Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula

Panduan Beternak – Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula adalah pembahas kita kali ini. Jika kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan nilem. Kalian bisa simak artikel kami di bawah ini, karna kami akan memberikan cara budidayanya mulai dari awal sampai ke masa penen. Jika kalian ingin tau lebih lanjut, langsung saja yuk di simak artikel yang telah kami buat di bawah ini guys.

Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula

Panduan Beternak

Ikan nilem merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari anggota suku Cyprinidae. Ikan Nilem merupakan ikan herbivora yang menyebar di asia tenggara seperti di tonkin, siam, semenanjung malaya, kalimantan, sumatra dan jawa. Ikan nilem ini memiliki rasa yang sangat gurih karena di mana dalam tubuh ikan ini mengandung sodium glutamat. Wajar saja karena di mana ikan ini kebiasaan makan pakan yang alami seperti Phito, Zoo Plankton, dan lumut ganggang.

Dengan rasa daging yang begitu lezat sehingga banyak orang yang ingin mencoba untuk budidaya ikan nilem ini. Dalam budidaya ikan nilem ini tidak begitu sulit, sama seperti ternak domba merino hanya memerlukan kemampuan dalam budidaya. Nah apakah kalian juga ingin mencoba untuk budidaya ikan nilem ini? Jika kaian ingin mencobanya maka kami akan memberikan Cara budidaya ikan nilem ini kepada kalian.

Kalian tidak perlu risau, karena cara yang akan kami berikan ini tidaklah begitu sulit. Sesuai dengan cara budidaya memang tidaklah begitu sulit. Nah bagi kalian juga yang baru saja ingin mencoba atau yang sudah mencoba usaha dan ingin menambah ilmu, kalian juga bisa simak artikel ini ya guys. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja yuk untuk caranya sebagai berikut :

Kolam Ikan Nilem

Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula

Ingat ikan merupakan makluk hidup sama seperti kita yang di mana membutuhkan tempat tinggal. Apalagi kita juga merupakan seorang pembudidaya ya guys. Jadi agar kalian bisa melihat hasil usaha kalian selama ini, maka siapkanlah kolam ikan ya guys. Untuk jenis kolam itu semua kembali dengan keinginan kalian kembali. Untuk jenis kolam kalian bisa menggunakan kolam tanah, kolam semen, dan kolam terpal.

Untuk ukuran kolam, semua kembali lagi kepada kalian. Jika kalian ingin budidaya dengan jumlah yang besar, maka silahkan siapkan kolam yang besar. Namun jika kalian ingin budidaya dengan jumlah yang sedikit maka buat kolam sedang saja sudah cukup ya guys. Dalam pembuat kolam, jangan lupa untuk membuat saluran air keluar, agar ketika membesihkan kolam dapat memudahkan kalian ya guys.

Sementara untuk kolam kami sarankan agar kaliam memberikan beberapa tumbuhan air seperti eceng gondok. Karena itu sangat berguna bagi ikan nilem, karena di mana bisa di gunakan sebagai tempat bersembunyi dan mendinginkan mereka ketika musin panas. Dan eceng gondok ini juga bergunakan untuk tempat bertelur bagi si ikan nilem.

Pemilihan Indukan Ikan Nilem

Setelah kolam ikan sudah selesai, maka kalian bisa mempersiapakan indukan ikan nilem ya guys yang akan kalian jadikan sebagai indukan nantinya. Kami akan memberikan penjelasan mengenai cara mendapatkan bibit ikan dari hasil pemijahan kita sendiri, sehingga kalian tidak perlu untuk membeli benih ikan nilem lagi. Jadi untuk induk yang harus kalian pilih, haruslah merupakan indukan yang memiliki kualitas bagus ya guys.

Dalam pemilihan induk, kalian bisa memilih induk yang sehat, aktif, dan tidak memiliki cacar fisik. Kalian harus memilih indukan betina yang sudah matang gonad ya guys, agar bisa di lakukan proses pemijahan. Dalam pembelian Induk ikan, kalian bisa membelinya di toko ikan ya guys.

Proses Pemijahan Ikan Nilem

Jika induk sudah kalian dapatkan, maka selanjutnya kalian bisa melakukan pemijahan. Ketika indukan betina sudah matang gonad maka induk akan bergerak dengan lambat, warna ikan kelabu kekuningan, bentuk perut yang membengkak. Ketika ikan sudah dekat dengan masa pemijahan, induk jantan juga harus mengeluarkan cairan putih jika perutnya di pencet. Indukan ikan  maka bisa kalian masukan ke dallam kolam pemijahan, dalam satu kolam biasa akan terdapat 1 induk jantan dan 2 induk betina.

