Cara Budidaya Ikan Sepat Siam Kolam Terpal

Panduan Beternak – Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk budidaya ikan sepat siam, namun masih bingung dengan cara budidayanya. Nah kalian tidak perlu risau, karena kami akan memberikan sedikit caranya kepada kalian. Jika kalian sudah penasaran dengan caranya, langsung saja yuk kita bahas artikel yang telah kami buat di bawah ini.

Cara Budidaya Ikan Sepat Siam Kolam Terpal

Panduan Beternak

Ikan sepat siam merupakan jenis ikan air tawar yang tergolong dari suku gurami. Di Jawa Timur ikan ini di kenal dengan nama sliper, ikan sepat ini memiliki tubuh sedang, panjangnya biasa mencapai 25 cm, lebar pipihm dengan mulut agak runcing. Ikan sepat ini memiliki ekor dan sirip dubur berwarna gelap. Dan ikan sepat ini memiliki kumis yang sangatlah panjang.

Ikan sepat ini biasanya sering di temui di rawa, atau di paret kecil. Biasanya ikan sepat ini akan nimbul-nimbul ke permukaan, namun semenjak ikan sepat ini sudah sering di cari oleh manusia yang di mana di jadikan sebagai sumber pakan manusia. Biasanya ikan sepat ini di tangkap dengan cara menggunakan jaring atau di pancing.

Namun saat ini banyak juga yang budidaya ikan sepat siam ini, karena di mana hasil yang di  dapatkan juga lumayan menguntungkan bagi para pembudidaya. Dalam budidaya ikan sepat ini tidaklah sangat sulit, budidaya ikan sepat ini sangatlah mudah seperti Panduan Beternak Burung Walet karena di mana kita hanya perlu belajar dengan giat dan lebih dalam lagi.

Namun jika kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan sepat ini, berikut ini ada cara budidaya ikan sepat yang bisa kalian coba di rumah. Nah kalian sudah penasaran langsung saja yuk kita bahas artikel yang telah kita buat di bawah ini :

Persiapakan Kolam

Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal

Sebelum kalian membuat kolam, maka kalian harus memilih lokasi terlebih dahulu. Dalam pemilihan lokasi tidaklah sangatlah sulit, karena kalian juga bisa menjadi sebelah rumah kalian sebagai lokasi kolam ini. Namun apabila lokasi tersebut mudah tergenang air, maka kalian bisa menimbun lokasi tersebut. Agar dataran lokasi tersebut lumayan tinggi, dan akan jauh dari genangan air banjir.

Setelah mendapatkan lokasi maka selanjutnya adalah pembuatan kolam. Untuk kolam yang akan di buat harus di tentukan terlebih dahulu. Jika kalian ingin pelihara ikan yang banyak, maka kalian bisa membuat kolam yang besar, jika kalian penasaran dengan cara pembuatan kolam berikut ini ada beberapa langkahnya sebagai berikut :

  1. Awalnya, kalian bisa mengali tanah tersebut sedalam 1-2 meter.
  2. Setelah itu kalian bisa bisa membuat beberapa rangka untuk meletakan terpal tersebut.
  3. Jika sudah kalian membuat rangka, maka selanjutnya kalian bisa memang terpal di kolam tersebut.
  4. Jika sudah selesai, maka kalian bisa mengisi air pada kolam. Dan setelah itu biarkan air mengendap di kolam 1 harian, agar bau terpal bisa hilang.

Pemilihan Induk Sepat Siam

Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal

Jika sudah kalian siapkan kolam, maka selanjutnya adalah pembelian indukan ikan sepat siam. Dalam pembelian ikan kalian harus memilih ikan sepat yang berasal dari induk yang berkualitas. Selain itu, induk yang kalian pilih harusnya sudah mampu memproduksi sel teur dan spematozoa, memiliki gerakan lebih lincah, tidak abnormal, pertumbuhan relatif jauh lebih baikm dan berasal dari indukan yang berkualitas.

