Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar

Panduan Beternak – Budidaya ikan koi pastinya sangat seru apabila kalian sudah paham dengan Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar. Banyak orang Indonesia yang pelihara ikan ini, karena bentuk dan warna ikannya yang menarik, sebelum kalian pelihara ikan koi ini, kalian bisa membaca-baca artikel yang telah kami buat di bawah ini. Informasi Game Online

Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar

Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar

Ikan Koi merupakan ikan yang termasuk dalam jenis ikan mas yang mempunyai ornamen yang sangat indah dan jinak. Ikan Koi ini berasal dari negara Jepang yang di mana di jadikan sebagai simbol cinta dan persahatan. Bentuk dan watna ikan koi juga sangatlah bagus sehingga banyak membudiaya ikan koi ini. Free Chips Situs QDewi

Ikan koi ini di biasanya di budiayakan sebagai ikan hias dengan bertujuan keindahan di luar rumah maupun di dalam rumah. Ikan koi ini di percaya membawa keberuntungan sehingga banyak yang budidaya dan pelihara ikan koi ini. Sementara ikan koi ini hampir mirip dengan ikan mas sehingga orang Indonesia meyebutnya sebagai Ikan Mas Koi.

Baca juga : Panduan Beternak Ikan Lele

Untuk harga ikan koi ini luamayan mahal, sehingga banyak yang mencoba untuk membudidaya ikan koi ini. Apakah kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan koi ini? Jika kalian ingin mencobanya berikut ini kami ada cara budidaya ikan mas koi yang bisa kalian coba. Langsung saja kita bahas artikel di bawah ini :

Lokasi Kolam Ikan Koi

Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar

Seperti yang kita ketahui dalam budidaya ikan koi, maka harus memiliki kolam, begitu juga jika ingin membuat kolam maka kalian harus persiapkan lokasinya terlebih dahulu. Untuk lokasi kalian tidak perlu risaum, karena kalian bisa membuat kolam ikan berdekatan dengan rumah dan sekitar di rumah kalian seperti di belakang, depan, dan di samping rumah.

Namun kalian jangan pernah memilih lokasi yang mudah tergenang dengan air. Karena jika musin hujan maka kolam tersebut akan banjir dan akan menyebabkan ikan keluar dari kolam. Jadi pilihlah lokasi yang memiliki dataran tinggi yang pas untuk di jadikan lokasi kolam ikan koi.

Baca juga : Cara Budidaya Ikan Bawal

Pembuatan Kolam Ikan Koi

Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar

Dalam budidaya ikan koi, kolam merupakan faktor yang utama kesuksesan dalam usaha ikan koi ini. Dalam pembuatan kolan ikan koi ini, biasanya pembudidaya menggunakan kolam tanah, kolam terpal, dan kolam beton. Bahkan ada juga yang membudidaya ikan koi ini di dalam Aquarium karena ikan koi cukup mudah untuk di rawat.

Namun dalam pembudidaya ikan koi ini, kami sangat menyarankan kalian budidaya di dalam kolam plesteran. Kolam harus mendapatkan sinar matahari yang cukup dan memiliki saluran air yang keluar masuk sehingg sirkulasi air selalu terjaga. Sedangkan untuk saluran ada baiknya kalian memasang saringan, agar selalu menjaga kebersihan pada air kolam.

Nah jika kalian ingin membudidaya ikan koi, kalian harus membuat kakaban terlebih dahulu. Jika kalian ingin tau bagaimana cara membuat kakaban, berikut ini akan kami berikan cara membuatnya sebagai berikut :

  1. Untuk awal bahan yang harus kalian siapkan seperti ijuk, bambu, dan pake dengan panjang kakaban 120 cm dan 40cm.
  2. Tata ijuk serapi mungkin lalu jepit dengan babu dan pake. Jumlah ijuk bisa di sesuaikan dengan besarnya induk betina.
  3. Untuk betina yang berat badannya 1 kg, maka kalian bisa memberikan ijuk 4-6 buah. Untuk ijuk bisa di pasang ketika kolam sudah di isi air.
  4. Selain ijuk, untuk tempat meletakkan tekur bisa dengan hydrilla.
  5. Untuk membuat kolam pemeliharaan bisa di sesuaikan dengan kondisi lokasi.

Apabila kalian sudah membuat kolam selesai, maka jangan langsung di gunakan, kalian bisa mencuci koam terlebih dahulu. Agar racun yang ada pada semen tadinya hilang, dan setelah itu kalian bisa endapakan air di dalam kolam selama 1 hari, setelah itu kolam bisa kalian gunakan.

Baca juga : Jenis-Jenis Ikan Arwana Yang Terkenal

Pemilihan Induk Berkualitas

Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar

Dalam budidaya ikan koi ini, indukan merupakan peran yang paling penting dalam budidaya ikan koi ini. Indukan yang bagus akan menghasilkan anak yang bagus. Biasanya pecinta ikan koi akan memerlukan ikan koi yang berkualitas, yang akan di jadikan sebagai hewan pelihara maupun hewan kontes.

Jika kalian ingin membeli ikan indukan koi, berikut ini ada beberapa ciri-ciri indukan koi yang bisa kalian pilih, langsung saja sebagai berikut :

  1. Umur koi harus lebih dari 2 tahun
  2. jenis koi yang di pelihara jenisnya harus sama, atau mendekati
  3. Bentuk tubuh ideal dan memiliki lekukan dari atas tempak seperti torpedo
  4. Gaya berenang ikan cukup tenang dan seimbang
  5. Ikan berwarna cemerlang dan kontras.
  6. Ikan wajib sehar dan gerakannya gesit atau atau tidak banyak diam di dasar kolam
  7. Indukan jantan dan betina harus sudah matang untuk di kawinkan.

