Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

Panduan Beternak – Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah. Apakah kalian mengetahui bisnis kroto yang sangat menggiurkan ini? Apa mungkin kalian sudah memiliki usaha kroto ini? Nah jika kalian ingin mencoba untuk usaha krorot ini, kalian bisa mencoba menggunakan cara mudah budidaya kroto di rumah yang telah kami baut di bawah ini. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja yuk kita bahas artikel di bawah ini.

Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

Kroto merupakan campuran telur dan larva yang mana keduannya di hasilkan oleh semut rangrang. Kroto biasanya di gunakan sebagai pakan burung, bahkan di gunakan juga sebagai pakan ikan. kroto ini di jadikan sebagai pakan yang berkualitas dan bernilai gizi yang sangat tinggi sehingga para peternak burung dan pembudidaya ikan sangatlah berdominan menggunakan kroto sebagai pakan utama ternak mereka.

Bahkan para peternak burung sangatlah berlomba-lomba agar dapat kebagian kroto ini, karena kroto dengan sebentar saja akan habis. Kroto ini sangatlah bagus bagi burung kicau, jadi sudah tidak heran lagi jika para peternak burung. Biasanya kroto di jual di toko burung yang biasanya menjual pakan burung atau hewan unggas lainnya, bisanya harga kroto perbungkus di harga dengan Rp.5.000 sesuai dengan ukuran.

Biasanya kroto dapat di temukan di setiap ranting pohon yang dimana semur rangrang ini membuat sarannya di ranting pohon dengan cara mengumpulkan daun ranting menjadi bulatan. Dan biasanya kroto ini di hasilakan dari saran tersebut. Namun semenjak banyak yang mengetahui bahwa kegunaan kroto ini sangatlah menjanjikan sehingga saat ini sudah sangat jarang di temukan sarang semut rangrang.

Semut rangrang hidup berkelompok, sehingga ketika semut sudah bertelur maka akan menghasila banyak kroto yang dapat di jual ke pasar atau toko pakan unggas. Namun utnuk saat ini sudah sangat jarang di temukan sarang semut rangrang ini. Sehingga para pencari kroto sekarang sudah mencoba budidaya kroto di rumah sendiri, sengan hal tersebut dapat menghasilkan kroto yang banyak dan tidak akan pernah ada habisnya.

Nah apakah kalian juga ingin mencoba untuk budidaya kroto di rumah? Jika kalian ingin mencoba bisnis ini, kalian bisa membaca cara budidaya kroto yang telah kami buat. Langsung saja yuk kita kepoin cara mudah budidaya kroto di bawah ini :

Persiapkan Lokasi Budidaya Kroto

Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

Baca Juga : Cara Merawat Anjing Mini Pom Yang Benar

Sebelumnya jika dalam pembuatan kandang maka kalian harus memiliki lokasi terlebih dahulu. Untuk lokasi kalian bisa memilih dekat rumah saja, namun jangan mencari lokasi yang sempit, karena kandang yang di buat nanti akan tidak boleh lengket dengan tembot atan benda lainnya.

Jika kalian ragu karena takut semua masuk ke dalam rumah kalian, maka kalian bisa membuat lokasi dekat sekitar rumahan aja. Kalian bisa membuat sebuah gubuh atau sebuah ruangan yang akan di jadikan sebagai lokasi kandang tersebut. Jadi sebelum budidaya di mulai, maka pilihlah lokasinya terlebih dahulu.

Pembuatan Kandang Budidaya Kroto

Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

Baca Juga : Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Jika sudah mendapatkan lokasi yang pas, maka selanjutnya adalah pembuatan kandang bisa kalian lakukan, dalam budidaya kroto ini memeiliki banyak cara yang bisa kalian gunakan. Sedangkan untuk kandang juga begitu banyak jenis kandang yang bisa kalian gunakan dalam budidaya kroto ini.

Salah satu sarang yang biasa di gunakan adalah toples. Mengapa menggunakan toples, karena toples bentuknya bulat sehingga hampir mirip dengan sarang sesungguhnya. Dan bagaimana cara pembuatannya? Langsung saja yuk kita bahas artikel di bawah ini :

  1. Kalian bisa siapkan toples terlebih dahulu, setelah itu toples tersebut bisa kalian buat lubang di bagian bawah dengan diameter 5-7 cm. Setelah itu kubang tadi bisa alian tutup dengan lakban.
  2. Ketika nantinya bibit semua sudah kalian siapkan, maka bisa kalian masuk ke dalam toples tadinya beserta dengan sarangnya. Setelah itu toples tadi bisa kalian tutup dengan rapat, setelah itu bisa kalian taruk di rak yang sudah di siapkan.
  3. Sementara kalian bisa menyiapkan wadah yang di mana gunanya untuk menampung air, setelah itu wadah tersebut bisa kalian taruh di bawah kaki rak tersebut. Hal ini di lakukan agar semua tidak mudah kabur, karena semua sangatlah takur dengan air.
  4. Sementara itu untuk rak jangan di letakan berdekatan tembok atau dinding, karena jika lengket, maka semut akan dengan mudah melarikan diri.

