madu. Kalian bisa membaca panduan yang telah kami buat di bawah ini, karena