Untuk pembelian indukan ikan koi ini, kalian bisa membelinya di toko ikan atau bisa langsung membelinya kepada orang yang membudidaya ikan koi ini. Jika kalian membelinya di tempat budidaya langsung, kalian bisa langsung memilih sesuai dengan yang kalian selera dan di pembudidaya memiliki banyak jenis yang bisa kalian pilih.

Baca juga : Budidaya Ikan Cupang Yang Menguntungkan

Tahap Pemijahan Ikan Koi

Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar

Dalam tahap pemijahan maka kalian bisa memasukan indukan betina ke kolam pemijahan terlebih dahulu sekitar jam 4 sore, dan kalian bisa membiarkan ikan tersebut beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan barunya. Setelah 3-5 jam maka kalian bisa memasukan induk janyannya ke dalam kolam tersebut, biasanya pemijahan akan berlangsung pada tengah malam. Dalam pemijahan berlangsung maka indukan betina akan berenang mengelilingi kolam, sedangkan untuk induk jatan akan mengikuti di belakang dan sesekali menempelkan badannya pada betina.

Baca Juga :Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Nah pada saat ikan sedang dalam pemijahan ada beberapa cara yang harus kalian perhatikan di bawah ini :

  1. Pada proses utama, betina akan mengeluarkan telur diikuti dengan pejantan mengeluarkan sperma. Biasanya telur yang telah dibuahi menempel pada kakaban atau tanaman air dan perkawinan selesai pada pagi hari.
  2. Secepat mungkin pisahkan induk dari kolam pemijahan agar telur-telur selamat dari kemungkinan dimangsa oleh induknya sendiri.
  3. Untuk proses penetasan larva dibutuhkan ketelitian yang akurat terhadap suhu air, jika suhu air terlalu dingin, larva akan lama untuk menetas dan telur akan membusuk jika suhu air terlalu panas.
  4. Untuk menetaskan telur-telur yang telah terbuahi, suhu air sekitar 27-30 derajat celcius. Kakaban harus terendam air agar telur dapat menetas dengan baik.
  5. Telur akan menetas kurang lebih selama 48 jam dan jangan langsung memberi makanan pada tahap ini karena larva yang baru menetas masih memiliki cadangan makanan untuk bertahan 3-5 hari.
  6. Setelah 5 hari persediaan makanan habis, berikan pakan hidup seperti kutu air yang telah disaring. Pakan hidup ini lebih baik ketimbang pakan kuning telur yang direbus karena air akan lebih terjaga kebersihannya sedangkan jika kuning telur maka air kolam akan berbau amis dan kotor.
  7. Selain itu, pakan hidup lebih dibutuhkan oleh ikan koi. Pemberian kutu air ini bisa diganti dengan cacing sutera ketika ikan koi panjangnya sudah 1,5 cm. Pada saat ikan sudah 3 bulan maka kalian tidak perlu memberikan caci sutra lagi.

Baca juga :Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Perawatan Ikan Koi

Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar

Dalam budidaya ikan koi ada beberapa perawatan yang harus kalian perhatikan. Nah jika kalian ingin tau perawatan apa saja yang harus kalian lakukan setiap harinya, langsung saja bahas di bawah ini :

  1. Jaga Kualitas, harus kalian lakukan agar ikan koi selalu sehat.
  2. Mengganti Air, untuk mengnati air ini bisa kalian lakukan seminggu sekali. Namun dalam pergantian air, jangan pernah mengganti dengan seluruh air, kalian bisa meganti 10% saja, karena jika air baru maka akan cukup waktu yang lama untuk ikan beradaptasi.
  3. Kebersihan Kolam, nah selain itu kebersihan pada kolam juga harus selalu di perhatikan. Agar ikan tidak mudah sakit maka kolam bisa kalian bersihkan apabila sudah kelihatan kotor.

Baca juga : Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar

Nah bagaimana apakah kalian sudah paham dengan cara budidaya ikan koi yang kami berikan di atas? Jika kalian sudah paham maka klaian mencoba budidaya ikan koi menggunakan cara budidaya ikan koi yang kami berikan di atas.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Free Chips Setiap Hari

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar 150x150

    Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar. Bagi kalian yang sedang ingin budidaya ikan sidat, kalian bisa membaca carnya budidaya di bawah ini. Karena kami akan memberikan
  • Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium 150x150

    Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium

    Panduan Beternak - Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium. Bagi kalian yang ada pelihara ikan arwana di akuarium, namun masih belum mengerti dengan cara merawat ikan arwana ini. Nah kalian tidak perlu
  • Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen 150x150

    Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen. Bagi kalian yang ingin mencoba berbudidaya ikan gabus. Kalian bisa mencoba untuk membaca artikel yang telah kami buat di bawah ini,
  • Cara Budidaya Udang Vaname Di kolam Terpal 150x150

    Cara Budidaya Udang Vaname Di kolam Terpal

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Udang Vaname Di kolam Terpal. Apakah kalian ingin mencoba untuk budidaya udang vanem di kolam terpal? Jika iya, maka kalian bisa mencoba untuk mencari cara budidaya
  • Jenis-Jenis Ikan Cupang Dan Harganya 150x150

    Jenis-Jenis Ikan Cupang Dan Harganya

    Panduan Beternak - Jenis-Jenis Ikan Cupang Dan Harganya. Ikan cupang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian para penghobby dengan ikan cupang ini. Nah jika kalian ingin pelihara atau