Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Panduan Beternak – Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen. Bagi kalian yang ingin mencoba berbudidaya ikan gabus. Kalian bisa mencoba untuk membaca artikel yang telah kami buat di bawah ini, karena kami akan memberikan cara budidaya ikan gabus agar kalian bisa cepat panen ikan gabus ini. Kalian sudah penasaran, langsung saja yuk kita bahas artikel yang telah kami buat di bawah ini.

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Membahas mengenai budidaya ikan gabus, pastinya kalian sudah mengetahui mengenai jenis ikan satu ini yang bisanya hidup di perairan sungai, rawa, parit. Bahkan ikan gabus ini juga bisa hidup di perairan yang tenang atau air yang tidak mengalir. Namun saat ini untuk di temukan di rawa-rawa sudahlah sangat sulit, karena di mana ikan ini banyak di tangkapi di jadikan sebagai sumber pakan manusia.

Jika membahas daging ikan gabus ini enak atau tidak, pastinya kami akan menjawab enak. Memang dengan kenyataannya ikan gabus ini memang enak di konsumsi. Dalam daging gabus ini sangat banyak mengandung banyak protein dan gizi yang sangat tinggi sehingga banyak yang ingin mengonsumsi ikan ini. Selain itu ikan itu juga di jadikan sebagai obat di mana ketika sedang operasi bisa memakan daging ikan agar cepat kering.

Biasanya ikan gabus ini akan menimbulkan dirinya di permukaan air, walaupun begitu kalian harus mengetahui bahwa ikan ini memiliki gerakan yang sangat cepat dan lincah. Sehingga untuk menangkap ikan ini sangatlah sulit, pada saat ini masih kecil di sebut sebagai ikan bayongan yang memiliki warna kemerahan.

Ikan ini sangatlah di banyak di minati banyak orang, sehingga jika kalian mencoba untuk budidaya ikan ini, kalian bisa menjualnya ke pasar atau ke restoran makanan. Nah apakah kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan gabus ini? Jika kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan gabus ini, berikut ini ada beberapa cara budidaya ikan gabus yang bisa kalian coba. Langsung saja yuk kita bahas sebagai berikut :

Pemilihan Lokasi Sesuai Jenis Kolam

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Baca Juga : Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

Dalam pembuatan kolam, maka kalian harus memiliki lokasi terlebih dahulu agar kalian bisa lebih mudah dalam pembuatan kolam ini. Lokasi yang baik kami sarankan lokasi yang berdekatan dengan sungai, hal ini akan membantu kalian lebih mudah dalam pembuatan kolam dan lebih menghemat biasaya.

Di dekat sungai, kalian akan mendapatkan air lebih mudah, sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli air. Sementara dari sungai juga sangat menguntungkan, karena di mana akan ada ikan kecil dan udang kecil yang akan masuk ke dalam kolam milik kalian sehingga di jadikan sebagai makana ikan gabus.

Untuk ukuran kolam semua sesuai dengan keinginan kalian. Jika kalian ingin beternak dengan jumlah yang besar, maka kalian bisa membuat kolam yang besar. Namun jika kalian tidak memiliki lokasi yang besar, maka buatlah ukuran sebisa mungkin dan mencoba untuk mencari modal untuk mendapatkan lokasi yang lebih besar lagi.

Pembuatan Kolam Ikan

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Baca Juga : Cara Merawat Anjing Mini Pom Yang Benar

Jika sudah mendapatkan lokasi, maka selanjutnya adalah pembuatan kolam. Ikan gabus lebih senang berada di kolam tanah, karena di mana kolam datang seperti habitat aslinya. Sementara dalam pembuatan kolam tanah ini juga lumayan cukup sederhana, kalian hanya perlu menggali tanah yang permukaannya datang hingga mencapai kedalaman sesuai kalian inginkan. Sementara untuk bagian sisi kolam bisa kalian timbun agar ketinggian dari kolam tersebut bisa bertambah.

