Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

Panduan Beternak – Bagi kalian yang ingin usaha murung merpati pedaging. Kalian bisa membaca artikel Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging yang telah kami buat di bawah ini. Kami ingin memberikan seikit pengalam kepada kalian. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja kita bahas artikel di bawah ini. Informasi Game Online

Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging Yang Sukses

Merpati merupakan burung yang berbadan gempal dengan leher pendek dan paruh rampingpendek dengan cere berair. Spesies yang umumnya di kenal sebagai merpati adalah merpati karang liar. Burung merpati ini di kenal sebagai burung dara yang hampir sama, hal ini memang benar. Karena burung dara dan burung merpati merupakan burung yang sama, namun hanya berbeda dengan sebutannya saja. Karena burung merpati merupakan sebutan untuk burung yang berukuran besar, sedangkan burung dara di gunakan untuk sebutan burung yang berukuran kecil.

Banyak sekarang yang budidaya burung merpati ini. Biasanya burung ini di jadikan hewan peliharaan bahkan di jadikan sajian menu pada beberapa rumah makan dan retoran. Karena menu sajian ini sangat di jadikan sebagai sjian kerap menjadi menu andalan dan unggulan, daging burung merpati sendiri di percaya memiliki manfaat yang baik bagi kesehtan tubuh. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi daging burung ini juda memiliki kandungan mineral yang pastinya dapat mengantikan konsumsi terhadap daging lainnya.

Nah apakan kalian ingin mencoba untuk membudidaya burung merpati ini ?? Jika kalian ingin mencoba untuk membudidaya burung merpati ini, kalian bisa menggunakan cara budidaya burung merpati yang kami berikan di bawah ini. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja kita bahas artikel di bawah ini :

Lokasi Kandang Merpati Yang Baik

Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

Burung merpati merupakan burung yang sangat cepat berkembang. Karena burung merpati ini merupakan hewan unggas yang bisa bertelur dengan jumlah yang banyak dan akan menetas dengan jumlah anak yang banyak. Jadi sebelum kalian beternak burung merpati ini maka kalian bisa memastikan lokasi untuk kandang burung merpati ini.

Biasanya untuk kandang merpati di buat pada dinding rumah yang di buat dengan cara gantung. Atau jika kalian memiliki lahan yang lumayan kalian bisa menggunakannya untuk lokasi yang baik untuk di jadikan kandang. Namun untuk lokasi kalian harus pastikan kembali bahwa kandang tersebut jauh dari hewan predator yang akan mengencan burung merpati ini.

Kangdang Merpati Dan Persiapannya

Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

Jika kalian sudah mendapatkan lokasi yang bagus, maka selanjutnya kalian bisa membuat kandang yang baik dan nyaman untuk si merpati. Nah jika kalian ingin membuat kandang maka kalian harus memiliki beberapa syarat untuk pembuatan kandang. Apa saja syarat untuk kandang !! Langsung saja sebagai berikut :

  1. Untuk ukuran kandang, sebaiknya di buat seluas mungkin, sebab burung merpati munyukai hidup yang berkelompok.
  2. Kandang kalian bisa buat seperti kandang ayam yang berukuran luas dan longgar.
  3. Kandang harus kalian berikan tempat tenggeran agar merpati lebih nyaman.
  4. Berikan lapisan pada kandang agar merpati tetap merasa hanga di dalam kandang.
  5. Kandang idela memiliki ukuran panjang 50cm dan lebar 40cm dan tingginya 35cm.
  6. Untuk kandang biasa kalian buat menghadap ke arah timur agar burung mendapatkan sinar matahari di pagi hari.

Persiapkan Indukan Yang Berkulaitas

Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

Jika kalian sudah membuat kandang maka selanjutnya kalian bisa membeli indukan merpati jantan dan betina. Dalam pemilihan induk merpati, kalian bisa memilih induk yang berkualitas. Nah jika kalian ingin membeli induk merpati kalian harus memiliki induk sesuai dengan ciri-ciri yang ada di bawah ini :

  1. Pilihlah indukan yang sehar, lincah dan berukuran besar.
  2. Indukan bisa kalian pilih yang sudah berusia 7 bulan ke atas. Karena indukan tersebut sudah siap breeding.
  3. Jangan pernah memilih indukan yang tua, karena itu hanya bisa menurunkan kualitas keturunan pada anak.
  4. Untuk indukan kalian harus memilih burung yang memiliki bulu yang bagus, pada bagian sayap ujung tidak melor dan juga saat di tangkap dengan tangan memberikan perlawanan yang besar.

Nah jika kalian ingin mengetahu memberdakan mana merpati jantan dan mana merpati betina langsung saja sebagai beikut :

  • Merpati Jantan
  1. Memiliki bentuk kepala yang kasar, dan terlihat elegan serta agak nong-nong.
  2. Lehernya merpati lebih pendek dari pada leher merpati betina.
  3. Jari kaki burung merpati jantan lebih panjang di bandingkan betina.
  4. Supit udang kalian bisa memilih supit udang uang keras dan kuat. .
  5. Paruh merpati jantan agak pendek dan runcing.
  • Merpati Betina
  1. Bentuk kepala merpati betina terlihat lembut dan tidak nong-nong.
  2. Lehernya merpati betina agak panjang dari pada leher merpati jantan.
  3. Supit udang, memiliki bentuk yang agak rapet renggang sedikit dan rengggang banyak.
  4. Paruh merpati jantan agak pendek dan runcing.

