Cara Beternak Kerbau Dengan Keuntungan Besar

Panduan Beternak – Hallo semuanya.. Cara Beternak Kerbau Dengan Keuntungan Besar. Apakah kalian ingin mencoba beternak kerbau keuntungan besar? jika mau kalian bisa membacanya, karena  Kami akan memberikan cara beternak kepada kalian. Jika kalian ingin mengetahui bagaimana caranya langsung saja kita bahas artikel yang kami buat di bawah ini.

Cara Beternak Kerbau Dengan Keuntungan Besar

Cara Beternak Kerbau Dengan Keuntungan Besar

Kerbau merupakan binatang memamah biak yang menjadi hewan terbak bagi banyak masyarakat di dunia, terutama Asia. Hewan ini adalah domestikasidari kerbai liar ( orang india menyebutnya arni) yang masih dapat di temukan di daerah – daerah Pakistan, India, Bangladesh, Nepal, Bhutan, Vietnam, China, Filipina, Taiwan, Indonesia, dan Thailand.

Saat ini untuk populasi kerbau liar di Asia mulai menurun dan di khawatirkan pada masa yang akan datang tidak akan ada lagi populasi kerbau liar yang dapat di temukan. Kerbau dewasa dapat memiliki berat sekitar 300kg hingga 600kg. Kerbau liar dapat memiliki berat yang levih kerbau liar betina dapat mencapai berat hingga 800kg dan kerbau liar jantan dapat mencapai berat hingga 1200kg. Berat rata-ratakerbau jantan adalah 900kg dan tinggi rata-rata di bagian pundah kerbau adalah 1,7 meter. QDewi Login

Salah satu ciri yang memberdakan kerbau liar dengan kerbau peliharaan adalah bahwa kerbau peliharaan memiliki perut yang bulat. Dengan adanya campuran keturunan antara kerbau populasi yang berbeda, berat bdan kerbau dapat bervariasi.

Banyak masyarakat yang beternak kerbau ini, karena harga jualnya yang sangat tinggi sehingga untuk beternak kerbau ini sangat banyak di minati. Namun untuk menjual daging kerbau harga tidaklah sangat mahal karena kalau di bilang kerbau yang sudah tidak hidup harganya akan menurun dari pada penjualan kerbau hidup.

Nah jika kalian ingin mencoba untuk beternak kerbau berikut ini kami akan memberikan syarat dan cara beternak kerbau kepada kalian. Langsung saja kita bahas artikel di bawah ini :

Pembuatan Kandang Untuk Kerbau

Cara Beternak Kerbau Dengan Keuntungan Besar

  • Kalian bisa membuat kandang yang jauh dari rumah atau pemukiman warga, sebenarnya semua tergantung dari kondisi kampung tempat tinggal kalian. Jika memang relatif banyak yang tau cara Beternak Kerbau kalian juga bisa beternak juga.
  • Untuk kandang kalian bisa membuatnya menggunakan bahan sederhana, seperti kayu, seng bekas. Jika kalian ingin kandang tanah lama kalian bisa menggunakan bahan yang lebih bagus seperti kayu.
  • Untuk lantai kalian bisa semen atau membat dari tanah yang di padatkan. Ingat kandang harus lebih tinggi dari tanah yang di sekitar, agar terhindar dari kebanjiran.
  • Ventilasi kandang harus dalam keadaan baik.
  • Untuk saluran pembuangan kontoran harus dalam keadaan baik tidak boleh tersumbat.

Untuk ukuran kandang kerbau juga harus kalian perhatikan, karena setiap umur kerbau dan jenis kelamin kandang pasti berbeda – beda. Untuk ukuran kandang kerbau sesuai dengan pedoman sebagai berikut :

  • Kerbau betina dewasa 1,5m x 2 m2
  • Kerbau jantan dewasa 1,8m x 2 m2
  • Untuk Kerbau anakan 1,5m x 1 m2

Ingat untuk kandang harus kalian lengkapi dengan tempat minum tempat makan dan jangan lupa kandang bisa kalian tembok.

