Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula

Panduan Beternak – Hallo para pecinta burung maniak. Jika kalian memiliki hobby ternak burung pleci, kami akan memberikan Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula. Jika kalian ingin mencoba untuk usaha ternak burung pleci ini, langsung saja yuk di simak artikel kami di bawah ini ya guys. Kami akan memberikan informasinya cara ternaknya kepada kalian, tanpa menunggu lama ya guys, langsung saja yuk.

Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula

Panduan Beternak

Burung pleci merupakan salah satu hewan unggas yang bertubuh kecil yang sangat lincah dan gesit. Burung pleci ini memiliki warna bagian atas badan kuning di bawah perut berwarna putih dan bagian ekor warna hitam. Nah paling unik dari burung pleci adalah bahwa burung pleci ini kacama mata di bagian matanya ya guys. Sebenanrnya bukan asli kacamata ya guys, tapi adalah lingkaran berwarna putih dan garis hitam yang menarik dari mata kanan ke kiri. Sehingga itu di sebut sebagai kacamata, dan burung pleci ini juga di sebut sebagai burung kaca mata ya guys.

Burung pleci ini juga memiliki suara yang sangat begitu kuat dan panjang sehingga banyak yang mencoba untuk pelihara burung ini ya guys. Bukan hanya itu saja, bahwa burung pleci ini juga di gunakan sebagai burung kontes ya guys, walaupun burung ini ukurannya kecil tapi rasanya cabe rawit ya guys hehe. Burung pleci bisa kalian dapatkan di toko burung ya guys, namun kalian harus beli karna tidak boleh mengambil begitu saja heheh.

Nah apakah kalian ingin mencoba untuk tenak burung pleci ini? Jika kalian ingin mencoba untuk ternak maka kami akan memberikan cara ternak kepada kalian ya guys cara ternaknya sangat mudah seperti ternak domba merino. Nah jika kalian ingin tau apa giman cara ternaknya langsung saja yuk di simak artikel kami di bawah ini :

Persiapkan Kandang Pleci

Nah jika kalian ingin mencoba untuk ternak burung pleci ini maka kalian bisa mempersiapkan kandangnya terlebih dahulu ya guys. Untuk kandang yang perlu kalian siapkan tidak perlu besar – besar kali ya guys, tidak seperti ternak burung murai atau burung kacer. Untuk kandang yang kalian perlu hanya perlu kandang kecil saja ya guys. Kalian juga bisa membuat kandang metode solitaire ya guys, karena kandang ini sangatlah cocok untuk ternak burung pleci ini.

Dalam kandang kalian juga harus mempersiapakan tempat minum dan makan ya guys. Dan jangan lupa juga kalian siapkan tempat tangkarangan untuk burung, karena burung merupakan jenis hewan yang suka bertengkreng ya guys. untuk tempat tengkreng kalian bisa menbuat menggunakan ranting katu ya guys. Agar burung merasa seperti di alam habitatnya yang asli, dan itu sangat bagus untuk ternak burung pleci ini. Nah sementara untuk sangkat jangan kalian lupakan guys, agar ketika tidak burung ingin betlur dan mereka tidak betelur sembarangan maka kalian bisa mempersiapkannya terlebih dahulu. Untuk sangkat kalian bisa membuat dari rumput yang sudah kering ya guys.

Pemilihan Indukan Pleci

Jika kandang kalian sudah selesai, maka masuk pada tahan pemilihan induk ya guys. Dalam pemilihan induk, pilihlah induk pleci yang berkualitas ya guys. Sebab ternak burung kita mengharapkan untuk mendapatkan hasil yang sangat bagus, agar memiliki harga  jual yang tinggi. Jadi agar mendapatkan anak bagus, maka kalian bisa memilih induk yang berkualitas ya guys. Jangan pernah kalian memilih burung yang sudah terserang virus, bakteri, dan terserang doping.

Untuk memilih induk kalian bisa memilih induk betina yang sudah berumur 1 tahun ya guys. Sebaiknya pilihlah yang jinak, fisik yang sehat, suaranya merdu, memiliki warna bulu yang cerah dan juga berasal dari induk yang berkualitas. Sementara untuk jantan kalian bisa memilih yang sudah berumur 1 tahun juga ya guys. Kalian bisa memilih burung yang memiliki sifat jinak, birahi stabil, paruh lurus, suara gacor.

Agar menghasilkan anak yang berkualitas, maka kalian bisa lebih memilih induk jantan dan betina yang satu spesies yang sama ya guys. Supaya lebih mudah dalam penangkarannya nanti.

Proses Penjodohan Burung Pleci

Setelah kalian mendapatkan indukan burung pleci, maka selanjutnya kalian bisa lakukan perjodohan burung pleci ya guys. Dalam perjodohan burung pleci ini sangatlah mudah dan cepat ya guys. Nah selanjutnya kalian bisa mencoba mengikuti langkah kami untuk perjodohan burung pleci ya guys. Untuk langkahnya sebagai berikut :

Pertama kali kalian lakukan adalah kalian bisa mendekatkan kedua induk selama satu hingga dua minggu ya guys. Ketika pendekatan  di lakukan maka kalian bisa memberikan burung pakan ya guys. Kalian bisa memberikan ulat hongkong, dan jangrik ya guys, setelah 5 hari maka kalian bisa pisahkan kedua sangkar ya guys agar bisa saling melihat satu dengan yang lainnya ya guys.

