Cara Merawat Domba Garut Untuk Kontes

Panduan Beternak – Cara Merawat Domba Garut Untuk Kontes. Bagi kalian yang memiliki domba garut untuk di jadikan domba garut namun masih belum mengerti dengan cara merawatnya. Nah kalian tidak perlu risau karena kami akan memberikan cara merawatnya kepada kalian. Tanpa menunggu terlalu lama langsung saja yuk kita bahas di bawah ini yuk.

Cara Merawat Domba Garut Untuk Kontes

Panduan Beternak

Domba Garut merupakan domba persilangan antara domba lokal dengan domba jenis Capstaad dari Afrika Selatan dan domba merina dari australia. Dan domba garut ini biasa di gunakan sebagai domba kontes atau domba hias yang berasal dari daerah Limbangan Kabupaten Garut. Sehingga sudah tidak di herankan lagi jika harga jual domba garut ini lumayan mahal.

Domba garut ini memiliki tampilan yang sangat menawan karena di mana tanduk kambing ini sangatlah besar dan panjang. Bahkan untuk domba ini memiliki kontesnya yang di mana adalah kontes Aduan yang di mana domba yang menang akan di berikan penghargaan. Bahkan selain domba garut ini di jadikan sebagai domba aduan, domba garut ini juga di jadikan sebagai domba hias yang karena tampilannya yang sangat menarik.

Nah apakah kalian juga tertarik untuk mencoba bisnis satu ini, dalam perawatan domba garut ini tidaklah sulit dan untuk hasil yang akan di dapatkan juga tidak mengecewakan kalian. Sedangkan untuk keuntungan yang di dapatkan dari domba garut ini juga lumayan besar sehingga ini merupakan peluang usaha yang sangat besar bagi kalian. Nah jika kalian ingin mencoba untuk ternak domba garut ini, langsung saja kalian mencoba menggunakan cara merawat domba garut yang kami berikan di bawah ini :

Membuat Kandang Yang Nyaman

Cara Merawat Domba Garut Untuk Kontes

Baca Juga : Cara Beternak Ayam Ketawa Yang Menguntungkan

Dalam merawat kandang garut yang akan di gunakan untuk kontes, kalian juga harus perhatikan mengenai kandang domba. Ingat domba ngarut ini merupakan domba petaruh yang tidak bisa di jadikan satu dengan domba sama jenis. Karena jika mereka sudah bersatu, maka yang ada mereka akan berantam dan saling mengadu. Yang di mana akan mengakibatkan kedua domba tersebut akan terluka.

Jadi dalam pembuaatan kandang kalian harus membuat ruangan untuk setiap satu ekor domba. Dengan kandang tersebut domba akan selalu terjaga dan tidak akan berantem. Untuk kandang kalian bisa ukurannya seperti 1m x 1m, .atau jika kalian ingin membuat agak lebar juga bisa, dengan bentuk kandang yang memanjang agar kalian tidak mengeluarkan banyak biaya untuk membuat kandang.

Selain itu, kekohan kandang domba garut  juga harus kalian perharikan, karena di mana domba garut ini merupakan domba yang gesit dan memiliki kekuatan yang lumayan. Dan pastikan kandang selalu kuat ketika terkena kencing dan kotoran domba garut, sedangkan untuk atap kalian bisa menggunakan senk agar lebih kuat dan tahan lama.

Pakan Yang Berkualitas

Cara Merawat Domba Garut Untuk Kontes

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Besar

Domba garut ini merupakan domba kontes yang di mana harus memiliki tubuh yang besar dan kuat. Jadi memberikan pakan yang berkualitas harus kalian lakukan juga. Jika kalian tidka memperhatikan makanan domba, maka yang ada domba akan menghaslkan badang yang kurus dan jelek. Nah jika kalian ingin tahu makanan berkualitas domba garut langsung saja sebagai berikut :

  1. Rumput Gajah
  2. Rumput Lapangan
  3. Ampas Tahu
  4. Ampas Sagu
  5. Bekatul
  6. Jerami Padi
  7. Kacang-kacangan
  8. Pakan Kosentrat

Pakan di atas bisa kalian berikan secara bergantian, agar domba tidak mudah bosen dan mendapatkan vitamin dan protein yang sesuai. Dalam waktu pemberian pakan, bisa kalian berikan satu hari 3-4 kali, pada saat pagi, siang, sore, dan malam ketika ingan tidur. Kalian harus memberikan pakan lebih banyak pada malam hari, kegunaan ini agar domba lebih cepat bertumbuh.

