Cara Ternak Ayam Bangkok Dengan Benar

Panduan Beternak – Banyak sekarang yang ingin mencari tau mengenai Cara Ternak Ayam Bangkok Dengan Benar. Karena ayam bangkok merupakan ayam paling mahal, maka dari itu merawat ayam bangkok juga tidak bisa sembarang rawat saja. Jika kalian ingin tau bagaimana cara ternak ayam bangkok, langsung saja kita bahas artikel di bawah ini.

Cara Ternak Ayam Bangkok Dengan Benar

Cara Ternak Ayam Bengkok Dengan Benar

Banyak sekali sekarang yang beternak ayam saat ini. Karena untuk beternak ayam tidaklah sangat sulit, karena caranya sudah banyak di pelajari oleh beberapa penggemarnya. Seperti yang kita katahui bahwa ayam bangkok sangat di kenal sebagai ayam aduan. Ayam bangkok yang berasal dari negara thailand ini telah di akui sebagai ayam yang berkualitas di antara ayam aduan lainnya. QDewi Login

Dan kalian jangan salah, jika kalian beternak ayam bangkok ini dengan benar dan teliti maka harga ayam bangkok ini juga relatif sangat tinggi. Untuk harga ayam bangkok bisanya bisa sampai jutaan untuk usia masih muda, jadi jika orang pelihara ayam bangkok tidak bisa di ragukan lagi dengan keuntungan yang di dapatkannya.

Namun kalian jangan salah, kalian ternak ayam bangkok pasti akan ada resiko. Namun jika resiko tersebut sudah kalian lewati maka keuntungan yang akan kalian dapatkan. Namun jika kalian mencoba dengan cara ternak ayam bangkok kami buat di bawah ini. Mudah-mudahan kalian bisa menjadi peternak ayam bangkok yang sukses. Tanpa menunggu lama lagi langsung saja simak cara ternaknya di bawah ini :

Cara Ternak Ayam Bangkok

Lokasi Kandang Ayam

Cara Ternak Ayam Bangkok Dengan Benar

Sebelum kalian beternak maka kalian bisa memastikan terlebih dahulu lokasi kandang untuk terbak ayam bangkok ini. Kalian harus ingat ayam merupakan hewan yang mudah terserang penyakit, jadi kami sarankan agar kalian tidak sembarangan memiliki lokasi untuk beternak ayam bangkok ini.

Untuk lokasi lebih baik kaian jauhkan dari pemungkiman warga, karena kotoran hewan sangatnya menyengat di hidung. Agar tidak menggangu masyarakat sekitarnya maka kalian bisa memilih kandang ayam yang lebih jauh dari rumah warga. Namun jika kalian hanya ingin ternak beberapa ekor saja, maka kalian bisa pelihara di sebelah atau di belakang rumah. Namun untuk kotoran harus kalian bersihkan setiap hari agar tidak bau.

Pembuatan Kandang Ayam Bangkok

Cara Ternak Ayam Bangkok Dengan Benar

Jika kalian sudah mendapatkan lokasi untuk membuat kandang, maka selanjutnya kalian bisa membuat kandang. Untuk kandang sesuai dengan kalian terlebih dahulu. Apakah kalian ingin kembangkan ayam bangkok yang kalian ternak atau hanya untuk di pelihara setelah itu di jual.

Untuk ayam bangkok yang masih kecil bisa kalian tempatkan di kandang biasa terlebih dahulu. Namun jika sudah lumayan besar maka ayam, ayam tersebut bisa kalian pisahkan satu persatu dan untuk ayam yang sudah dewasa maka kalian bisa menggunakan kandang songkok.

Nah dalam pembuatan kandang kalian harus perhatikan kandang lagi, agar tidak ada hewan predator yang masuk dan memangsa ayam tersebut. Untuk di bawah  alas kandang kalian bisa memberikan lapisan seperti semen atau kawat atau kayu.

Untuk perawatan kalian harus mempersiapan seperti yang di butuhkan sehari, hari, seperti tempat makan, tempat minum, vitamin, obat-obatan bila di perlu apabila ayam sedang sakit atau gejala sakit.

Pemilihan Bibit Ayam Bangkok

Cara Ternak Ayam Bangkok Dengan Benar

Jika kalian sudah mempersiapkan kandangnya, maka selanjutnya kalian bisa mempersiapkan bibit ayam bangkok. Untuk pemilihan bibit ayam bangkok harus kalian perhatikan fisik ayam tersebut. Namun jika kalian masih bingun dengan cara memilih bibit ayam bangkoknya sebagai berikut :

Untuk cara pertama kalian bisa melihat kelincahan ayam tersebut. Dengan cara kalian memberikan ayam makan, jika salah satu ayam berebut makan untuk mendapatkan posisi paling depan maka bibit tersebut bisa di ternak.

Untuk cara kedua kalian bisa melihat ayam ketika sedang minum. Apabila ketika ayam menaikan lehernya ke atas dan dadanya di busungkan ke depan maka ayam tersebut merupakan ayam yang berkualitas.

Untuk cara ketiga kalian harus perhatikan tekukaan lutut dan jari-jarinya. Untuk ayam bangkok yang bagus, hanya menekukan lututnya sedikit saja, jika bertaruh di sebut sebagai kuda-kuda.

