Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah

Panduan Beternak – Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah. Bagi kalian pecinta burung kicau, apakah kalian tidak berminat untuk mencoba ternak burung perkutut di rumah? Perkutut ini juga memiliki suara yang merdu sehingga banyak yang pelihara di rumah. Nah jika kalian berminat untuk ternak burung ini, langsung saja yuk kita bahas artikel di bawah ini.

Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah

Panduan Beternak

Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung pemakan biji-bijian saja. Akan tetapi tidak tertutup kemungkinan jika burung ini juga memakan serangga di dalam habitat aslinya. Burung perkutut ini memiliki tubuh ramping, ekor panjang, bagian kepala abu-abu, leher dan bagian sisi bergaris halus, punggung coklat dengan tepi hitam.

Burung perkutut ini banyak di pelihara orang karena di mana burung ini di kenal sebagai burung yang mudah di rawar dan bisa menurut dengan pemiliknya. Untuk burung ini juga sangat mudah untuk di temukan, karena di toko burung mana saja pastinya menjual burung perkutut ini. Untuk harga burung perkutut ini tidaklah terlalu mahal, hanya dengan harga Rp. 35.000 saja kalian sudah dapat membeli burung pekurut ini.

Banyak sekarang mencoba untuk ternak burung perkutut ini, karena di mana permintaan pasar yang sangat banyak sehingga sangat banyak yang ingin ternak burung ini. Nah apakah kalian ingin mencoba untuk ternak burung perkutut ini? Jika kalian ingin mencoba untuk peliharanya langsung saja, berikut ini ada beberapa cara ternak burung perkutut yang bisa kalian coba di bawah ini :

Persiapakan Lokasi dan Kandang Ternak

Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah

Baca Juga : Jenis Jenis Ikan Hias Paling Banyak Di Minati

Sebelum beternak, maka kalian harus memilih lokasi terlebih dahulu untuk di jadikan sebagai lokasi kandang burung perkutut ini. Sebenarnya untuk memilih lokasinya sih cukup mudah, kalian hanya perlu memilih lokasi yang berdekatan dengan rumah kalian saja. Seperti di depan atau di samping rumah, asalkan lokasi tersebut aman bagi si burung dan tidak ada hewan predator yang mengancam kehidupan burung perkutut. Walaupun burung di kandang, namaun burung akan stres jika di gangguan terus dengan hewan predator.

Nah jika kalian sudah mendapatkan lokasi yang tepat untuk kandang, maka selanjutnya adalah pembuatan kandang burung perkutut. Untuk bentuk kandang burung perkutut kalian bisa membuat kandang yang berbentuk persegi petak, dan ingat kandang tersebut haruslah kandang panggung. Dalam kandang tersebut jangan lupa kalian berikan tengkrengan, tempat pakan dan minum, dan jangan lupa juga agar kandang kalian berikan sangkar yang akan di gunakan untuk tempat bertelur.

Mempersiapkan Indukan Burung Perkutut

Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah

Selanjutnya adalah pemilihan induk burung perkutut ini. Nah jika kalian ingin mendapatkan keturunan perkutut yang bagus nantinya, maka kalian haruslah memilih induk burung perkutut yang berkualitas. Nah jika kalian ingin cara memilih burung yang berkualitas langsung saja sebagai berikut :

  1. Kalian bisa memilih burung yang memiliki suara yang bagus.
  2. Setelah itu, kalian bisa mencari tau mengenai induk tersebut apakah berasal dari induk yang berkualitas atau tidak.
  3. Jangan pernah memilih burung yang memiliki cacat fisik.
  4. Jangan memilih indukan hasil tangkapan dari alam liar.

Nah apakah kalian sudha paham dengan jenis kelamin burung perkutut? Jika kalian masih belum mengerti kalian tidak perlu risau, karena kami akan memberikan ciri-ciri burung perkutut jantan dan betina, langsung saja sebagai berikut :

Ciri-Ciri Perkutut Jantan

  1. Memiliki raut wajah yang garang.
  2. Kulit mengelilingi mata terlihat tebal.
  3. Memiliki sorot mata yang tajam.
  4. Memiliki bulu ke abu-abuan di kepala.
  5. Ekor panjang
  6. Warna lebih terang
  7. Memiliki tubuh yang besar

Ciri-Ciri Perkutut Betina

  1. Memiliki raut wajah yang sayu.
  2. Kulit mengelilingi mata terlihat tipis.
  3. Memiliki sorotan mata yang layu.
  4. Berpostur tubuh kecil.
  5. Ekornya pendek,
  6. Berkepala pendek dan bundah.
  7. Tidak memiliki bulu yang terang.

Nah itulah di atas cara memilih burung perkutut untuk di jadikan induk dalam ternak kalian. Untuk pembelian burung kalian bisa membeli di toko burung atau langsung ke para peternak burung perkutut juga bisa. Dan di peternak kalian banyak mendapatkan induk perkutut ini.