Namun dalam pemisahan kalian sampai pisahkan terlalu jauh ya guys, kalian bisa memisahkan beberapa meter saja agar merekeka bisa mendengar suara satu sama lain. Jika mereka sudah memiliki rasa maka mereka akan saut menyaut ya guys, sesuai dengan cara burung ya guys, jadi kita gak bakalan bisa tau guys hehehe. Setelah itu kalian bisa satukan kedua induk di satu kandang ya guys, agar perkawinan bisa di lakukan ya guys.

Pengeraman Telur Burung Pleci

Setelah burung sudah kawin maka selanjutnya induka betina akan menunjukan tanda – tanda bahwa dia sudah bisa bertelur ya guys. Dalam proses bertelur burung pleci ini akan membutuh waktu lebih kurang 2 minggu ya guys, dan biasanya burung akan menghasilkan 1 hingga 4 butir telur ya guys.

Akan tetapi satu hal yang harus kalian perhatikan ya guys. Apabila induk betina tidak mau mengerami telurnya maka kalian bisa segera mengambil tindakan memindahkan telur dengan menggunakan metode Inkubator. Jika pleci jantan di rasa mengganggu pleci betina saat mengeram. Mak kalian bisa memisahkan yang jantan ke sangkat lain ya guys.

Namun apabila kalian burung jantan tidak mengganggun betina sama sekali ketika saat betina sedang mengerami. Maka kalian bisa membiarkan jantan di kandang itu ya guys. Karena jika sudah menetas dan di hari ke 7 maka burung bisa bertelur kembali ya guys.

Perawatan Pleci Yang Sudah Menetas

Setelah burung pleci sudah berhasil menetas, maka kalian bisa siapkan beberapa pakan khusu ya guys. Dan kalian harus pastikan bahwa pakan yang kalian berikan tersebut banyak mengandung gizi, nutrisi, dan protein yang tinggi ya guys.  Jangan sampai kalian telat dalam memberikan pleci makan ya guys. Karena induk akan berpikiran bahwa makanan untuk ananknya sudah tidak tersedia lagi dan akhirnya sang induk akan membuang anaknya ya guys.

Ketika anak plesi baru menetas, maka kalian bisa selalu perhatikan ya guys. Karena di mana jika anak pleci baru menetas mulai dari hari tiu sampai 5 hari kedepan maka itu sangat berbahaya dan juga di sebut sebagai masa keritis. Namun setelah lewat dari 5 hari maka kalian sudah bisa memberikan anak pleci maka ya guys. Kalian bisa memberikan pakan seperti layaknya burung lainnya, dengan cara memberikan jangkrik yang di potong – potong dan pakan lainnya.

Nah jika kalian ngin agar burung pleci memiliki mental yang kuat maka ketika burung berumur 11 hari kalan sudah bisa memisahkan dari induknya ya guys. Namun kalian bisa memberikan perhatikan yang lebih lagi kepada anak burung yang sudah kalian pisah ya guys.

Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula

Gimana guys, apakah sudah paham dengan cara ternak burung pleci yang kami berikan di atas? Jika kalian sudah paham maka jangan menunggu terlalu lama lagi langsung saja coba untuk ternak burung pleci ini? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja coba ternak ya guys. Jika kalian ingin mencari informasi mengenai ternak lainnya, maka kalian bisa langsung cari informasinya juda di Panduan Belajar Beternak ya guys.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel panduan beternak kami yang membahas mengenai burung pleci ini. Jika kalian pecinta unggas atam kalian bisa simak artikel Ayam Termahal Di Indonesia Harganya Puluhan Juta Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Perawatan Budidaya Jangkrik Rumahan Yang Benar 150x150

    Perawatan Budidaya Jangkrik Rumahan Yang Benar

    Panduan Beternak - Selamat datang kembali artikel kami yang kali ini akan membahas mengenai Perawatan Budidaya Jangkrik Rumahan Yang Benar. Nah jika kalian ingin menapatkan informasi mengenai judul
  • Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula 150x150

    Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Hallo para pecinta burung maniak. Jika kalian memiliki hobby ternak burung pleci, kami akan memberikan Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula. Jika kalian ingin mencoba untuk usaha
  • Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar 150x150

    Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar

    Panduan Beternak  - Hallo guys, kami ingin membahas tentang Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar. Nah bagi kalian yang ingin mencoba untuk ternak domba texel namun masih belum paham dengan cara
  • Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar 150x150

    Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar

    Panduan Beternak - Untuk kalian para pemacu kuda, jika kalian ingin kuda kalian lebih sehat lagi. Berikut ini ada beberapa Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar. Jika kalian ingin mendapatkan perawatan
  • Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium 150x150

    Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium

    Panduan Beternak - Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium merupakan pembahas kami kali ini yang akan kami berikan kepada kalian yang berminat. Jika kalian memiliki akuarium di rumah, dan kalian