Cara Ternak Burung Kacer Yang Sukses

Panduan Beternak – Bagi kalian yang senang dalam beternak burung kacer, berikut ini ada Cara Ternak Burung Kacer Yang Sukses yang telah kami buat artikelnya untuk kalian. Jika bagi kalian yang beternak masih mendapatkan kekurangan pengetahuan atau yang belum beternak dan ingin mencoba. Kalian bisa membaca artikel yang telah kami buat di bawah ini. Infomasi Game Online

Cara Ternak Burung Kacer Yang Sukses

Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Kacer merupakan burung kicauan yang sekarang ini sangat banyak di minati para pecinta burung kicau. Biasanya burung kacer di gunakan sebagai hewan tanding suara di dalam lomba kontes burung. Sehingga sudah tidak heran lagi, jika harga jual burung ini lumayan tinggi. Bahkan sekarang banyak yang beternak burung kacer ini.

Burung kacer memiliki 3 jenis yang biasa di pelihara atau di ternak. Jenis apa saja burung kacer!! Langsung saja kita bahas di bawah ini :

  1. Kacer Poci
  2. Kacer Jawa
  3. Kacer Blorok

Baca Juga : Cara Merawat Burung Lovebird Cepat Ngekek

Dalam beternak burung kacer ini sangatlah mudah, asalkan kalian sudah paham dengan karakter jenis burung ini. Nah jika kalian ingin mencoba untuk beternak kacer, berikut ini akan kami berikan beberapa caranya kepada kalian. Langsung saja sebagai berikut :

Lokasi Kandang Burung Kacer

Cara Ternak Burung Kacer Yang Sukses

Dalam membuat kandang kacer, pastinya kalian juga harus memiliki lokasi terlebih dahulu. Nah jadi kami sarankan agar kalian bisa mencari lokasi yang baik untuk di jadikan lokasi kandang burung kacer ini. Kalian bisa mencari lokasi yang jauh dari hewan predator dan maling. Karena itu hanya menjadi hambatan bagi kalian peternak burung kacer.

Baca Juga :Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan

Untuk lokasi kalian bisa membuatnya di dekat rumah kalian saja seperti di sebelah rumah dan di belakang rumah, agar burung kacer tetap dalam pengasawan kalian. Kami sangat menyarakan agar lokasi kandang memiliki ranting pohon, agar burung lebih senang dan merasa seperti di habitat aslinya. Untuk

Kandang Ternak Kacer Dan Peralatan

Cara Ternak Burung Kacer Yang Sukses

Nah jika kalian sudah mendapatkan lokasi yang sangat cocok, maka selanjutnya pembuatan kandang untuk ternak burung kacer. Dalam pembuatan kandang, semuanya tergantung dari kaliannya masing-masing, bahan apa yang ingin kalian gunakan untuk pembuatan kandang kacer. Namun pada umumnya bentuk kandang adalah segiempat, yang di mana bawah kandang di buat dari baru, dan keatas di buat dari jaring-jaring. sedangkan untuk atap biasanya di gunakan seng biasa.

Baca Juga : Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

Untuk kandag juda harus kalian persiapan ranting yang akan di jadikan tempat tengkrengan burung. Seperti kami kita bahas di atas, jika lokasi kandang tersebut memiliki pohon maka kalian bisa gunakan sebagai tengkrengan untuk burung kacer. Agar burung bisa merasakan seperti di habitat aslinya, maka kalian harus memberikan tengkrengan untuk si burung.

Sedangkan untuk peralatan yang di buruhkan oleh burung kacer sebagai berikut :

  1.  Tampat minum
  2. Tempat makan tangkringan
  3. Tempat cantolan buah
  4. Tempat Kroto
  5. Sapu, garukan kotoran
  6. Semprotan
  7. Jika apa yang kalian rasa di butuhkan

Persiapan Indukan Kacer

Cara Ternak Burung Kacer Yang Sukses

Jika kalian sudah membuat kandang, maka selanjutnya kalian bisa ke toko burung atau ke pejual peternak kacer ini. Agar kalian mendapatkan keturanan yang bagus, kalian bisa memilih indukan kacer yang berkualitas. Namun jika kalian masih sulit untuk mencari kacer yang ocok untuk di jadikan indukan berikut ni akan kami berikan ciri-ciri burung kacer yang berkualitas sebagai berikut :

  1. Kondisi kacer tidak cacat fisik.
  2. Berbadan besar dan panjang.
  3. Gerakan indukan kacer enerjik, atraktif, gesit dan bersorot mata tajam.
  4. Caralilah indukan yang sudah mengalami periode kawin yaitu kurang lebih berusia 10 bulan.
  5. Indukan yang serong berkicau.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kacer Untuk Kontes

Jika kalian sudah mendapatkan burung yang sesuai dengan ciri-ciri di atas, maka indukan kacer tadinya bisa langsung kalian bungkus. Dan langsung membawa pulang ke rumah dan masukan ke dalam kandagn yang sudah kalian buat tadinya.

Pakan Kacer

Cara Ternak Burung Kacer Yang Sukses

Pakan merupakan salah satu yang harus di penuhi oleh makluk hidup, begitu juda dengan burung kacer. Jika kalian ingin burung kacer lebih cepat dalam pertumbuhannya, maka kalian bisa memberikan burung kacer makan pakan yang berkualitas.