Nah biasanya pembelian induk sepat kalian bisa membeli di toko ikan, namun jika di toko ikan tidak begitu banyak menyediakan induk ikan sepat. Sehingga kalian yang tidak banyak pilihan dalam pemilihan induk ikan sepat ini. Jadi kami sarankan kalian bisa membeli induk sepat langsung di para peternak ikan sepat siam langsung. Di sana kalian bisa memilih indukan sepat dan kalian bisa melihat langsung induk tersebut berasal dari induk yang berkualitas atau bukan.

Pemeliharaan Ikan Sepat

Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal

Selanjutnya adalah pemeliharaan ikan sepat, seperti pemberian pakan juga harus di berikan kepada ikan, karena di mana pemberian pakan akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan. Jadi kami sarankan jika kalian ingin cepat panen dalam pemeliharaan ikan, maka kalian bisa memberikan ikan satu hari 2-3 kali seperti pagi,siang,dan sore.

Sementara kalian juga harus melihat penyakit pada ikan, biasanya jika ikan sakit, maka dia akan nimbul di permukaan air. Jadi kami sarankan jika ikan sudah menimbul di permukaan kalian harus menangkap ikan tersebut. Dan segera kalian melihat sakit apa yang terjadi pada ikan. Jika kalian sudah mengetahuinya, maka kalian bisa memberikan obat kepada ikan tersebut. Dan untuk ikan di dalam kolam bisa juga kalian berikan untuk menghindari agar tidak terserang penyakit tersebut.

Pemanenan Ikan Sepat

Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal

Selanjutnya adalah masuk pada masa pemanenan. Dalam panen kalian bisa melakukan pada pagi hari jam 10 setelah itu di berikan makan. Dalam pemenena kalian harus siapkan wadah terlebih dahulu untuk menampung ikan sempat yang sudah kalian panen tadinya. Setelah itu kalian bisa menangkan ikan tersebut menggunakan jaring.

Jika sudah maka kalian bisa langsung mengantar ikan sepat kepada konsumen yang memesan. Atau biasanya para pemesan ini akan langsung datang ke kolam ikan kalian untuk mengambil pesenan mereka. Untuk mendapatkan tambahan, kalian juga bisa menjualnya kepada warga sekitarnya dengan harga pasaran atau lebih murah. Namun jangan terlalu murah, karena kasihan kepada penjual ikan yang mengambil ikan dari kalian tersebut.

Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan cara budidaya ikan sepat siam yang kami berikan di atas. Apakah kalian sudah ingin mencoba untuk budidaya ikan sepat ini? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja mencoba untuk budidaya ikan sepat ini menggunakan cara budidaya ikan sepat yang kami berikan di atas. Jangan lupa juga untuk mencari informasi Panduan Belajar Beternak untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan Panduan Beternak kami yang selanjutnya dengan Informasi Panduan Beternak yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal 150x150

    Cara Budidaya Ikan Sepat Siam Kolam Terpal

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk budidaya ikan sepat siam, namun masih bingung dengan cara budidayanya. Nah kalian tidak perlu
  • Jenis Jenis Ikan Hias Paling Banyak Di Minati 150x150

    Jenis Jenis Ikan Hias Paling Banyak Di Minati

    Panduan Beternak - Jenis Jenis Ikan Hias Paling Banyak Di Minati, merupakan judul artikel yang akan kami bahas kali ini. Bagi kalian yang ingin memiliki hiasan di rumah, namun masih bingung dengan
  • Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar 150x150

    Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar. Bagi kalian yang sedang ingin budidaya ikan sidat, kalian bisa membaca carnya budidaya di bawah ini. Karena kami akan memberikan
  • Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium 150x150

    Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium

    Panduan Beternak - Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium. Bagi kalian yang ada pelihara ikan arwana di akuarium, namun masih belum mengerti dengan cara merawat ikan arwana ini. Nah kalian tidak perlu
  • Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen 150x150

    Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen. Bagi kalian yang ingin mencoba berbudidaya ikan gabus. Kalian bisa mencoba untuk membaca artikel yang telah kami buat di bawah ini,