Cara Budidaya Ikan Komet Kolam Semen

Panduan Beternak – Hallo guysm, berjumpa lagi bersama kami yang akan membahas mengenai Cara Budidaya Ikan Komet Kolam Semen. Nah bagi kalian yang senang budidaya ikan komet, maka kalian bisa simak artikel kami ini ya guys. Kami akan memberikan informasinya kepada kalian, kalian sudah penasara..? Jika kalian sudah penasara, maka langsung saja simak artikel Panduan Beternak kami yang telah kami buat di bawah ini ya guys.

Cara Budidaya Ikan Komet Kolam Semen

Panduan Beternak

Ikan komet merupakan salah satu ikan hias yang saat ini sedang hits ya guys. Ikan komet ini masih family dengan jenis ikan hias Koki ya guys, dan keunikan dari ikan ini adalah ikan komet ini memiliki ekor yang sangat besar dan lebar ya guys. Sehingga ikan ini sangat indah ketika kalian melihatnya dari bagian ekor ya guys. Bahkan sekarang ini banyak yang mencoba untuk budidaya ikan komet ini ya guys. Karena di mana jika di jual juga mendapatkan keuntungan yang besar ya guys. Jadi jika aklian ingin mencoba maka kalian bisa coba ya guys.

Ikan komet ini juga memiliki pola warna yang unik dan jarang sekali di dapatkan pada ikan yang lainnya ya guys. Nah jika kalian ingin mencoba untuk ternak ikan komet ini, maka kalian bisa mencoba menggunakan cara budidaya yang kami berikan di bawah ini ya guys. Sama seperti Perawatan Anjing Husky Yang Paling Penting ya guys bahwa kalian harus selalu perhatikan perawatannya. Kalian sudah penasaran langsung saja kalian simak cara yang telah kami berikan di bawah ini ya guys :

Pemilihan Indukan Ikan

Jika sudah kalian siapkan kolam ikan, maka kalian bisa mempersiapkan induk ikan komet ya guys. Seperti biasa jika kalian ingin mendapatkan keutrunan yang bagus, maka kalian harus mencari induk ikan yang berkualitas ya guys. Dalam pemilihan induk maka kalian harus memiliki yang di mana gonadnya sudah matang ya guys. Itu untuk ikan betina maupun ikan jantan ya guys. Nah jika kalian bingung untuk mencari tahu gimana cara melihat gonad si ikan langsung saja sebagai berikut :

  • Indukan jantan akan memiliki bintik bintik yang menonjol di bagian sirip, apabila di raba teksturnya kasar, dan apabila bagian perut di urut pada bagian genital maka akan keluar cairan putih.
  • Indukan Jantan memiliki bintik – bintik pada bagian sirip, apabila di rab terasa halus. perutnya terasa lembek, lubang genital berwarna kemerah merahan, dan apabila perut di urut akan keluar cairan kuning bening.
  • Kedua indukan harus berusia minimal 8 bulan
  • Kedua induk harus sehat tidak dan tidak mengalami cacat dan penyakit dari luar maupun dalam tubuh.
  • Memiliki gerakan agresif ketika ingin di tangkap.

Persiapan Tempat Pemijahan

Setelah kalian membeli beberapa indukan, maka kami sarankan kepada kalian untuk mempersiapakan kolam untuk pemijahan ya guys. Nah untuk persiapannya kolam pemijahan sebagai berikut :

  • Gunakan kolam dengan ukuran PxLxT nya masing – masing 60x40x40.
  • Sebelum kolam di gunakan maka kalian bisa bersihkan kolam tersebut ya guys.
  • Untuk kolam kalian bisa isi dengan air dengan ketinggian 30 cm ya guys.
  • Setelah itu isi maka kalian bisa biarkan air kolam mengndap selama 1-24 jam ya guys.
  • Jangan lupa juga kolam kalian berikan tumbuhan air seperti eceng gondok pada bagian permukaan air di kolam ikan.
  • Setelah kalian siapkan semua maka pemijahan sudah bisa kalian lakukan ya guys.