Memberikan Obat dan Vaksin

Cara Merawat Domba Garut Untuk Kontes

Baca Juga : Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air

Selanjutnya adalah pemberian obat dan vaksin kepada domba garut kalian. Vaksin bisa kalian berikan agar daya tubuh domba garut ini selalu terjaga, dan memiliki kekebalan pada tubuh mereka. Untuk pemberian vaksin bisa kalian berikan ketika domba baru di lahirkan dan sudah dewasa. Selain itu, pemberian vitamin juga harus kalian berikan agar domba selalu dalam keadaan sehat.

Jangan sampai kalian tidak memberikan vaksin kepada domba, karena ini hanya akan membuat domba mudah terserang penyakit dan setelah itu akan menyebabkan kematian pada domba kalian. Sementara obat juga harus kalian berikan ketika domba sudah terserang panyakit.

Menjaga Kebersihan Domba Garut

Cara Merawat Domba Garut Untuk Kontes

Baca Juga : Cara Pelihara Musang Pandan Di Rumah

Nah selanjutnya kita masuk pada kebersihan domba yang bisa kalian lakukan perhatikan. Kalian harus bisa perhatikan kebersihan pada domba garut, sebab domba garut yang untuk kontes ini, harus lah memiliki tubuh yang bersih, agar ketika di lihat dengan orang lain memiliki ketertarikan yang sangat kuat. Nah selain itu, jika kalian ingin tahu dengan kebersihan apa saja yang harus di perhatikan langsugn saja yuk sebagai berikut :

  • Memandikan Domba Garut

Kalian harus memandikan domba garut paling maksimal 1 minggu sekali. Kalian bisa memandikan menggunakan sabun spesial untuk domba, setelah itu bisa kalian sikat menggunakan sikat yang lembut, agar tidak melukai domba. Jika setelah selesai di mandikan, maka kalian bisa menjemur domba seperti di bawah pohon, dan pastikan lokasi tidak kotor, karena itu bisa membuat domba menjadi kotor lagi.

  • Mencukur Bulu Domba

Selanjutnya adalah mencukur bulu domba, untuk mencukur bulu domba bisa kalian lakukan 6 bulan sekali. Namun sebelum kalian melakukan pencukuran pada bulu domba, maka kalian harus memandikan domba terlebih dahulu agar pencukur lebih mudah di lakukan. Sementara mencukur bulu domba kalian harus memiliki keahlihan, karena jika belum bisa maka akan menyebabkan luka pada tubuh domba, sementara untuk bulu domba bisa kalian jual sebagai bahan wol atau bisa kalian gunakan juga sendiri.

  • Memotong Kuku Domba

Selenajutnya kalian juga harus memperhatikan bagian kaki domba, yaitu pada bagian kuku domba. Nah apabila kalian sudah melihat kuku domba sudah panjang, maka kalian bisa memotongnya. Jangan sampai tidak di potong karena itu hanya membuat domba mudah terserang penyakit.

Cara Merawat Domba Garut Untuk Kontes

Nah itulah cara merawat domba garut untuk kontes? Apakah kalian sudah paham dengan cara merawatnya? Jika sudah maka kalian sudah bisa mencoba untuk merawat domba garut menggunakan cara merawat domba garut yang kami berikan di atas. Setelah itu kalin bisa mencoba untuk mendfatar kontes domba garus ini. Jangan lupa juga untuk membaca Panduan Belajar Beternak yang akan memberikan kalian Informasi beternak lainnya.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Merawat Domba Garut Untuk Kontes. Sampai jumpa kembali di artikel judi kami yang selanjutnya dengan Informasi Panduan Beternak yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Perawatan Budidaya Jangkrik Rumahan Yang Benar 150x150

    Perawatan Budidaya Jangkrik Rumahan Yang Benar

    Panduan Beternak - Selamat datang kembali artikel kami yang kali ini akan membahas mengenai Perawatan Budidaya Jangkrik Rumahan Yang Benar. Nah jika kalian ingin menapatkan informasi mengenai judul
  • Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula 150x150

    Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Hallo para pecinta burung maniak. Jika kalian memiliki hobby ternak burung pleci, kami akan memberikan Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula. Jika kalian ingin mencoba untuk usaha
  • Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar 150x150

    Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar

    Panduan Beternak  - Hallo guys, kami ingin membahas tentang Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar. Nah bagi kalian yang ingin mencoba untuk ternak domba texel namun masih belum paham dengan cara
  • Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar 150x150

    Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar

    Panduan Beternak - Untuk kalian para pemacu kuda, jika kalian ingin kuda kalian lebih sehat lagi. Berikut ini ada beberapa Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar. Jika kalian ingin mendapatkan perawatan
  • Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium 150x150

    Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium

    Panduan Beternak - Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium merupakan pembahas kami kali ini yang akan kami berikan kepada kalian yang berminat. Jika kalian memiliki akuarium di rumah, dan kalian