Pakan Merpati Pedaging

Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

Pemberian pakan untuk merpati dapat di berikan pakan pelet atau jagung. Untuk memberikan pakan kalian bisa memberikan 2 kali dalam sehari, pemberian kalalian bisa memberikan setiap pagi dan sore saja. Namun apbila ketika indukan betina sudah mulai bertelur maka kalian bisa memberikan pakan tambahan dengan mengandung mineral yang banyak.

Selain itu kalian bisa memberikan merpati makan seperti kacang tanag, kacang hijau atau millet. Selain mineral di butuhkan asupan seperti vitamin pada indukan yang nantinya akan meloloh piyik merpati. Untuk memnuhi kebutuhan kalsium sekaligus mineral dan percernaan yang baik bagi indukan maka dapat kalian berikan pakan grit. Grit dapat di buat dengan campuran bata merah dan grit purih bisa kalian campurkan dengan komposisi 40:40:20.

Menjodohkan Dan Mengawinkan Merpati

Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

Agar merpati yang kalian budidaya cepat berkembang maka kalian bisa mengwinkan burung merpati dengan cara menjodohkan burung tersebut. Kalian bisa melakukan perjodohan di dalam kandang dengan cara nenempatkan kedua indukan di dalam kandang tersebut. Atau juda kalian bia menempatkan kedua indukan di dalam kandang yang di dekatkan. Jika kedua burung sudah menunjukan tingkah anenhnya maka selanjutnya dapat di lakukan proses perkawinan.

Proses perkawinan di lakukan di dalam penguponan pada malam hari dan ketika siang hari hari indukan di jemur dalam satu kandang.  Saat matahari sudah tinggi maka indukan dapat di kembalikan ke dalam pengupon sehingga malamnya bisa kawin kembali. Dan kalian bisa menjemur burung di keesokan harinya lagi, dan ketika panas bisa kalian pindahkan kembali. Pada umunya burung merpati akan giring setelah 2-3 hari.

Bertelur Dan Pengeraman Telur

Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

Setalah merpati di jodohkan dan di kawinkan maka selanjutnya merpati akan bertelur. Jika merpati betina sudah cukup bertelur maka selanjutnya merpati betina akan melakukan pengeraman. Dalam Ptoses pengeraman ada beberapa hal yang harus kalian ketahui seperti di bawah ini :

  1. Indukan merpati akan menetas sebenyak 2 telur.
  2. Telur harus di tempatkan ke dalam kendang untuk langsung erami
  3. Waktu pengeraman maka telur akan menetas membutuhkan waktu selama 19-22 hari.
  4. Kalian bisa menyiapkan jerami di dalam sarang agar membantu proses penetasan.
  5. Jaga kandang selalu agar tidak mudah lembab, yang mentyebabkan telur menjadi rusak.

Perawatan Piyik Merpati

Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

Setelah telur yang di eram sudah menetas, maka selanjutnya adalah pemeliharaan atau perawatan piyik. Kalian harus pelihara pityik ini dengan benar-benar, agar piyik ini tidak mudah mati dan akan hidup hingga dewasa. Jangan memaksakan untuk memisahkan piyik dari induknya. Karena akan membuat anak piyik menjadi stres karena jauh dari perlindungan induk. Banyak peternak merpati yang mencoba untuk memishkan piyik dari induk agar cepat bertelur. Namun akhirnya anak piyik yang di pisahkan stres dan menyebabkan kematian pada piyik

Jadi jika si piyik sudah dapat di pisahkan maka kalian sudah merawat piyik dengan bener dan telatin agar ketika piyik. Jika piyik sudah berusia 7-9 belum maka kalian sudha bisa menjual piyik kepada konsumen yang ingin membeli piyik tersebut.

Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

Bagaimana apakah kalian sudah paham denga cara budidaya burung merpati yang kami berika ini? Apakah kalian ingin mencoba untuk budidaya burung merpati pedaging ini? Jika sudah maka kalian bisa mencoba budidaya burung merpati dengan cara budidaya burung merpati yang kami berikan di atas.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Free Chips Setiap Hari

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging Yang Sukses

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Panduan Ternak itik Petelur Bagi Pemula 150x150

    Panduan Ternak Itik Petelur Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Jika kalian ingin mencoba untuk ternak itik petelur ini. berikut ini kami telah membuat. Panduan Ternak itik Petelur Bagi Pemula, tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja
  • Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar 150x150

    Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar

    Panduan Beternak - Dalam beternak hewan apapun pastinya perawatan haru kita perharikan seperti Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar. Jika kalian memiliki bisnis burung puyuh ini, berikut ini kami
  • Burung Murai Batu Paling Populer 150x150

    Jenis Burung Murai Batu Paling Populer

    Panduan Beternak - Jenis Burung Murai Batu Paling Populer di daerah rumah kalian bahwa di seluruh Indonesia pastinya akan terkenal. Namun hanya saja tidak ada yang mengetahui jenis burung murai batu
  • 3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan 150x150

    3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan

    Panduan Beternak - 3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan. Hallo semuanya, bagi kalian yang sedang ingin mencoba untuk pelihara hewan unggas. Namun masih bingung dengan jenis hewan apa yang ingin
  • Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah 150x150

    Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah

    Panduan Beternak - Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah. Bagi kalian pecinta burung kicau, apakah kalian tidak berminat untuk mencoba ternak burung perkutut di rumah? Perkutut ini juga memiliki suara