Memilih Bibit Kerbau Unggulan

Cara Beternak Kerbau Dengan Keuntungan Besar

Dalam pemilihan bibit kerbau kalian harus memilih dengan memperhatikan kesehatan kerbau dan umur kerbau. Untuk ciri kerbau yang sehari kalian bisa melihat melalui, mata bersih, kulit bercahaya, keadaan tubuh gemuk dan normal, belu bersih dan tidak ada kurap pada seluruh badan, hidung ingusnya sedikit dan tidak berbau.

Cara beternak kerbau kalian bisa melihat dari keadaan giginya. Karena untuk gigi kerbau hanya terdapat di rahang bawah, sedangkan rahang atas hanya merupakan bantalan keras yang di gunakan untuk memotong rumput yang di makan. Gigi pada rahang bawah memiliki 4 pasang gigi.

Namun jika kalian ingin melihat kondisi kerbau dari luar berikut ini akan kami berikan caranya sebagai berikut :

  • Bentuk badan secara keseluruhan seimbang.
  • Ternak calon pejantan mempunyai alat kelamin dan kakinya kuat.
  • Ternak calon bibit berina mempunyai alat kelamin yang normal dan ambingnya baik.
  • Ternak kerja dipilih yang kakinya kuat, perototan berisi dan tulang hidungnya besar.

Pemberian Pakan Kerbau

Cara Beternak Kerbau Dengan Keuntungan Besar

Dalam pemberian makan kerbau biasanya kalian akan memberikan kerbau rumput. Sudah tidak di herankan lagi, karena pada umumnya kerbau memang memakan rumput. Namun ada juga yang memberikan makan limbah pertanian dan penguat makan (kosentrat). Nah jika kalian ingin kerbau gemuk kalian memberikan pakan dengan bobot 300kg dana satu. Apa saja makananya langsung saja sebagai berikut :

  • Rumput atau dedauan 20kg
  • Jerami pada hasil pengelolahan petani 7kg
  • Dedak seberat 2,3kg
  • Kacang atau biji-bijian 0,5kg
  • Garam 100gr
  • Vitamin Dan mineral

Atau jika kalian ingin memberikan kerbau kalian pakan rumput saja juga bagus. Kalian memberikan kerbau memakan rumput Gajah mini yang di mana batang rumput tersebut bisa di makan oleh kerbau juga. Untuk rumput gajah juga bisa kalian tanam dan bisa kalian beri pupuk agar rumput yang di hasilakan memuaskan.

Pakan Limbah Pertanian

Cara Beternak Kerbau Dengan Keuntungan Besar

Nah untuk rumput pastinya tidak akan setiap saat kita dapatkan dengan mudah, apabila ketika sedang musim kemarau maka rumput akan sulit untuk di cari. Nah kalian bisa mencoba menggunakan pakan limbah pertanian, kalian ingin tau bagaimana cara mengelolahnya?? Langsung saja sebagai berikut :

  • Pertama kalian bisa mempersiapkan alat-alat seperti : drum yang di potong sebagai wadah, alat mengaduk, ember plastik, alat penyiram, dan timbangan.
  • Kedua kalian bisa menyiapkan bahan seperti, jerami pada kering, air dan soda.
  • Untuk pengelolahan, kalian bisa melarutkan soda ke dalam ember terlebih dahulu. Tiap – tiap jerami pada di gunakan takaran 2 sendok makan 30g soda di campur dengan 1 liter air.
  • Kemudian jarimi bisa kalian potong dan setelah itu masuk ke dalam drum.
  • Jearimi yang sudah kalian masukan maka selanjutnya bisa kalian siram dengan air soda dengan sedikit-sedikit dan bisa sambil di aduk sampai meratawa.
  • Jika sudah merata maka bisa kalian diamkan selama 8 jam agar campuran merata.

