Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Panduan Beternak – Banyak sekarang yang pelihara ikan lohan, namun jika kalian ingin beternak dan belum mengerti dengan Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar. Nah kalian bisa membaca artikel yang telah kami bahas di bawah ini. Kami akan memberikan cara pelihara ikan louhan kepada kalian dengan lengkap, agar kalian bisa pelihara dengan benar.

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Ikan Louhan merupakan salah satu ikan hias di pelihara dan sangat di kenal. Ikan louhan ini di pelihara di dalam akuarium karena warba sisik mereka yang hidup serta benjolan yang di kepala mereka berbentuk khas, yang biasa di sebuh Benjol Kelam. Ikan louhan ini habitat dan berasal dari Malaysia dan Taiwan, namun karna ikan ini sudah di kenal banyak nehara sehingga ikan lohan ini banyak di pelihara seluruh dunia. QDewi Login

Ikan louhan ini, memiliki berbagai jenis sehingga ikan ini memiliki bentuk yang berbeda – beda. Sehingga kalian bisa memlihara jenis ikan louhan yang mana sesuai dengan selera kalian. Namun jika kalian inngin mencoba untuk pelihara ikan lohan berikan ini kami akan memberikan cara pelihara ikan louhan yang benar kepada kalian. Tapa menunggu terlalu lama langsung saja kita bahas artikel di bawah ini :

Akuarium Ikan Louhan

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Untuk awal kalian harus perhatikan akuarium yang di gunakan untuk pelihara ikan louhan. Untuk akuarium ikan louhan harus 3 kali dari ukuran ikan louhan itu sendiri. Untuk panjang akuarium, kalian bisa mengukur panjangnya ikan louhan kalian. Apabila panjang ikan 20 cm maka untuk panjang akuarium minimal 50 cm. Sedangkan untuk lebar adalah 40 cm, namun jika lebih dari ukuran tersebut juga boleh.

Untuk para pengemar ikan lohan biasanya menggunakan akuarium berukuran 90 x 40 x 50 cm untuk ikan louhan kecintaan mereka. Namun untuk akuarium semuanya tergantung kepada kalian lagi, kalian lebih suka yang besar atau yang kecil.

Kontrol Air Secara Berkala

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Seperti yang kita tau jika ingin pelihara ikan maka kalian bisa pelihara di alam air. Dan air merupakan alam untuk hidupnya ikan. Nah untuk air ikan louhan harus kalian perhatikan juga karena jika airnya kotor dan buruk maka akan menghambat pertumbuhan pada ikan.

Jika kalian ingin mengontrol air yang lebih baik, kalian bisa cek air dengan menggunakan alat ukur pH. Dimana alat tersebut akan mengukur kandungan hidroksida (OH) dan Hidrogen (H+) yang ada pada air. Untuk ukuran pH air biasanya di gunakan pada ukuran 7 pH sampai 8 pH saja.

Periksa Suhu Air Secara Berkala

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Untuk kondisi suhu air juga harus kalians perhatikan, karena jika suhu air terlalu dingin maka akan menyebabkan pertumbuhan ikan akan lambat. Dengan menggunakan alat pengukur suhu atau thermometer , kalian dapat memantau kondisi suhu air tersebut. Kalian bisa usahakan suhu air tidak lebih atau kurang dari 28 hingga 30 serajar celcius.

Gunakan Alat Pemanas Khusus Akuarium ( Heater)

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Apabila suhu air kolam terlalu dingin maka kalian bisa memanaskan air menggunakan pemanas atau heater ini. Dengan begitu pertumbuhan ikan louhan kalian akan semakin cepat berkembang. Untuk membeli alat Heater ini, kalian bisa membelinya di toko-toko hewan atau toko ikan di kota kalian, atau kalian juga bisa membelinya secara online.

Gunakan Filter Akuarium

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Untuk pelihara ikan louhan yang ada di dalam akuarium kalian juga harus menyediaka filter akuarium. Kegunaanya adalah dimana kalian air yang ada di dalam akuarium akan terhaga selalu kebersihannya. Dalam akuarium pastinya akan kotor dengan kotoran ikan sehingga membuat air menjadi keruh.

Dengan menggunakan filter akuarium maka kalian bisa membersihkan air dengan filter air tersebut. Setelah air mengalir dari filter maka air kelihatan jernih dan bersih. Sehingga ikan louhan kalian cepat jenong, dan untuk filter air ini bisa kalian gunakan jenis filter yang berada di sampign akuarium.

Lampu Untuk Louhan

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Jangan lupa agar akuarium di penuhi dengan lampu yang di mana akan berakibat positif bagi warna tubuh dan jenong si ikan louhan. Untuk lampu tidak perlu terlalu terang dan jangan terlalu terang. Kalian bisa memberikan lampu yang pas saja untuk si louhan.

Untuk lampu kalian bisa membeli di toko – toko peraltan ikan atau toko menjual peralatan listrik. Jika kalian ingin lampu akuarium kalian itu ideal kalian bisa membeli lampu yang berukuran 20 watt.

Beri Pasir, Batu Dan Tanaman Air Pada Akuarium

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Mengapa kita harus memberikan pasir, baru, dan tanaman air pada ikan louhan? Karena hal tersebut di lakukan agar ikan lebih nyaman dan merasa sedang dalam habitat mereka sendiri. Dan untuk hal tersebut bisa juga menjaga agar ikan louhan tidak mudah stres dan hal tersebut mempercantik akuarium.