Penyediaan Bibit Semur Rangrang

Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

Baca Juga : Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Selanjutnya adalah penyediakan bibit semut rangrang, jika kalian ingin mendapatkan bibitnya tanpa mengeluarkan biaya. Maka kalian bisa langsung mencari semut di sarangnya langsung yang ada di ranting pohon. Kalau bisa kalian mencarinya di luar alam saja, agar hasilnya nanti lebih memuaskan.

Jika kalian sudah mendapatkan sarang maka kalian bisa mengambil semut tersebut beserta sarangnya langsung. Karena di rangkan kalian akan mendapatkn ratu semutnya langsung. Namun dalam pengambilan bibit tersebut kalian harus hari-hati, karena jika mereka mendapatkan segerakan sedikit saja, maka mereka dengan cepat untuk melarikan diri dan membawa telurnya.

Tapi jika di daerah kalian sudah tidak dapat di temui lagi sarang semur rang-rang, maka kalian bisa membeli di para peternak kroto ini. Namun harganya lumayan juga di mana satu toples di hargai 150-200 ribu rupiah. Jadi kami menyarankan agar kalian mencari di alam bebes terlebih dhaulu agar tidak habis biaya lebih besar.

Cara Pemberian Pakan Budidaya Kroto

Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

Baca Juga : Cara Budidaya Udang Vaname Di kolam Terpal

Kalian harus ingat kalian budidaya kroto di rumah, agar semut rangrang tidak mudah berpergian. Kalian harus selalu persediaan pakan untuk semua. Kalian bisa memberikan semut makan makanan yang mengandung protein dan sari gula. Sedangkan untuk kebutuhan nutrisi yang mereka peroleh di dapatkan dari nektar dan simbiosis mutualisme dengan serangga lain semisalnya pada kutu-kutu.

Kalian harus selalu perhatikan pakan yang kalian letak di tempatnya, jika sudah habis maka kalian bisa menambah sedikit. Hal ini harus kalian perhatikan agar ketika semut sedang mencari makan mereka sudah mendapatkannya, jika tidak ada pakan yang di meha, maka yang ada semua akan pergi dari sarang yang kalian buat.

Cara Penen Kroto

Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

Baca Juga : Analisis Ternak Bebek Peking Yang Sukses

Jika perawatan sudah di lakukan maka selanjutnya adalah panen kroto. Biasanya kroto biasa di panen saat berusia 15-20 hari. Karena di mana telur larva mempunya daur hidup 15-20 hari. Kalian harus ingat bahwa untuk memanen toples harus sudah di penuhi oleh telur semua yang di semut kroto yang berwarna putih.

Kalian bisa memanane setiap hari namun dengan catatan kalian harus memiliki banyak sarang semut ini agar yang semuat yang kalian budidaya juga banyak. Nah jika kalian masih belum tau bagaimana cara memanen kroto ini, langsung saja yuk kita bahas di bawah ini :

  1. awalnya kalian bisa menyediakan wadah, usahakan wadah tersebut jangan terlalu datar.
  2. Setelah itu kalian bisa letakan saringan di wadah tersebut, namun saringan jangan mencari saringan yang bisa meloloskan semut.
  3. Setelah itu kalian bisa menuangkan seluruh kroto dan semua yang ada di dalam toples tersebut, dengan sendirinya teur semua akan kesaring ke bawah dan semut tetap di saringan.
  4. Jika sudah maka toples bisa kalian bersihkan terlebih dahulu, atau kalian memiliki toples cadangan, sementara itu kalian bisa masukan kembali semut ke dalam toples dan lakukan kembali sampai panen selanjutnya.

Dan selanjutnya kroto bisa kalian jual ke toko burung atau kepara peternak burung dan ikan. Biasanya kroto di jual per kgnya Rp.120.000.

Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan cara budidaya kroto ini? Jika sudah maka kalian bisa mencoba bisnis Kroto ini di rumahan. Jika kalian kalian masih belum paham, kalian bisa mencobanya mengunakan cara mudah budidaya kroto yang kami berikan di atas. Atas kalian juga bisa cari tau di Panduan Belajar Beternak yang akan memberikan kalian informasi lainnya.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan Informasi Panduan Beternak yang lainya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel yang kami buat ini, kami ucapkan Terima Kasih.

Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan 150x150

    Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan

    Panduan Beternak - Apakah kalian merupakan para pecinta burung kicau?? Apakah sedang mencari Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan.? Jika kalian sudah penasaram dengan panduan beternak burung
  • Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil 150x150

    Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

    Panduan Beternak - Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil pasti ada saja yang mencoba usaha ini. Karena di mana jika ingin mencoba usaha ternak pastinya harus mulai dari usaha kecil - kecilan. Nah
  • Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur 150x150

    Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur

    Panduan Beternak - Beternak ayam petelur apakah kalian sudah mengerti dengan Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur ?? Kalian para pembinis harus mengerti dengan tips ini ya lur. Karena ini
  • Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah 150x150

    Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk usaha sarang burung walet di rumahan? Banyak sekarang yang mencoba untuk usaha burung walet di rumah,
  • Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula 150x150

    Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

    Panduan Beternak -Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula. Bagi kalian yang baru saja ingin mencoba untuk beternak lebah madu. Kalian bisa membaca panduan yang telah kami buat di bawah ini, karena