Pakan Jerami Dengan Pupuk Urea

Cara Beternak Kerbau Dengan Keuntungan Besar

Atau jika kalian bisa mengelolah jerami  pupuk urea yang akan kalian berikan kepada kerbau. Bagaimana cara mengolahnya?? Langsung saja sebagai berikut :

  • Untuk pertama siapkan alat-alat seperti sendok, cangkul,alat penyiram, ember, timbangan, dan plastik.
  • Untuk bahan bisa kalian siapkan seperti jerami, pupuk urea, dan air.
  • Pupuk bisa kalian larutkan dalan 1 liter air ember kemudian di aduk sampai merata.
  • Buat lobang pada tempat penyimpanan jerami dengan ukuran lebar 75cm, kedalaman 1m dan penjanganya di sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Jerami yang telah di sediakan bisa kaliah masuk ke dalam lubang, untuk dasar bisa kalian alsai dengan plastik.
  • Untuk pupuk urea yang sudah terlarut di dalam air bisa kalian masukan ke dalam alat penyiraman dan di siramkan ke dalam lobang yang berisi jerami tersebut.
  • Jika sudah maka jerami bisa kalian padatkan dan segera di tutup dengan plastik lalu bisa di timbun dengan tanah.
  • Jerami yang kalian rimbun bisa di tunggu selama 15 hari.

Penyakit Pada Kerbau

Cara Beternak Kerbau Dengan Keuntungan Besar

Ingat walaupun kerbau hewan yang besar bukan bearti kerbau tidak bisa sakit!! Untuk penyakit kerbau memiliki beberapa penyakit yang akan menyerang kerbau kalian. Ada 4 penyakit pada kerbau, seperti apa saja penyakitnya langsung saja sebagai berikut :

  • Radang Limpa (anthrax)

Penyakit anthrax ini di sebabkan oleh kumas bacillus anthracis anthraz telah di kenal di indonesia sejak tahun 1885. Untuk tanda-tanda kerbau terkena penyakit Anthrax sebagai berikut :

  1. Suhu badan meningkat (demam) 40oC-42oC
  2. Limpa membesar (bengkak) dan rapuh
  3. sukar bernafas
  4. Pendarahan pada mulut, lubang hidung, telinga, dan anus
  5. Kematian yang cepat atau mendadak

Untuk mengobatan ternak yang terserang penyakit anthrax yaitu dengan menggunakan anti serum anthrax dengan dosis 100-200 cc secara sucutan serta i berikan antibiotik berupa penislin terramisin, dan silfat thiazole. Nah jika kalian ingin menghindari penyakit tersebut kalian bisa mencoba dengan cara di bawah ini :

  1. Ternak seharu harus di berikan vaksin anthrax strain dengan dosisi 1cc secara subcutan.
  2. Jangan menjadul atau menyembelih makanan daging atau susu ternak yang sakit sebab dapat menular.
  3. Pada lokasi-lokasi yang berpenyakit anthrax tertutuo bagi lalulintas hewan, kemudian baru di buka lagi setelah 14 hari.
  4. Kandang dan beaka peralatan ternak sakit harus di buang dan jangan di gunakan lagi.
  • Mulut Dan Kuku (aphtae epizootica)

Untuk penyakit mulut dan kuku di sebut sebagai aphtae epizootica yang di sebabkan oleh virus. Untuk tanda-tanda serangan penyakit mulut dan kuku sebagai berikut :

  1. Demam dan nafsu makan yang berkurang.
  2. Dari mulut keluar air liur terus – menerus, lempuh lempuh dan keropeng pada mulur lidah dan putting susu.
  3. Kerbau akan jalan pincang karena jadi luka di kakinya.
  4. Kerbau akan berbaring, lesu dan mendapatkan kesulitan untuk bangkit.
  5. Untuk berat badan dan susu akan berkurang.