Baca Juga :

Dalam pemberian pakan kalian harus memberikan pakan yang mengandung banyak protein. Apalagi ketika sudah meneras maka induk sangat perlu di berikan makanan yang berkualitas. Untuk pakan burung biasa di berikan seperti Voer, jangkrik, kroto, belalang, ulat hongkong dan pakan lainnya yang memilik kandung protein yang tinggi.

Tahap Perjodohan Kacer

Cara Ternak Burung Kacer Yang Sukses

Setelah kalian sudah mendapatkan indukan, maka selanjutnya adalah perjodohan antara kacer jantan dengan kacer betina. Untuk perkawinan di lakukan sangatlah mudah, lalian hanya perlu menyediakan satu kandang yang berukuran kecil saja. Setelah itu kalian bisa masukan induk kacer betina dengan induk kacer jantan ke dalam kandang tersebut.

Baca Juga :

Setelah itu kalian bisa memberiakan kedua induk tersebut kawin, untuk waktu kawin tidaklah lama jika induk kacer sudah memang masuk pada waktu perkawinannya. Pada waktu 10 bulan, kacer akan masuk pada musim perkawinannya.

Masa Bertelur Dan Proses Pengeraman

Cara Ternak Burung Kacer Yang Sukses

Setelah induk kacer sudah kawin, maka induk betina tadinya akan masuk pada masa bertelur. Biasanya telur yang akan di hasil dari betina jumlah 2-3 butir telur dalam sekali periode musin bertelur ternak kacer. Pada saat periode setelahnya perjodohan dan sebelum bertelur, kandng harus di sediakan tulang sotong. Mengapa harus menggunakan tulang sotong? Karena nutrisi yang ada pada tulang sotong sangatlah bagus untuk membentuk cankang telur.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Jika induk kacer sudah bertelur, maka selanjutnya adalah proses pengeraman, proses pengeraman akan berlangsung lebih kurang 2 minggu, yang di hitung muali dari si telur keluar dari induk betina kacer. Jika 2 minggu sudah menetas, maka kalian bisa memberikan induk kacer makan kroto dan jangkrik, agar induk kacer dapat memberikan piyik yang baru netas tadi dengan makanan.

Perawatan Piyik Kacer

Cara Ternak Burung Kacer Yang Sukses

Apabila telur kacer sudah menetas maka selanjutnya perawatan anak burung kacer atau biasanya di sebut dengan piyik. Ingat dalam perawatan piyik kalian bisa perhatikan dengan benar, karena jika kalian salah dalam merawat piyik burung kacer maka akan menyebabkan kematian pada piyik.

Nah berikut ini ada beberapa cara merawat piyik yang bisa kalian coba, sebagai berikut :

  1. Pada saat piyik baru berusia 1 minggu, maka piyik sudah bisa kalian pisahkan dengan induknya ke sangkar yang berbeda.
  2. Dalam perpindahan piyik bisa kalian lakukan dengan pelan-pelan, karena piyik berusia 1 minggu sangatlah rapuh pada bagian tulang.
  3. Agar piyik tidak kedinginan pada malam hari atau musin hujan, maka kalian bisa siapkan bohlam agar tubuh piyik selalu hangat.
  4. Apabila ketika piyik berusia 1-2 minggu maka kalian bisa memberikan asupan pakan piyik dengan cara melolohkan pakan cair ke mulut piyik.

Untuk pakan piyik kacer biasa kalian berikan pur yang halur dengan cara di haluskan lagi dan di basahan dengan air.

Cara Ternak Burung Kacer Yang Sukses

Nah cara ternak burung kacer yang kami berikan di atas bisa kalian coba apabila kalian ingin beternak burung kacer ini. Namun jika kalian yang sudah memiliki ternak kacer ini, kalian bisa membaca cara ternak burung kacer yang kami berikan di atas dan bisa menambah pengetahuan.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Free Chips Setiap Hari

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Ternak Burung Kacer Yang Sukses. Sampai jumpa kembali lagi di artikel panduan beternak kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Cara Budidaya Ikan Mujair Dengan Mudah

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar 150x150

    Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar

    Panduan Beternak - Dalam beternak hewan apapun pastinya perawatan haru kita perharikan seperti Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar. Jika kalian memiliki bisnis burung puyuh ini, berikut ini kami
  • Burung Murai Batu Paling Populer 150x150

    Jenis Burung Murai Batu Paling Populer

    Panduan Beternak - Jenis Burung Murai Batu Paling Populer di daerah rumah kalian bahwa di seluruh Indonesia pastinya akan terkenal. Namun hanya saja tidak ada yang mengetahui jenis burung murai batu
  • 3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan 150x150

    3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan

    Panduan Beternak - 3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan. Hallo semuanya, bagi kalian yang sedang ingin mencoba untuk pelihara hewan unggas. Namun masih bingung dengan jenis hewan apa yang ingin
  • Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah 150x150

    Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah

    Panduan Beternak - Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah. Bagi kalian pecinta burung kicau, apakah kalian tidak berminat untuk mencoba ternak burung perkutut di rumah? Perkutut ini juga memiliki suara
  • Cara Beternak Ayam Ketawa Yang Menguntungkan 150x150

    Cara Beternak Ayam Ketawa Yang Menguntungkan

    Panduan Beternak - Cara Beternak Ayam Ketawa Yang Menguntungkan. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk usaha beternak ayam ketawa ini dengan keuntungan yang besar. Nah kalian bisa membaca artikel yang