Sementara untuk indukan ikan nilem akan di puasakan terlebih dahulu selama 2 hari untuk memberihakan kotoran dan lemak yang ada di dalam tumbuh. Setelah itu kalian bisa  melakukan pemijahan tergadap ikan yang sudah kalian rawat ya guys.

Pemeliharaan Bibit Ikan Nilem

Selanjutnya adalah pemeliharaan ikan nilem ya guys. Untuk ikan yang sudah melewati masa pemijahan. Naka akan di mulailah pengeluaran telur ketika 8 jam selepas pemijahan. Setelah 1-2 hari, telur akan meneras dengan sendirian dan kalian tidka usah repot – tepot ya guys. Setelar telur telah menetas larva atau benih ikan nilem akan lnangsung di pindahkan ke dalam kolam pemberasan yang sudah di siapkan. Sementara itu untuk pakan yang bisa di berikan seperti lumut dan plankton yang di peroleh dari kotoran limbah peternakan ayam. Sementara untuj pellet dan dedak bisa kalian berikan juga hingga dewasa ya guys.

Pemberian Pakan Ikan Nilem

Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula

Ketika ikan nilem sudah dewasa, maka selanjutnya  kalian bisa memberikan ikan makan pelet ya guys. Agar cepat besar dan cepat panen, dalam beternak ala saja pastinya untuk maka kan sangatlah di perlukan. Jadi kami sarankan kepada kalian yang ingin buddiaya gewan apapun maka kalian bisa mencoba u perhatikan makanan yang kalian berikan, semakin rajin kaluan memberikan makan maak akan semakin cepat ikan untuk di panen.

Masa Panen Ikan Nilem

Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula

Jika sdua cepat pertumbuhan lele makan akan semakin bsat. Jika ikan sudah berumur 3 bulan, maka selanjunya adalah panen. Dalam pangen sangatlah muda, karena di mana kalian  hanya perlu menguras dan menggunakan jaring untuk menangkap ya guys. Sementara untuk ikan bisa kalian jual ke rumah makan atau kalian juga bisa jual ke pasar ya guys.

Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula

Gimana apakah kalian sudah ingin mencoba untuk mencoba untuk budidaya ikan nilem ini? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja mencoba untuk budidaya ya guys. Atau kalian juga bisa mecoba untuk budidaya ikan yang lain. Banyak jenis ikan yang bisa kalian budidaya seperti Jenis Ular Peliharaan Yang Banyak Di Minati.

Namun jika kalian memiliki hewan ternak lain dan bingung dengan cara merawatnya, kalian bisa mencari informasinya di panduan belajar beternak yang akan memberikan kalian informasinya.

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kalia ini di artikel panduan beternak kami yang berjudul Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan informasi yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinya 150x150

    Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinya

    Panduan Beternak -  Hallo guys berjumpa bersama kami kali lagi yang hari ini membahas mengenai Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinnya. Nah jika kalian merupakan para peternak dan ingin
  • Tips Memilih Ikan Louhan Untuk Di Pelihara 150x150

    Tips Memilih Ikan Louhan Untuk Di Pelihara

    Panduan Beternak - Hai guys, kami ingin memberkikan sedikit Tips Memilih Ikan Louhan kepada kalian agar kalian bisa mendapatkan ikan yang bagus untuk di pelihar. Bagi kalian yang sedang kesulitan
  • Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula 150x150

    Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula adalah pembahas kita kali ini. Jika kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan nilem. Kalian bisa simak artikel kami di bawah ini, karna kami
  • 5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia 150x150

    5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia

    Panduan Beternak - 5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia. Hallo para pecinta hewean peliharaan atau bagi kalian yang senang budidaya ikan. Nah jika kalian senang pelihara ikan berikut ini ada
  • Cara Budidaya Ikan Baung Yang Sangat Menguntungkan 150x150

    Cara Budidaya Ikan Baung Sangat Menguntungkan

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Baung Yang Sangat Menguntungkan pastinya sangatlah di gemari oleh para pembudidaya ikan baung ini. Nah apakah kalian juga ingin menjadi seorang yang sukses dalam