Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Panduan Beternak – Bagi kalian yang senang berbisnis ikan mujair, apakah kalian sudah mengerti denganc Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah ?? Untuk budidaya ikan mujair sangatlah mudah, asalkan kalian memiliki kemaun dan niat dalam menjalankannya. Jika kalian ingin tau bagaimana cara budidaya ikan mujair langsung saja kita bahas artikel di bawah ini. Informasi Game Online

Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Ikan mejair merupakan salah satu jenis ikan tawan yang biasa di budidaya dan di konsumsi oleh manusia. Habitat ikan mujair ini adalah berapada di muara sungai dangkal ayau juga biasa di budidaya di dalam kolam. Biasanya ikan mujair ini di budidaya dan di konsumsi oleh manusia, karena di mana daging ikan mujair ini memiliki kandungan vitamin, mineral, dan protein yang cukup tinggi sehingga banyak mengonsumsi ikan jenis ini. QDewi Login

Banyak sekarang mencoba untuk membudidayakan ikan mujair ini. Karena di mana hal ini merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Karena ikan mujair ini sangat mudah untuk beradaptasi terhadap lingkungannya.

Baca Juga : Panduan Beternak Ikan Lele Menguntungkan

Dalam pembudidayaan ikan mujair ini, biasanya ada beberapa jenis kolam yang biasa di gunakan. Biasanya di gunakan kolam tanah, kolam terpal, dan kolam beton. Nah apakah kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan mujair? Jika kalian ingin mencobanya kalian bisa mencoba menggunakan cara budidaya ikan mujair yang kami berikan di bawah ini :

Lokasi Kolam Mujair

Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Dalam budidaya ikan mujair kalian harus mempersiapkan lokasi yang tepat untuk di jadikan kolam ikan mujair ini. Jika kalian ingin mencoba budidaya dengan jumlah yang kecil, maka kalian bisa memilih lokasi yang berdekatan dengan rumah, seperti di belakang rumah atau samping rumah. Namun jika kalian ingin budidaya ikan mujai dengan jumlah yang banyak, maka berikut ini ada beberapa syarat lokasi yang harus kalian pilih sebagai berikut :

  1. Jauh dari sungai atau empang.
  2. Jangan pernah memilih lokasi yang mudah tergenang air atau banjir.
  3. Pilihlah lokasi yang mudah di jangkau oleh kendaran, agar memudahkan ketika waktu panen
  4. Pilihlah lokasi yang memiliki jenis tanah liat/lempung, dan tidak berporos.
  5. Pilihlah lokasi yang memiliki sumber mata air, agar kalian tidak habis banyak untuk membeli air.
  6. Jangan memilih lokasi yang berbedakan dengan pabrik karena, limbahnya akan mengancam para ikan.

Nah sekarang kalian sudah bisa memilih lokasinya, untuk ukuran lokasi seperti yang kita bahas di atas. Semua akan tergantung dari jumlah ikan yang akan kalian budidaya.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Bawal Air Tawar

Pembuatan Kolam Ikan Mujair

Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Jika sudah mendapatkan lokasi yang sesuai dengan syarat di atas, maka selanjutnya adalah pembuatan kolam. Dalam pembuatan kolam ada 3 jenis kolam yang kalian buat untuk budidaya ikan mujair ini, apa saja jenisnya langsung saja sebagai berikut :

  • Kolam Pemeliharaan Induk/Kolam Pemijahan

Kolam pemeliharaan induk berfunggsi sebagai kolam pemijahan. Kolam jenis ini sebaiknya berupa kolam tanah yang dengan luasnya 50-100 meter persegi untuk kepadaran kolam hanya 2 ekor/ meter persegi. Untuk syarat air berkisaran 20-22 C dengan ke dalaman 40-60 cm. Dasar kolam harus mengandung pasir, hingga kotoran ikan dapat ternetralisasikan.

  • Kolam Pemeliharaan Benih Ikan Mujair

Untuk luas kolam pemeliharaan benih tidak sampai 50-100 meter persegi untuk nempung benih sebanyak 5-50 ekor. Sedangkan untuk kedalamannya air antara 30-50 cm, biasanya untuk pemeliharaan benih di kolam ini paling lama 3-4 minggu.

  • Kolam Pembesaran Ikan Mujair

Kolam ini biasnya di gunakan untuk pemeliharaan  dan pembesaran benih ikan yang sudah dari kolam peredaran. Kolam ini akan di gunakan sampai waktu panen ikan mujair ini di lakukan.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Semen

Memilih Indukan Mujair Yang Berkualitas

Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Jika sudah membuat kolam, maka selanjutnya kalian bisa memilih indukan ikan mujair. Dalam pemilihin indukan kalian harus memilih dengan teliti, agar mendapatkan benih ikan yang bagus, maka kalian bisa memilih indukan yang berkualitas. Namun bagaimana dengan cara membedakan indukan jantan dengan betina?? Nah kalian tidak perlu risau, karena kami akan memberikan perbedaanya kepada kalian, di bawah ini :

  • Indukan Jantan

  1. Memiliki 2 lubang pada bagian urogenetial.
  2. Bagian Anus dan lubang sperma yang juga merangkap sebagai lubang urine.
  3. Ujung sirip mujair berwarna kemerahan merahan terang dan jelas.
  4. Bagian perut mujair berwarna lebih gelap atau kehitaman hitaman.
  • Indukan Betina

  1. Memiliki 3 lubang pada bagian urogenetial.
  2. Terdiri dari lubang anus, lubang untuk mengeluarkan sel telur yang terpisah dar lubang urine.
  3. Ujung sirip berwarna kemerahan pucat dan tidak jelas.
  4. Bagian perut berwarna putih
  5. Bagu berwarna putih
  6. Jika perut ditriping tidak mengeluarkan cairan

