Cara Budidaya Burung Parkit Bagi Pemula

Panduan Beternak – Cara Budidaya Burung Parkit Bagi Pemula. Bagi kalian apakah kalian senang untuk budidaya burung parkit? Atau jenis burung lainnya? Nah jika kalian ingin mencoba untuk budidaya burung parkit ini, kalian bisa membaca artikel yang telah kami berikan di bawah ini. Karena kami akan memberikan cara budidaya burung parkit kepada kalian.

Cara Budidaya Burung Parkit Bagi Pemula

Panduan Beternak

Burung parkit merupakan jenis burung yang memiliki warna bulu yang indah. Sehingga banyak sekali yang ingin pelihara burung ini. Burung parkit ini hampir sama seperti burung lovebird, namun hanya saja berbeda burung lovebird memiliki ekor pendek dan paruh yang besar. Sedangkan burung parkit memiliki ekor yang panjang, dan paruh yang kecil dan lancip.

Untuk burung parkit memiliki berbagai macam jenis yang harus kalian ketahui. Apa saja jenisnya langsung saja sebagai berikut :

  • Burung parkit Australia: jenis ini berasal dari Australia dan lebih mudah untuk beradaptasi di Indonesia karena tidak ada perbedaan cuaca dan iklim yang siknifikan dari kedua negara tersebut.
  • Burung parkit lokal: jenis ini asalnya dari luar negeri tetapi dikembangbiakan di Indonesia.
  • Burung parkit Holland: jenis ini berasal dari Belanda dan memiliki ukuran yang lebih besar daripada burung parkit pada umumnya. Burung parkit Holland juga memiliki warna yang cantic, tetapi burung parkit jenis ini cukup sulit untuk beradaptasi di Indonesia karena adanya perbedaan cuaca dan iklim yang siknifikan antara Belanda dan Indonesia.

Nah apakah kalian ingin mencoba untuk budidaya burung parkit ini? Jika kalian ingin mencoba untuk budidaya burung parkit ini. Jika iya maka kalian bisa mencoba menggunakan cara budidaya yang kami berikan di bawah ini :

Kandang Parkit Dan Peralatan

Cara Budidaya Burung Parkit Bagi Pemula

Baca Juga : Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium

Awal dalam pembudidayaan burung parkit, maka yang harus kalian siapkan landang burung terlebih dahulu.  Tanpa kandang kalian tidak bisa melakukan budidaya burung parkit ini, karena jika tidak ada kandang maka burung akan mudah untuk terbang.

Ingat kalian melakukan budidaya Burung parkit, maka kalian harus membuat kandang yang cukup luas. Karena jika kalian membuat kandang yang tidak luas, maka yang ada kalian akan membuat kandang kembali. Sementara untuk lokasi kandang, kalian jangan mencari lokasi yang mudah tergenang air. Dan jangan pernah mencari lokasi yang berbahaya yang ada hewan predator yang mengancam hidupnya burung.

Penyediaan Sangkar Burung Parkit

Cara Budidaya Burung Parkit Bagi Pemula

Ketika dalam pembuatan kandang kalian harus membuat sangkar untuk burung betina bertelur. Untuk sangkat kalian bisa membuat atau bisa langsung kalian beli di toko peternakan. Kalian harus membersiapkan sangkar ini, karena jika kalian tidak siapkan ini, maka betina akan bertelur sembarang dan jarang untuk menetas.

Sementara untuk sangkar yang di dalam bisa kalian isi dengan jerami, agar telur dan induk burung selalu merasakan kehangatan. Sementara untuk jerami pastikan kembali bahwa jerami yang kalian gunakan sudah dalam keadaan kering. Karena jika jerami basah yang ada hanya membuat telur menjadi busuk dan tidak bisa di gunakan lagi.

Memilih Induk Burung Parkit

Cara Budidaya Burung Parkit Bagi Pemula

Jika kalian sudah membuat sarang, maka selanjutnya adalah pemilih induk burung parkit. Untuk mendapatkan induk berkualitas, kalian bisa langsung membelinya di toko peternakan atau ke para peternak lainnya agar kalian dapat memilih burung yang lebih banyak. Dalam pembelian bibit kalian harus mencari indukan yang berkualitas agar kalian induk tersebut akan menghasilakan anak yang bagus juga.

Dalam membedakan indukan jantan dan betina sangatlah mudah. Kalian hanya perlu melihat pada hidung burung parkit, jika warna burung tersebut warna biru, maka burung tersebut merupakan jantan. Sedangkan untuk betina hidungnya berwarna putih.

Ketika kalian sedang melihat ada dua ekor burung saling membersihkan bulunya atau meloloh dengan satu sama lain, maka itu adalah satu pasang yang sangat cocok dan sudah siap untuk di ternak. Dan kami sangat menyarankan agar memilih burung yang sudah jodoh karena ini akan memudahkan kalian dalam budidaya.