Menguras 1/4 Air akuarium Dua Minggu Sekali

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Jika kalian sering menganti air pada ikan louhan maka yang ada ikan akan menjadi stres. Dan jika ikan kalian sudah tres maka akan menyebabkan ikan menjadi tidak jenong dan warna akan tidak merah lagi. Jadi kami sarankan agar kalian bisa membersihkan air kolam 2 minggu sekali dengan membuang air sebanyak 1/4 saja. Hal ini juga akan menjaga kebersihan air pada akuarium.

Memberikan Jenis Pakan Khusus Mempercepat Jenong

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Agar mempercepatnya ikan lohan jenong, maka kalian bisa memberikan ikan memakan jenis makanan yang berkualitas. Jika kalian ingin memberikan ikan lohan makan pakan yang berkualitas kalian bisa memberikan makanan seperti di bawah ini :

  • Jangkrik

Jangkrik bisa kalian berikan pada ikan louhan karena kandungan yang ada pada tubuh jangkrik ini sangalah bermanfaat untuk pertumbuhan ikan louhan kalian. Namun untuk memberikan ikan makan kalian harus memotong kaki jangkrik terlebih dahulu. Agar ketika ikan makan jangkrik ikan tidak akan terluka.

Untuk memberikan jangkrik maka kalian bisa melihat ukuran ikan kalian terlebih dahulu. Karena jangkrik yang akan kalian berikan kalian harus sesuaikan dengan ukuran louhan yang kalian pelihara. Karena jika jangkrik lebih besar dari louhan maka akan sulit untuk louhan menyantapnya.

  • Udang

Udang juga bisa kalian berikan karena akan membantu warna sisik ikan cepat merah. Kalian bisa memberikan udang kecil seperti udang cirebon. Namun sebelum kalian memberikan udang kepada louhan maka kalian bisa membuang sungutnya terlebih dahulu, agar tidak menyakiti ikan kalian.

  • Cacing Beku

Jika ikan louhan masih berukuran 8 cm. Maka kalian bisa memberikan cacing beku ini kepada ikan kalian. Kegunaan cacing beku ini, agar ikan louhan cepat jenong dan warna ikan akan cepat memerah.

Pemberian Jumlah Pakan Louhan

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Untuk kalian harus memberikan pakan ikan yang cukup. Untuk membantu menjaga nutrisi pada ikan louhan kalian harus memberikan ikan sampai benar-benar kenyang. Namun bukan bearti kalian harus memberikan ikan makan dengan banyak juga.

Kalian bisa memberikan ikan makan dikit demi sedikit, agar ketika ikan sudah kenyang makanan yang kalian berikan tidak terbuang banyak dan kolam juga tidak akan terlalu kotor dengan sisa makanan yang kalian berikan tadinya.

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Nah itulah cara pelihara ikan louhan dengan benr yang kami berikan kepada kalian. Jika kalian ingin mencoba ntuk pelihara ikan louhan kalian bisa mencobanya dengan cara pelihara ikan louhan yang kami berikan ini. Semoga ikan yang kalian pelihara bisa membuat hasil seperti yang kalian inginkan.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan panduan yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Cara Pelihara Ikan Louhan Dengan Benar

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Pelihara Marmut Anggora Untuk Para Pemula 150x150

    Cara Pelihara Marmut Anggora Untuk Para Pemula

    Panduan Beternak - Hallo semuanya masih berjumpa lagi bersama kami di artikel kami yang akan membahas Cara Pelihara Marmut Anggora Untuk Para Pemula. Jika kalian merupakan salah satu pecinta binatang
  • Perawatan Burung Murai Batu Untuk Kontes 150x150

    Perawatan Burung Murai Batu Untuk Kontes

    Panduan Beternak - Bagi kalian yang ingin mencari pengetahuan mengenai Perawatan Burung Murai Batu Untuk Kontes. Kebetulan sekali hari ini kami ingin membahas mengenai burung murai batu ini. Jika
  • Jenis Ular Peliharaan Yang Banyak Di Minati 150x150

    Jenis Ular Peliharaan Yang Banyak Di Minati

    Panduan Beternak - Bagi kalian yang senang pelihara hewan jenis reptil seperti ular. Berikut ini kami telah membuat artikel dengan judul Jenis Ular Peliharaan Yang Banyak Di Minati. Kami membuat
  • Jenis Jenis Tarantula Yang Banyak Di Pelihara 150x150

    Macam Jenis Tarantula Yang Banyak Di Pelihara

    Panduan Beternak - Macam Jenis Tarantula Yang Banyak Di Pelihara. Bagi kalian yang senang pelihara hewan ingin mencoba untuk pelihara Tarantula. Berikut ini kami ada beberapa jenis tarantula yang
  • Cara Merawat Anjing Golden Dengan Mudah 150x150

    Cara Merawat Anjing Golden Dengan Mudah

    Panduan Beternak - Cara Merawat Anjing Golden Dengan Mudah. Adalah cara yang bisa kalian coba apabila di rumah kalian memiliki hewan peliharaan seperti anjing golden. Perawatan yang kami berikan