Semakin berkualitas indukan yang kalian dapatkan maka akan semakin bagus benih ikan yang akan di hasilkan nantinya.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Tanah

Pemijahan Benih Ikan Muajir

Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Untuk selanjutnya maka akan ada tahapan pemijahan benih ikan mujair. Untuk pemijahan kalian bisa melakukan di kolam spesial pemijahan ikan yang kita bahas di atas. Pemijahan ini di lakukan agar indukan ikan bisa menghasilajn benih ikan lagi. Untuk cara pemijahan sebagai berikut :

  1. Masukan indukan jantan dan betina ke dalam kolam dengan perbandingan 3:2.
  2. Saat proses pembuahan terjadi, induk akan mengumpulkan dan menjga sel telur di dalam mulutnya sampai telur menetas.
  3. Inkubasi berlangsung selama 3-5 hari dan kemudian setelahnya telur akan menetas dan menjadi larva.
  4. Setelah larva ikan berumur 2 minggu, maka sudah bisa di lepaskan atau di pisahkan dari induknya agar dapat mencari makan sendiri.

Baca Juga : Budidaya Ikan Cupang Yang Menguntungkan

Penebaran Bibit Ikan Mujair Ke Kolam

Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Setelah itu maka akan masuk ke dalam tahap penebaran bibit ikan, untuk penebaran kalian tidak boleh menebar dengan sembarangan. Kalian bisa menebar dengan cara pelan-pelan, agar bibit ikan tidak mudah stres dan yang menyebabkan kematian pada bibit ikan.

Kalian bisa menebar bibit dengan cara menggunakan wadah yang di mana di masukan bibit ikan tersebut ke dalam wadah setelah itu kalian bisa menuangkan wadahnya ke dalam air dengan pelan pelan.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Pemberian Pakan Ikan Mujair

Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Pertumbuhan ikan akan di lihat dari komposisi pemberian pakan kepada ikan. Agar ikan cepat bertumbuh besar, maka kalian harus rutin memberikan pakah yang memiliki kandungan protein yang besar. Dalam pemberikan pakan kalian bisa memberikan pakan pelet dengan kandungan 28% pretein, 30% lemak dan 15% karbonhidrat.

Untuk pemberian pakan kalian bisa memberikan secara rutin dalam 3 kali sehari, seperti kita pagi,siang, sore. Dalam sekali pemberian untuk populasi 400-500 ekor benih berikan 1-2 kg akan pelet. Sementar kolam jangan lupa untuk memberikan eceng gondok akan kolam terasa sejuk dan apabila sedang panas terik maka ikan akan berlindung di bawah ecenggondok.

Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Arwana Yang Terkenal Banyak Di Minati

Pemanenan Ikan Mujair

Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Nah waktu yang di tungg-tunggu adalah pemanenan. Pada saat ikan mujair sudah berumur 4-5 bulan setelah d tebar. Ikan dengan kualitas dan segar akan memiliki harga jual yang tinggi. Nah jika kalian ingin tau cara memanen ikan mujair yang benar sebagai berikut :

  1. Saat akan melakukan panen berikan pakan terlebih dahulu kepada ikan, agar bisa menambah bobot pada ikan.
  2. Setelah itu kalian bisa mengurungi volume air secara perlahan lahan untuk menghidari ikan menjadi stres.
  3. Jika volume sudah berkurang, maka selanjutnya adalah untuk menangkap ikan dengan cara menggunakan jaring ikan.
  4. Ikan yang sudah ketangkap maka bisa kalian letakan di wadah yang bersih.
  5. Agar ikan tetap hidup dan segar kalian bisa memberikan oksigen kepada ikan.
  6. Setelah itu ikan bisa langsung di antar kepada konsumen dan kepada pasara yang sudah mesan kepada kalaian.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Nah itulah cara budidaya ikan mujaih yang mudah yang bisa kalian coba. Apakah kalian sudah paham dengan cara budidaya ikan mujair yang kami berikan di atas? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi, kalian sudah bias mencoba untuk budidaya dengan cara budidaya ikan mujair yang kami berikan di atas.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Free Chips Setiap Hari

Samapai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Budidaya Ikan Baung Yang Sangat Menguntungkan 150x150

    Cara Budidaya Ikan Baung Sangat Menguntungkan

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Baung Yang Sangat Menguntungkan pastinya sangatlah di gemari oleh para pembudidaya ikan baung ini. Nah apakah kalian juga ingin menjadi seorang yang sukses dalam
  • Jenis Ikan Air Tawar Yang Banyak Di Budidayakan 150x150

    Jenis Ikan Air Tawar Yang Banyak Di Budidayakan

    Panduan Beternak - Membahas mengenai Jenis Ikan Air Tawar Yang Banyak Di Budidayakan di Indonesia. Ikan yang akan kami bahas kali ini pastinya ada juga di budidayakan di luar negri di daerah
  • Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal 150x150

    Cara Budidaya Ikan Sepat Siam Kolam Terpal

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk budidaya ikan sepat siam, namun masih bingung dengan cara budidayanya. Nah kalian tidak perlu
  • Jenis Jenis Ikan Hias Paling Banyak Di Minati 150x150

    Jenis Jenis Ikan Hias Paling Banyak Di Minati

    Panduan Beternak - Jenis Jenis Ikan Hias Paling Banyak Di Minati, merupakan judul artikel yang akan kami bahas kali ini. Bagi kalian yang ingin memiliki hiasan di rumah, namun masih bingung dengan
  • Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar 150x150

    Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar. Bagi kalian yang sedang ingin budidaya ikan sidat, kalian bisa membaca carnya budidaya di bawah ini. Karena kami akan memberikan