Penyebab kerbau terkan penyakit aphtae epizootica biasanya terkena melalui makan yang tercemar. Untuk mencegahan penyakit tersebut, kalian bisa melakukan vaksinasi, dan ternak sakit harus di pisahkan dengan ternak yang lainnya agar tidak menular. Kebersihan kandang juda harus di jaga dan makann bergizi juga harus di berikan.

  • Surra (mubeng)

Penyebab penyakit sura adalah protozoa tripanosoma evansi yang ditularkan oleh lalat penghisap darah . Di Indonesia penyakit ini dikenal sejak tahun 1987. Gejala serangan penyakit surra sebagai berikut :

  1. Bengkan bagian leher sampai dada bagian depan, perut bagian bawah sampai pelir (scrotum).
  2. Demam meningkat.
  3. Ternak tampak berputar –putar.
  4. Sesak nfas, lemah , serta lesu.

Pencegahan penyakit surra dapat di lakukan dengan cara pemberantasan lalat penghisap darah, mengasingkan ternak yang sakit. Mencuci makan kandang dan peralatan , penyemprotan ternak dengan nagonal 3 gr dalam 30 cc aquadest.

  • Cacing hati

Penyebab penyakit cacing hati adalah cacing trematoda fasiciola gigantic. Gejala penyakit yang disebabkan cacing hati adalah sebagai berikut:

  1. Mencret, dan ternak tampak kurus, dan lemah anemia
  2. Produksi turun da,
  3. Pertumbuhan anak sangat lambat

Penularan cacing hati pada umumnya pada rumput dan minuman yang tercemar cacing. Pencegahan cacing hati dapat dilakukan dengan cara membunuh hewan perantara (siput). Sementara pengobatan cacing hati dapat dilakukan dengan cara tradisional dengan jambu muda digerus dan di cekokan pada kerbau.

Dapat pula dilakukan dengan tembakau sebanyak 3 liter dicampur 3 gr terusi, lalu ditambahkan 2 liter air selanjutnya diberikan kepada ternak sebanyak 30 mm-50 mm diminumkan . Selain itu , cara kimiawi dapat diberi obat paten Dovenix berbahan aktif introsinil dosis 10 gr/kg berat badan, yang disuntikan dibawah kulit karbontetra khlorida dosis antara 1-5 ml/ekor atau 50 mg/kg berat badan yang disuntikan dibawah kulit.

Cara Beternak Kerbau Dengan Keuntungan Besar

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan cara beternak kerbau ini? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja coba usaha kerbau. Semoga dengan membaca artikel cara beternak kerbau ini kalian bisa menjadi pengusa kerbau yang sukses.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Beternak Kerbau Dengan Keuntungan Besar. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan panduan yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Cara Beternak Kerbau Dengan Keuntungan Besar

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar 150x150

    Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar

    Panduan Beternak - Untuk kalian para pemacu kuda, jika kalian ingin kuda kalian lebih sehat lagi. Berikut ini ada beberapa Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar. Jika kalian ingin mendapatkan perawatan
  • Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium 150x150

    Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium

    Panduan Beternak - Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium merupakan pembahas kami kali ini yang akan kami berikan kepada kalian yang berminat. Jika kalian memiliki akuarium di rumah, dan kalian
  • Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak-min 150x150

    Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

    Panduan Beternak - Bagi para penghoby atau para peternak apakah mengetahui mengenai Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak. Banyak para peternak dan penghoby yang memilih jenis kambingnya yang
  • Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat 150x150

    Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat

    Panduan Beternak - Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat. Bagi kalian yang memiliki bisnis sapi lokal namun masih belum mengerti dengan cara penggemuaknnya. Nah kalian tidak perlu risau, karena
  • Tips Ternak Kelinci Perdaging Agar Cepat Gemuk 150x150

    Tips Ternak Kelinci Pedaging Agar Cepat Gemuk

    Panduan Beternak - Tips Ternak Kelinci Pedaging Agar Cepat Gemuk. Bagi kalian yang memiliki bisnis ternak kelinci pedaging ini, namun lama dalam perkembang proses penggemukan!! Nah kalian tidak perlu