Proses Pemijahan atau Perkawinan Ikan Komet

Setelah kolam sudah di siapkan maka selanjutnya adalah proses pemijahan ya guys, untuk cara pemijahannya langsung saja sebagai berikut ya guys :

  • Dalam melakukan pemijahan maka kalian harus masukan induk ke dalam kolam dengan perlahan ya guys.
  • Kalian bisa masukan induk betina 2 ekor dan induk jantan 1 ekor saja ya guys. Agar kalian menadapatkan hasil anak ikan yang banyak ya guys.
  • Pemijahan akan di lakukan dari malam hingga dini hari ya guys.
  • Jadi sebeperti yang kita bahas di atas, maka kalian harus pastikan kembali bahwa gonad ikan sudah bener- bener matang ya guys.
  • Jika kedua ikan gonad sudah matang, maka induk kan saling mengejar ya guys.
  • Setalah pemijahan selesai, maka kalian bisa di lihat di tumbuhan yang kalian masukan tadinya akan ada telur ikan yang menempel pada daun ya guys.
  • Jika ada seperti itu, maka pemijahan di katakan sudah selesai ya guys.

Setelah semua telur telah menetas maka akan masuk pada tahap pemeliharaan larva atau anaka ikan komer ya guys. Dalam perawatan tidak begitu sulit jika ikan masih kecil maka kalian bisa memberikan ikan makan kutu air. Dan jika sudah lumayan besar berukuran 2 jari maka kalian bisa memberikan cacing sutra ya guys.

Budidaya Ikan komet Dengan Benar

Gimana apakah kalian sudah paham dengan cara budidaya ikan komet yang kami berikan di atas? Jika sudah maka jangan menunggu terlalu lama lagi langsung saja mencoba untuk budidaya ikan komet yang menguntungkan ini ya guys. Nah jika kalian ingin mencari informasi mengenai Panduan beternak lainnya, maka kalian bisa simak artikel kami di Panduan Belajar Beternak ya guys.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak yang lainnya. Sampai jumpa kembali di artikel kami selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya ya guys. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih ya guys.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Perawatan Ikan Gurame Agar Terhindar Dari Penyakit 150x150

    Perawatan Ikan Gurame Agar Terhindar Dari Penyakit

    Panduan Beternak - Hallo guys, senang budidaya ikan gurame? Apakah sudah tau mengenai  Perawatan Ikan Gurame Agar Terhindar Dari Penyakit guys? Nah jika kalian belum tau, maka kalian bisa simak
  • Cara Pemijahan Ikan Lele Secara Instan Viral 150x150

    Cara Pemijahan Ikan Lele Secara Instan Viral

    Panduan Beternak - Pertemuan kita hari ini kami ingin memberikan kalian informasi mengenai cara pemijahan ikan lele secara in vitro. Sebelumnya apakah kalian sudah pernah mencoba cara ini guys? Jika
  • Jenis Ikan Beracun Dan Mematikan Di Laut 150x150

    Jenis Ikan Beracun Dan Mematikan Di Laut

    Panduan Beternak - Hii guys, kali ini kami akan membahas mengenai Jenis Ikan Beracun Dan Mematikan Di Laut. Bagi kalian yang senang mencari ikan atau sering pergi ke perairan. Kalian harus paham ya
  • Ikan Cupang Paling Langka Kalian Harus Paham 150x150

    Ikan Cupang Paling Langka Kalian Harus Paham

    Panduan Beternak - Mengenal ikan cupang paling langka yang belum kalian paham ya guys. Bagi kalian yang selama ini masih belum paham dengan ikan cupang yang paling langka maka kalian harus pahami ya
  • Jenis Ikan Hias Termahal Di Indonesia 150x150

    Jenis Ikan Hias Termahal Di Dunia

    Panduan Beternak - Bagi para pecinta ikan hias hari ini kami ingin jelaskan kepada kalian mengenai Jenis Ikan Hias Termahal Di Dunia. Kami membahas mengenai ini ingin memberikan kalian sedikit