Sementara kolam dari tanah ini bisa menghasilkan sumber mata air dan air sungai yang bisa kalian gunakan sebagai air kolammnya. Sehingga hal ini juga sangat lebih mudah, dan sangatlah menghemat biasaya pengeluaran. Jika kalian ingin tau keuntungan apa saja yang bisa kalian dapatkan dari kolam tanah ini langsung saja sebagai berikut :

  • Menggunakan kolam tanah kemungkinan ikan bisa mendapatkan pakan alami akan lebih tinggi, hingga akan membantu dalam budidaya ikan gabus dan menjga agar para ikan tumbuh dengan sehat.
  • Akan selalau ada beberapa paka alami yang hidup dan berkembang biak secara langsung di dalam kolam ikan berjenis ini seperti beberapa jenis ikan-ikan kecil, udang-udang dan beberapa zat renik.
  • Perairan yang di hasilkan di dalam kolam ini akan lebih subur jika di lakukan proses pemupukan terlebih dahulu sebelum mengilah kolam.
  • Proses pergantian air yang biasanya bersumber dari aliran sungai tertentunya memberikan tingkat tinggi dari masuknya pakan alami seperti ikan-ikan kecil dan anak udang.

Proses Pembibitan Ikan Gabus

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Dalam proses pembibitan ikan gabus ini, kalian harus persiapakan beberapa ekot induk ikan gabus yang memiliki bentuk tubuh besar dan panjang. Untuk bibit ikan gabus, kalian bisa membelinya di pasar atau langsung ke peternak lainnya. Nah jika kalian masih belum mengerti dengan membedakan ikan jantan dengan betina berikut ini berbedannya :

  • Ikan gabus jantang biasanya mempunyai bentuk kepala yang oval dan betina yang berbentuk bulat.
  • Warna tubuh ikan gabus jantan sedikit gelap dan gabus betina terdapat warna kontras yang cukup terang.
  • Lubang genital pada ikan gabus jantan biasanya berwarna merah dan jika di tekan akan keluar cairan

Jika kalian sudah mendapatkan indukan ikan gabus, maka kalian bisa mencampurkan indukan jantan dan betina di dalam satu kolam. Untuk perbandingan kalian bisa mengisi 10 ekor indukan betina dan 3 indukan jantan. Namun kalian harus menaruh indukan sesuai dengan kolam pemijahan.

Setelah kalian masukan induk ikan ke dalam kolam, maka kalian bisa membiarkan selama 3-4 hari di dalam kolam. Selama ikan sedang pemijahan, maka kalian harus pastikan bahwa air terus mengalir ke dalam kolam. Sementar aitu kalian bisa memberikan sedikit tanaman air. Air kolam bisa kalian isi dengan batas 50 cm. Biasanya ikan gabus betina mampu menghasilkan hingga 11.00 butir telur.

Jika sudah selesai bertelur, maka telur-telur tersebut akan menetas dalam waktu sehari. Sementara itu kalian bisa mengatur suhu kolam hingga 28 derajat C. Jika sudah saatnya maka kalian bisa menebarkan benih-benih gabus tersebut ke dalam kolam yang sudah kalian siapkan.

Pemberikan Pakan Ikan Gabus

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Pakan merupakan hal utama dalam beternak atau budidaya hewan apapun. Jadi kami sarankan agar kalian selalu perhatikan pakan ikan ini. Jika kalian ingin cepat panen, maka kalian harus rutin dalam pemberian pakan ikan ini. Dalam pemberian pakan, kalian bisa memberikan pakan pelet, namun jika kalian ingin mencoba untuk memberikan pakan campuran, berikut ini akan kami berikan cara dan bahan yang di perlukan sebagai berikut :

  1. Ampas tahu
  2. Bekatul
  3. Ikan Teri
  4. Jagung

Bahan yang ada di atas biasa kalian rebus semua. Setelah itu seluruh bahan tadinya bisa kalian giling menjadi satu, setelah itu pakan yang sudah kalian buat tadi bisa kalian jemur hingga kering. Ikan gabus ini adalah hewan kanibal jadi kalian harus selalu perhatikan, waktu makannya. Jangan sampai kalian tidak memberikan makan, karena nantinya dia akan memangsa sesama jenis.

