Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Panduan Beternak – Bagi kalian yang ingin budidaya ikan patin kami telah membuat Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen. Dalam beternak hewan apa saja pastinya kalian sangat ingin apabila usaha kalian cepat menghasilakan atau biasa di sebut dengan panen. Nah jika kalian mau tahu bagaimana caranya langsung saja kita bahas artikel yang telah kami buat di bawah ini. Informasi Kartu Online

Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Ikan Patin merupakan sekelompok ikan berkumis yang bisa di sebut Siluriformes yang termasuk dalam genus Pangasius, famili Pangasiidae. Kelompok ikan ini yang memiliki nilai sekonomis yang tinggi yaitu patin dan patin siam/jambal siam. Ikan patu memiliki rasa yang lezat dan mengandung gizi dan protein yang tinggi. Dan ikan patin biasa di oleh rumah makan di jual sebagai lauk hidangan.

Banyak masyarakat yang membudidaya ikan patin ini, karena yang dimana ikan patin ini banyak di konsumsi oleh masyarkat dan harga jualnya yang lumayan mahal. Biasanya pembudidaya ikan patin, budidaya menggunakan kolam tanah, kolam semen, dan kolam terpal. Untuk cara budidayanya sebenarnya sama, hanya berbeda di perawatan kolam, bahan untuk pembuatan kolam dan biasaya pembuatan kolamnya saja yang berbeda. Karena setiap jenis kolam pastinya berbeda.

Namun jika kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan patin kami akan memberikan cara budidaya ikan patin agar cepat panen kepada kalian. Kalian ingin tau bagaimana caranya!! Langsung saja kalian baca, caya yang kami berikan di bawah ini :

Lokasi Kolam Budidaya Ikan Patin

Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Sebelum pembuatan kolam di mulai maka kalian harus mempersiapakn lokasi yang pas terlebih dahulu untuk beternak ikan patin ini. Untuk mempersiapakan lokasi kalian bisa memikirkannya apakah kalian ingin mencoba langsung budidaya dengan nominal yang besar maka lokasi yang kalian perlukan harus cukup luas.

Namun jika kalian ingin budidaya kecil-kecil terleih dahulu. Kalian bisa mencoba mencari lokasi seperti di sebelah rumah atau belakang rumah. Namun untuk lokasi kolam harus selalu di jaga agar ikan nantinya gak mudah untuk di tangkap sama orang lain atau di curi. Informasi Game Online

Pembuatan Kolam Ikan Patin

Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Jika sudah mendapatkan lokasi, maka selanjutnya kalian bisa membuat kolam. Untuk pembuatan kolam kalian bisa memilih di mana lokasi yang memiliki mata air dan tidak mudah terkena banjir. Hal ini di lakukan agar kalian tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli air untuk pengisian air pada kolam. Dan jangan memiliki tempat yang mudah banjir yang akan memudahkan ikan keluar dari kolam apabila sedang musin hujan.

Jika kalian ingin membudidaya ikan patin ini ada 3 jenis kolam ikan patin ini. Apa saja itu !! Langsung saja sebagai berikut :

  • Kolam Pemeliharan Induk

Untuk kolam pemeliharaan induk kalian bisa mempersiapkan luas kolam ini sesuai dengan jumlah induk dan intensitas pengelolaan. Contohnya untuk 100 Kg indukan ikan  patin memerlukan kolam seluas 500m persegi bila hanya mengandalkan pakan alami dan dedak.

  • Kolam Pemijahan

Untuk tempat pemijahan dapat berupa kolam yanah atau kolam semen. Ukuran atau luas kolam pemijahan tergantung dari jumlah induk yang akan kalian pijahkan. Namun untuk kolam pemijahan kaian bisa menggunakan kolam persegi 4 panjang.

  • Kolam Pendederan

Kolam Pemdederan merupakan kolam yang di mana di gunakan untuk mmebesarkan bibit atau benih ikan patin ini. Untuk kolan kalian bisa mempersiapakan sesuai dengan jumlah benih yang akan kalian terbarkan. Untuk kolam bisa merupa kolam besar langsung untuk budidaya ikan patin ini.

Pemilihan Bibit Dan Pembenihan Ikan Patin

Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Bibit merupakan penentuan hasil perkawainan ikan. Jadi jika kalian memilih bibit ikan patin, maka kalian harus memilih bibit yang berkualitan. Jika kalian ingin mendapatkan bibit yang berkualitas, kalian bisa memilih di kolam penjualnya langsung. Karena kalian bisa langsung melihat indukannya sebelum membelinya.

Jika kalian ingin mengetahui ikan patin yang sudah matang gonad dan siao di pijahkan berikut ini akan kami berikan ciri-ciri untuk ikan yang sudah siap kawin dan pemijahan. Langsung saja sebagai berikut :

  • Ciri-Ciri Indukan Betina

  1. Umur 3 tahun
  2. Berat 1,5-2 kg
  3. Perut membersar kearah anus
  4. Perut terasa empuk dan halus bila di raba
  5. Kloaka membengkak dan berwarna merah tua
  6. Kulit Pada bagian perut lembek dan tipis
  7. Kalau di sekitar kloaka di tekan akan keluar beberapa butir telur yang berbentuk bundar dan besarnya seragam
  • Ciri-Ciri Indukan Pejantan

  1. Umur minimal 2 tahun
  2. Mempunyai ukuran 1,5-2 kg
  3. Kulit perut lembek dan tipis
  4. Bila perut di urut akan keluar cairan sperma berwarna putih
  5. Kelamin membengkak dan berwarna merah muda

