Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula

Panduan Beternak – Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula. Kami hari ini memberikan cara budidaya ikan berok kapada kalian yang baru saja ingin mencoba untuk beternak ikan betok. Jika kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan ini, kalian bisa membaca cara budidaya yang telah kami buat di bawah, langsung saja bahas cara di bawah ini. Informasi Game Online

Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula

Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula

Ikan betok merupakan salah satu ikan yang paling banyak di temui di rawa-rawa. Ikan Betok seringnya dijual di pasar tradisional karena ikan ini kebanyakan adalah hasil tangkapan dari alam liar. Saat ini ukuran ikan Betok yang dijual di pasar sudah semakin kecil karena tingginya intensitas penangkapan di alam. Padahal ada yang tidak kita sadari bahwa sebenarnya ikan Bethok ini bisa dibudidayakan layaknya ikan nila.

Maka dari itulah kali ini kami akan mengajarkan pada anda cara budidaya ikan Betok bagi pemula yang benar. Kenapa yang benar? Karena kalau asal-asalan hasilnya tidak optimal. Oleh karena itu kita harus memperhatikan beberapa hal penting yang menjadi kunci utama keberhasilan budidaya ikan Bethok.

Ikan Betok merupakan ikan air tawar yang memiliki daya tahan serta kemampuan adaptasi yang bagus. Ikan ini sangat terkenal akan kemampuannya bertahan hidup pada lokasi yang hanya terdapat sedikit air. Di alam liar, ikan ini bahkan sering naik kedarat dengan bantuan kopengnya.

Nah apakah kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan betok ini? Jika kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan betok ini kalian bisa mencoba untuk menggunakan cara budidaya ikan betok yang kami buat di bawah ini. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja kita bahas di bawah ini :

Persiapan Lokasi Dan Kolam Ikan Betok

Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula

Sebelum masuk pada tahapan yang lain, maka tahap pertama adalah pembuatan kolam, nah sebelum membuat kolam, maka kalian juga harus perhatikan lokasinya terlebih dahulu. Dalam pemilihan lokasi kalian bisa memilih lokai yang dekat dengat ladang milik kalian saja. Karena lokasi yang berdekatan dekat ladang memiliki suhu udara yang bagus untuk di jadikan kolam.

Jika kalian sudah mendapatkan lokasi yang pas, maka selanjutnya kalian bisa membuat kolam, untuk kolam kalian bisa membuat kolam. Untuk jenis kolam semua tergantung dari kalian kembali, kalian lebih suka dengan kolam jenis yang bagaimana. Setiap kolam yang kalian buat memiliki keunggulannya masing-masing, seperti kolam tanahbanyak terdapat planton, ganggang, cacing, dll. Yang akan menjadi pakan alami ikan betok.

Sedangkan untuk ukuran kolam semuanya tergantung dari kalian lagi. Jika kalian ingin budidaya dalam jumlah yang besar, maka kalian bisa membuat kolam yang besar. Namun jika kalian ingin mencoba untuk beternak dengan jumlah kecil, maka kolam bisa kalian buat dengan kecil saja.

Baca Juga : Panduan Beternak Kuda Dengan Benar

Memilih Bibit Ikan Betok

Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula

Setelah pembuatan kolam sudah di lakukan maka selanjutnya adalah pemilihan bibit. Untuk bibit betok bisa kalian tangkap di alam liar, karena betok juga merupakan ikan biasa terdapatkan di perairan seperti rawa-rawa. Namun jika kalian mencari betok di alam liar, maka untuk ukuran tidak akan bisa sama semua.

Atau jika kalian ingin mendapatkan bibit betok, kalian bisa membeli betok di toko ikan. Sedangkan jika kalian memiliki kenalan yang beternak ikan betok, maka kalian bisa membeli bibit betok dari teman kalian tersebut. Atau jika kalian ingin memperoleh bibit betok dengan tersendiri, maka kalian bisa membeli induk betok yang berkualitas dan bisa mendapatkan bibit yang berkualitas.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar

Penebaran Bibit Ikan Betok

Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula

Jika kalian sudah mendapakan bibit ikan betok maka selanjutnya adalah penebaran ikan betok. Jika kalian ingin bibit ikan yang kalian beli hidup semua. Maka kalian harus berhati-hati dalam penebaran bibit ikan di dalam kolam yang sudah kalian siapkan.