Perawatan Ikan Gabus

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Selanjutnya adalah perawatan pada ikan gabus, ikan kabur merupakan ikan yang paling senang ngempet di semak-semak. Jadi harus menyediakan hal tersebut, agar kelihatan bagus, maka kalian bisa menaruk tanaman air saja seperti eceng gondok di dalam kolam agar ikan bisa ngumpet dan berteduh di bawahnya.

Sementara apabila kalian menemukan ikan yang sedang sakit, maka jangan pernah kalian membiarkan ikan tersebut di kolam itu juga. Jika kalian membeiarkan hal tersebut, maka yang ada ikan yang lain juga akan tertular sakit, jadi kalian bisa memisahkan ikan tersebut dan taruk di wadah lain dan beri obat serta perawatan yang rutin.

Agar kalian bias cepat panen, maka kolam juga harus kalian perhatikan, jangan sampai kolamt tersebut menjadi kotor. Kalian bisa membersihkan kolam jika sudah kotor seperti setiap sampah yang ada di dalam kolam ikan bisa kalian kutip menggunakan tanggok ikan yang panjang.

Proses Panen Ikan Gabus

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Keuntungan dalam budidaya gabus ini adalah saat panen, karena di mana harga gabus ini sangatlah mahal. Dan untuk menjualnya kalian bisa langsung ke pasarm atau kepada restoran yang menjual makanan. Dan ikan gabus ini selalu meningkat dari permintaan pasar dan para konsumen.

Dalam memanen ikan ini sangatlah mudah, karena ikan ini sangat kuat untuk bertahan hidup walaupun hanya dengan air yang sedikit. Jadi jika pada saat kalian panen, maka kalian tidak perlu terburu-buru demi keselamatan ikan gabus ini.

Sementara dalam panen kalian harus melakukan pensortiran lagi, kalian harus mengikuti setiap para permintaan konsumen dan pasar. Kalian bisa memsihkan ikan yang sama ukurannya, agar kalian tidak repot lagi mencarinya ketika sudah ingin di antar ke pemesan.

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan cara budidaya ikan gabus ini? Jika sudah maka kalian sudah bisa mencoba untuk budidaya ikan gabus ini, menggunakan cara budisaya ikan gabus yang kami berikan di atas. Jika kalian ingin mnecari informasinya lagi, kalian bisa membaca Panduan Belajar Beternak yang memberikan informasi beternak lainnya kepada kalian.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan Informasi Panduan Beternak kami yang selanjutnya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar 150x150

    Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar. Bagi kalian yang sedang ingin budidaya ikan sidat, kalian bisa membaca carnya budidaya di bawah ini. Karena kami akan memberikan
  • Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium 150x150

    Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium

    Panduan Beternak - Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium. Bagi kalian yang ada pelihara ikan arwana di akuarium, namun masih belum mengerti dengan cara merawat ikan arwana ini. Nah kalian tidak perlu
  • Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen 150x150

    Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen. Bagi kalian yang ingin mencoba berbudidaya ikan gabus. Kalian bisa mencoba untuk membaca artikel yang telah kami buat di bawah ini,
  • Cara Budidaya Udang Vaname Di kolam Terpal 150x150

    Cara Budidaya Udang Vaname Di kolam Terpal

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Udang Vaname Di kolam Terpal. Apakah kalian ingin mencoba untuk budidaya udang vanem di kolam terpal? Jika iya, maka kalian bisa mencoba untuk mencari cara budidaya
  • Jenis-Jenis Ikan Cupang Dan Harganya 150x150

    Jenis-Jenis Ikan Cupang Dan Harganya

    Panduan Beternak - Jenis-Jenis Ikan Cupang Dan Harganya. Ikan cupang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian para penghobby dengan ikan cupang ini. Nah jika kalian ingin pelihara atau