Untuk cara keempat, kalian harus melihar warna ayam. Kalian harus tau bahwa ayang yang memiliki warna tembus merupakan ayam yang paling di cari oleh petarung ayam. Biasa warna tembus, warna putih pada kaki dan paruh yang serasi dengan warna putih yang cukup banyak di sayap dan ekor warna bagian dada dan paha yang brumbun.

Untuk cara terakhir, kalian harus melihat anakan tersebut berasal dari indukan yang mana, jika kalian melihat indukan anak ayam tersebut merupakan calon juara maka jangan kalian ragukan lagi kalian bisa langsung mengambil ayam tersebut.

Pemberian Pakan Dan Minum

Cara Ternak Ayam Bangkok Dengan Benar

Untuk selanjutnya maka kalian harus memberikan ayam makan dan mimum, untuk hal ini sangatlah mempengaruhi pertumbuhan pada ayam yang kalian ternak. Untuk pemberian pakan kalian harus memberikan makanan yang mengandung nutrisi yang bagus dan di butuhkan untuk ternak ayam bangkok. Karena hal ini sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan hodup dan hasil ternak ayam bangkok.

Untuk minum jangan lupa untuk memberi pada ayam, ingat ayam juga perlu minum. Wadah air minum harus berbentuk khusus untuk ayam agar tidak menganggua aktifitas ayam. Untuk air harus kalian perhatikan karena sebagai ayam yang aktif sangat memerlukan air agar tidak selalu kekurangan mimun.

Pemberian Vitamin Dan Suplemen

Cara Ternak Ayam Bangkok Dengan Benar

Untuk pendaping makanana pokok ayam kalian juga bisa memberikan vitamin atau suplemen. Kegunaan agar ayam tidak akan mudah terserang penyakit. Untuk pemberian vitamin atau suplemen ini bisa kalian berijan setiap seminggu tiga kali.

Nah jangan lupa juga kalian bisa memberikan probiotik yang di katakan sebagai suplemen, tetapi melihat jenisnya sangatlah berbeda, suplemen ini bisa kalian dapatkan di toko peternakan hewan.Proniotik yang mengandung nutrisi dari hasil buatan sendiri, seperti campuran tetes gula, ragi, dan air yang fermentasikan untuk menambahkan kebutuhan nutrisi pada ayam ternak.

Perawatan Sehari – Hari

Cara Ternak Ayam Bangkok Dengan Benar

Nah untuk cara selanjutnya adalah perawatan, untuk ayam kalian harus selalu memperhatikan perawatan ayam bangkok ini. Kami sangat menyarakan agar ayan di berikan vaksim yang merupakan salah satu jenis obat kesehatan untuk hewan. Vaksin ini sangatlha di butuhkan untuk peternak ayam bangkok maupun peternak lainnya.

Obat ini di gunakan untuk memberikan kekebalan tubuh pada ayam bangkok agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk pemberian vaksin bisa kalian lakukan melalui tetes mata, suntik melalui dada, sayap dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Untuk ayam agar selalu sehat dan terjada kebersihannya kalian bisa membersihkan kandang ayam. Karena jika kalian tidak membersihkan kotoran ayam maka, bakteri yang ada pada ayam akan melengket pada tubuh ayam dan akan menyebabkan ayam menjad sakit.

Buka hanya itu saja, untuk menjaga agar bulu ayam selalu indah, maka kalian bisa memandikan ayam, apabila ketika cuaca sedang panas maka kalian bisa memandikan ayam. Cara memandikan ayam kalian bisa menggunakan air yang kalian sediakan di dalam baskom.

Cara Ternak Ayam Bangkok Dengan Benar

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan cara ternak ayam bangkok yang kami berikan ini? Jika sudah maka kalian sudah bisa mencoba untuk ternak ayam bangkok ini. Dan kalian sudah bisa menjadi peternak ayam bangkok yang sukses.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Ternak Ayam Bengkok Dengan Benar. Sampai jumpa lagi di artikel panduan kami yang selanjutnya dengan panduan yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima KasihCara Ternak Ayam Bengkok Dengan Benar

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar 150x150

    Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar

    Panduan Beternak - Untuk kalian para pemacu kuda, jika kalian ingin kuda kalian lebih sehat lagi. Berikut ini ada beberapa Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar. Jika kalian ingin mendapatkan perawatan
  • Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium 150x150

    Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium

    Panduan Beternak - Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium merupakan pembahas kami kali ini yang akan kami berikan kepada kalian yang berminat. Jika kalian memiliki akuarium di rumah, dan kalian
  • Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak-min 150x150

    Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

    Panduan Beternak - Bagi para penghoby atau para peternak apakah mengetahui mengenai Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak. Banyak para peternak dan penghoby yang memilih jenis kambingnya yang
  • Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat 150x150

    Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat

    Panduan Beternak - Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat. Bagi kalian yang memiliki bisnis sapi lokal namun masih belum mengerti dengan cara penggemuaknnya. Nah kalian tidak perlu risau, karena
  • Tips Ternak Kelinci Perdaging Agar Cepat Gemuk 150x150

    Tips Ternak Kelinci Pedaging Agar Cepat Gemuk

    Panduan Beternak - Tips Ternak Kelinci Pedaging Agar Cepat Gemuk. Bagi kalian yang memiliki bisnis ternak kelinci pedaging ini, namun lama dalam perkembang proses penggemukan!! Nah kalian tidak perlu