Untuk menebar benih ikan, kalian harus melakukan dengan pelan-pelan, kalian bisa masukan bungkusan ke dalam kolam dan setelah itu di bukan dan di tuang dengan pelan-pelan. Karena jika kalian tuangnya dengan sembarangan maka akan membuat ikan menjadi stres dan akan mengakibatkan kematian pada ikan betok.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Kate Di rumah

Pemberian Pakan Ikan Betok

Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula

Pakan merupakan proses pembesaran ikan betok. Jadi aturan pemberian pakan pada ikan betok hampir sama dengan ikan lainnya yakni bisa 2-3 kali dalam sehari. Dalam pemberian pakan kalian bis amemberikan dalam sehari 4-6% dari berat rubuhnya. Jika lokasi jauh dari rumah maka kallian bisa memberikan 2 kali dalam sehari pada jam 9 pagi dan 2 siang. Sedangkan jika rumah kalian dekat dengan kolam, maka kalian bisa memberikan ikan maka sehari 3 kali, pada jam 9 pagi, 2 siang, dan 8 malam.

Untuk memberikan pakan kalian bisa melakukan dengan cara memberikannya dikit demi sekit agar ketika ikan kenyana kalian dapat mengetahuinya. Karena jika kalian memberikan pakan ikan dengan jumlah banyak, dan ikan sudah kenyang maka makanan tersebut akan terbuang dengan begitu saja.

Baca Juga : Ternak Sapi Tanpa Ngarit Rumput

Perawatan Ikan Betok

Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula

Dalam budidaya ikan betok ini, pemeliharaan juga harus kalian lakukan. Agar ikan betok selalu dalam keadaan sehat, jadi tidak ada salahnya kalian melakukan perawatan pada ikan betok ini. Jika kalian sedang mendapatkan ikan yang sakit yang ngambang di permukaan air, maka kalian bisa menangkap ikan tersebut dan di pindahkan. Hal ini di lakukan agar ikan lainnya tidak mudah terserna penyakit juga.

Selain itu, kalian juga bisa membersihkan seitar kolam. Agar kolam selalu bersih dan tidak kotor karena akan mentebabkan sakit pada ikan, maka tidak ada salahnya kalian membersihkan kolam kalian. Jika terdapat sampah di dalam kolam, maka kalian bisa mengutip sampah tersebut.

Baca Juga : Cara Pelihara Kelinci Anggora Di Rumah

Panen Ikan Betok

Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula

Nah jika sudah melewati masa perawatan maka selanjutnya adalah masa pemanenan. Biasanya ikan betok ini akan di panen jka sudah berumur 4 bulan. Namun jika kalian panen pada saat umur 3 bulan pun sudah bisa juda, karena tidak setiap permintaan konsumen itu sama semua.

Baca Juga : Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Untuk cara pemanennya kalian bisa memanen dengan cara menanen semuanya, agar selanjutnya kalian bisa memasukan bibit yang baru lagi. Karena jika kalian panen dengan setengah-setengah ukuran tidak akan sama semua. Sedangkan ikan yang sudah di panen maka bisa langsung kalian panen langsung antar kepara konsumen dan pemesan ikan betok ini.

Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan cara budidaaya ikan betok yang kami berikan di atas? Apakah kalian sudah ingin mencoba budidaya ikan betok ini? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi, langsung saja mencoba untuk beternak menggunakan cara budidaya ikan betok yang kami berikan di atas.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Free Chips Setiap Hari

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kai ini di artikel Panduan Beternak  kami yang berjudul Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula. Sampai jumpa kembali di artikel judi kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kamiucapkan Terima Kasih.

Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar 150x150

    Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar. Bagi kalian yang sedang ingin budidaya ikan sidat, kalian bisa membaca carnya budidaya di bawah ini. Karena kami akan memberikan
  • Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium 150x150

    Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium

    Panduan Beternak - Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium. Bagi kalian yang ada pelihara ikan arwana di akuarium, namun masih belum mengerti dengan cara merawat ikan arwana ini. Nah kalian tidak perlu
  • Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen 150x150

    Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen. Bagi kalian yang ingin mencoba berbudidaya ikan gabus. Kalian bisa mencoba untuk membaca artikel yang telah kami buat di bawah ini,
  • Cara Budidaya Udang Vaname Di kolam Terpal 150x150

    Cara Budidaya Udang Vaname Di kolam Terpal

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Udang Vaname Di kolam Terpal. Apakah kalian ingin mencoba untuk budidaya udang vanem di kolam terpal? Jika iya, maka kalian bisa mencoba untuk mencari cara budidaya
  • Jenis-Jenis Ikan Cupang Dan Harganya 150x150

    Jenis-Jenis Ikan Cupang Dan Harganya

    Panduan Beternak - Jenis-Jenis Ikan Cupang Dan Harganya. Ikan cupang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian para penghobby dengan ikan cupang ini. Nah jika kalian ingin pelihara atau