Jenis Makanan dan Mengontrol Jumlah Makanan

Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah

Selanjutnya adalah pemberian pakan untuk burung perkutut yang kalian ternak. Ingat ternak bertujuan agar burung menjadi sehat dan pertumbuhan yang cepat, maka kalian haruslah memberikan pakan yang berkualitas. Dalam pemberian pakan, jangan lupa juga untuk memberikan pakan yang banyak mengandung protein, gizi, dan vitamin yang banyak agar burung juga bisa bertelur dengan cepat dan bagus.

Jika kalian ingin tau jenis pakan apa saja yang biasanya di berikan kepada burung perkutut, langsung saja yuk kita bahas makanannya di bawah ini :

  1. Milet putih atau merah
  2. Jewawut
  3. Ketan Hitam
  4. Kacang Hijau
  5. Beras Merah
  6. Ganah
  7. Sorgum
  8. Enceng-Enceng
  9. Kecur
  10. Minyak Ikan
  11. Godem
  12. Canary Seed
  13. Biji Sawi
  14. Tulang Sotong
  15. Gold Coin Pekutut Royal

Dalam pemberian pakan kalian bisa memberikan ketika stok pakan di dalam kandang sudah habis. Karena di dalam kandang tersebut jangan sampai kehabisan. Sementara untuk minum bisa kalian berikan air yang bersih jangan pernah memberikan air yang sudah tercemar.

Melakukan Perawatan Harian

Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah

Selanjutnya adalah perawatan yang bisa kalian lakukan setiap harinya. Melakukan perawatan haruslah di lakukan, karena jika kalian tidak merawat burung perkutut maka akan menyebabkan sakit dan akan mati. Dalam perawatan kalian harus lakukan agar burung bertumbuh dengan cepat juga. Nah jika kalian tidak tau perawatan apa saja yang harus di lakukan langsung saja sebagai berikut :

  1. Awalnya kita bisa ke kandang burung perkutut terlebih dahulu. Untuk kandang, kalian harus bersihkan setiap hari, karena setiap hari pastinya kandang akan kotor dan di penuhi oleh kotoran burung dan sisa makanan yang tidak di makan. Dalam pembersihan kalian bisa membersihkan pada pagi hari, dan sore hari.=
  2. Perhatikan kesehatan burung, kalian harus selalu melihat keaktifan burung tersebut. Jika burung tersebut tiba-tiba kelihatan lemas dan diam saja, maka kalian harus pisangkan dengan burung lainnya. Dan tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja kalian berikan obat dan perawatan terhadap burung tersebut.
  3. Selanjutnya dalah pembersihan tempat dan tempat minum, kalian harus memebersihkannya agar sisa makan yang tidak habis dapat di buang dengan semua. Dan untuk tempat minum harus kalian gosok, agar lumut yang ada di dalam bisa hilang.

Jika kalian merasa kurang dalam perawatan, maka kalian bisa lakukan terhadap ternak burung perkutut kalian. Sementara untuk perawatan yang kami berikan di atas harus kalian lakukan. Agar burung perkutut selalu sehat dan tidak mudah terserang oleh penyakit.

Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah

Itulah cara ternak burung perkutut yang bisa kalian coba di rumah. Bagaimana apakah kalian sudah ingin mencoba untuk ternak burung perkutut ini? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja mencoba ternak burung perkutut ini menggunakan cara ternak burung perkutut yang kami berikan di atas. Atau kalian juga bisa membaca Panduan Belajar Beternak yang membeikan informasi lainnya kepada kalian.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan Informasi Panduan Beternak kami yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Panduan Ternak itik Petelur Bagi Pemula 150x150

    Panduan Ternak Itik Petelur Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Jika kalian ingin mencoba untuk ternak itik petelur ini. berikut ini kami telah membuat. Panduan Ternak itik Petelur Bagi Pemula, tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja
  • Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar 150x150

    Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar

    Panduan Beternak - Dalam beternak hewan apapun pastinya perawatan haru kita perharikan seperti Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar. Jika kalian memiliki bisnis burung puyuh ini, berikut ini kami
  • Burung Murai Batu Paling Populer 150x150

    Jenis Burung Murai Batu Paling Populer

    Panduan Beternak - Jenis Burung Murai Batu Paling Populer di daerah rumah kalian bahwa di seluruh Indonesia pastinya akan terkenal. Namun hanya saja tidak ada yang mengetahui jenis burung murai batu
  • 3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan 150x150

    3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan

    Panduan Beternak - 3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan. Hallo semuanya, bagi kalian yang sedang ingin mencoba untuk pelihara hewan unggas. Namun masih bingung dengan jenis hewan apa yang ingin
  • Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah 150x150

    Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah

    Panduan Beternak - Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah. Bagi kalian pecinta burung kicau, apakah kalian tidak berminat untuk mencoba ternak burung perkutut di rumah? Perkutut ini juga memiliki suara