Pakan Burung Parkit

Cara Budidaya Burung Parkit Bagi Pemula

Dalam melakukan budidaya burung parkit maka kalian harus perhatikan pakan burung parkit juga. Dalam pemberian kalian harus memberikan pakan yang berkualitas, agar parkit mendapatkan pakan yang banyak mengandung protein dan gizi. Biasanya burung parkit, akan makan bijian, buahan, dan sayuran, nah jika kalian ingin jenisnya seperti apa saja langsung saja sebagai berikut :

  • Biji-bijian: Biji milet merah dan biji milet putih
  • Sayur mayur: Sayur bayam, wortel, dan sayur kol
  • Buah-buahan: Buah pepaya, buah apel, buah pisang, dan buah pir.

Selain pakan di atas, maka kalian bisa memberikan asupan suplemen serta vitamin herbal yang bisa kalian campurkan ke dalam minumnya. Kegunaanya agar burung parkit dapat bertumbuh dan berkembang biak dengan lebih baik dan lebih lancar.

Perjodohan Burung Parkit

Cara Budidaya Burung Parkit Bagi Pemula

Jika sudah mendapatkan bibit maka kalian harus melakukan perjodohan agar burung bisa berkembang dengan cepat. hal yang perlu kalian lakukan adalah memasukan parkit jantan dan betina di sangkat yang berbeda, dan sangkar itu di letakan berdekatan. Hal tersebut kalian lakukan adalah proses pendekatan terlebih dahulu antara yang betina dan jantan, untuk waktu yang di butungkan selama 1 minggu lebih.

Ketika kedua burung sudah saling berkicau, berartik kedua pangat tersebut sudah akrab dan sudah saling suka. Selain banyak berkicau, parkit juga mulai sering berdekatan. Jika sudah tersebut, maka kalian bisa masukan kedua burung parkit tersebut dalam sangkar ternak. Dalam waktu 3 -4 hari pindahkan parkit janyanke sangkar ternak, jika mereka berjodoh maka mereka akan melakukan proses perkawinan dapat berlangsung.

Menjaga Kebersihan Kandang

Cara Budidaya Burung Parkit Bagi Pemula

Untuk terakhir adalah pembersihan kandang, agar burung tidak mudah sakit dan tidak mudah terserang penyakit, maka kalian bisa membersihkan kandang burung. Jangan sampai kandang burung parkit sampai kotor  karena kesehatan anak parkit akan sangatlah terancam. Namun apabila kandang burung parkit terus-terus kalian bersihkan maka burung akan merasa terganggu. Dalam  perawatan ini sama saja seperti Cara Merawat Burung Lovebird.

 

Maka dalam pembersihan kandang bisa kalian lakukan ketikan kandang sudah kelihatan kotor dan sudah mencium bau yang tidak enak dari kandang. Jangan sampai kandang basah dan lembab karena itu akan sangat mudah mendatangkan kotoran dan bakteri yang akan mengancam kesehatan burung parkit.

Cara Budidaya Burung Parkit Bagi Pemula

Bagaimana apakah kalian paham dengan cara budidaya burung parkit yang kami berikan ini? Apakah kalian sudah ingin mencoba untuk budidaya burung parkit ini? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja mencoba untuk budidaya burung parkit menggunakan cara budidaya yang kami berikan di atas. Atau kalian juga bisa membaca Panduan Belajar Beternak yang bisa kalian dapatkan informasi beternak lainnya.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Budidaya Burung Parkit Bagi Pemula. Sampai jumpa kembali di artikel yang selanjutnya dengan Informasi Panduan Beternak yang berbeda. Atas waktu kalian untuk untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar 150x150

    Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar

    Panduan Beternak - Dalam beternak hewan apapun pastinya perawatan haru kita perharikan seperti Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar. Jika kalian memiliki bisnis burung puyuh ini, berikut ini kami
  • Burung Murai Batu Paling Populer 150x150

    Jenis Burung Murai Batu Paling Populer

    Panduan Beternak - Jenis Burung Murai Batu Paling Populer di daerah rumah kalian bahwa di seluruh Indonesia pastinya akan terkenal. Namun hanya saja tidak ada yang mengetahui jenis burung murai batu
  • 3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan 150x150

    3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan

    Panduan Beternak - 3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan. Hallo semuanya, bagi kalian yang sedang ingin mencoba untuk pelihara hewan unggas. Namun masih bingung dengan jenis hewan apa yang ingin
  • Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah 150x150

    Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah

    Panduan Beternak - Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah. Bagi kalian pecinta burung kicau, apakah kalian tidak berminat untuk mencoba ternak burung perkutut di rumah? Perkutut ini juga memiliki suara
  • Cara Beternak Ayam Ketawa Yang Menguntungkan 150x150

    Cara Beternak Ayam Ketawa Yang Menguntungkan

    Panduan Beternak - Cara Beternak Ayam Ketawa Yang Menguntungkan. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk usaha beternak ayam ketawa ini dengan keuntungan yang besar. Nah kalian bisa membaca artikel yang