Pembesaran Budidaya Ikan Patin

Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Selanjutnya adalah pembesaran yang harus kita lakukan. Untuk pembesaran dapan kalian lakukan di kolam, di keramba apung, melalui sistem pen dan dalam jaring. Dalam pembesaran budidaya ikan patin memiliki beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Apa saja itu langsung saja kita bahas artikel di bawah ini :

  1. Pembesaran ikan patin di kolam dapat di lakukan melalui sistem monokultur maupun polikultur.
  2. Pada pembesaran ikan patin, di Jaring apung, hal-hal yang perlu di perhatikan adalah lokasi pemeliharaan, bagaimana cara mengguakan jala apung, bagaimana kondisi perairan dan kualitas airnya serta proses pembesarannya.
  3. Pada saat pembesaran ikan patin di keramba, kalian harus perhatikan masalah, pemilihan lokasi, penebaran benih ikan, pemberian pakan tambahan, pengontrolan dan pemanenan.

Pemberian Pakan Ikan Patin

Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Selama pemeliharaan, yang menjadi hal utama agar ikan patin dapat di panen dengan cepat adalah pakanannya. Semakin baik kalian memberikan ikan patin pakan, maka akan semakin baik pertumbuhan ikan patin ini. Jika kalian ingin memberikan ikan maka, ada dua jenis pakan yaitu pakan alami dan pakan buatan. Apa saja jenis pakan tersebut langsung saja kita bahas artikel di bawah ini :

  • Jenis Pakan Alami Ikan Patin

  1. Zooplankton, akan mengambang di dalam air. zooplankton termasuk jenis udang-udangan yang mempunyai ukuran relatif kecil dengan sistem osmoregulasi yang efisien sehingga mampu beradaptasi pada kisaran salinitas (5-150 ppl).
  2. Cacing Sutra, bisa kalian temui di selokan atau di toko ikan. Kalian bisa memberikan ikan makan dengan keadaan hidup. Pakan cacing sutera ini biasanya di berikan setelah ikan berusia 7-15 hari. Selain praktis dan tidak mencemari air. Cacing sutera juga bisa di kultur secara massal dan waktu yang di butuhkan cukup singkat.
  3. Kutu Air, ukuran kutu air ini sangatlah kecil sehingga sangat sesuai dengan bukaan mulut anak ikan fatin. Ketersediaan kutu air sebagai jenis pakan alami dapat di peroleh langsung dari alam atau dengan cara mengkulturnya sendiri.
  • Jenis Pakan Buatan

  1. Pelet Terapung, memang akan mengapung ketika kita lempar ke dalam kolam ikan. Dan ikan akan naik ke atas untuk memakan pelet tersebut.
  2. Pelet Tenggelam, yang akan tenggelam langsung ke dalam kolam ketika kalian menebarnya. Pelet ini hanya beberapa saat saja mengapung di dalam air, setelah itu pelet akan langsung tenggelam ke dalam air.

Jadi kalian harus memberikan ikan makanan yang memiliki kandungm nutrisi, lemak, karbonhidrat, protein, vitamin dan mineral.

Masa Panen Ikan Patin

Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Dalam budidaya ikan patin pastinya hal yang di tunggu adalah pemanenan. Nah jika kalian ingin panen maka kalian harus selalu paham dengan permintaan konsumen. Jika para permintaan ingin yang besar, maka kalian bisa memilih ikan yang besar. Kalian harus menyisihkan setiap ukuran agar kalian bisa memenuhi permintaan konsumen dan pasar.

Untuk ikan yang sudah di panen kalian bisa langsung mengantak kepada konsumen atau ke pasar. Agar ikan kelihatan segar terus.  Agar ikan tidak cepat mati kalian bisa langsung mengantar ikan dengan cepat.

Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Bagaimana apakah kalian sudah ingin mencoba untuk budidaya ikan patin ini? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja siapkan modal kalian dan mencoba budidaya dengan cara budidaya ikan patin yang kami berikan ini.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Free Chips Setiap Hari

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar 150x150

    Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar. Bagi kalian yang sedang ingin budidaya ikan sidat, kalian bisa membaca carnya budidaya di bawah ini. Karena kami akan memberikan
  • Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium 150x150

    Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium

    Panduan Beternak - Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium. Bagi kalian yang ada pelihara ikan arwana di akuarium, namun masih belum mengerti dengan cara merawat ikan arwana ini. Nah kalian tidak perlu
  • Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen 150x150

    Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen. Bagi kalian yang ingin mencoba berbudidaya ikan gabus. Kalian bisa mencoba untuk membaca artikel yang telah kami buat di bawah ini,
  • Cara Budidaya Udang Vaname Di kolam Terpal 150x150

    Cara Budidaya Udang Vaname Di kolam Terpal

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Udang Vaname Di kolam Terpal. Apakah kalian ingin mencoba untuk budidaya udang vanem di kolam terpal? Jika iya, maka kalian bisa mencoba untuk mencari cara budidaya
  • Jenis-Jenis Ikan Cupang Dan Harganya 150x150

    Jenis-Jenis Ikan Cupang Dan Harganya

    Panduan Beternak - Jenis-Jenis Ikan Cupang Dan Harganya. Ikan cupang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian para penghobby dengan ikan cupang ini. Nah jika kalian ingin pelihara atau