Cara Ternak Domba Merino Bagi Pemula

Panduan Beternak – Untuk kalian yang baru saja pemula dalam beternak domba merino. Berikut ini kami akan memberikan sedikit Cara Ternak Domba Merino Bagi Pemula kepada kalian. Jika kalian ingin tau bagaimana caranya, langsung saja kita bahas artikel yang kami buat di bawah ini.

Cara Ternak Domba Merino Bagi Pemula

Cara Ternak Domba Merino Bagi Pemula

Domba Merino merupakan jenis domba yang sangat unggul yang saat ini mulai di kenal dan di kembang oleh sebagian peternak domba di Indonesia Khusnya di pulau Jawa. Cara ternak domba merino ini sangatlah menguntungkan, karena yang di mana bulunya yang menjadi pengjasil bulu wool super. Untuk bulu merino biasa di gunakan oleh negara Australia dan beberapa nega di Eropa sebagai bulu wool yang di gunakan untuk kebutuhan bisnis fashion.

Domba merino sanga di kenal sebagai domba yang menghasilkan daging unggulan, dan itu sudah menjadi ciri khas dari domba merino ini. Untuk bobot domba merino bisanya sampai 100 kg, berat domba merino sangatlah unggul dari domba lokal yang andemik dari Indonesia. QDewi Login

Saat ini kambing merino di jadikan sebagai peternak komunitas utama yang untuk memenuhi kebutuhan permintaan daging yang meningkat. Bukan hanya itu saja, domab merino bisa di carai sebagai aqiqah, qurban catering, dan sebagai lainnya.

Nah apa kalian sangat tertarik dengan ternak domba merino ini? Jika kalian ingin mencoba untuk ternak domba merino berikut ini akan kami berikan cara ternaknya kepada kalian. Tanpa menunggu lama lagi langsung saja kita bahas artikel di bawah ini :

Lokasi Ternak Domba Merino

Cara Ternak Domba Merino Bagi Pemula

Untuk beternak domba merino ini hal pertama kalian harus mencari lokasi terlebih dahulu. Sebelum ternak di mulai maka cari lokasi kalian terlebih dahulu. Karena untuk ternak domba merino kalian harus memiliki lokasi yang cukup luas.

Untuk lokasi tidak perlu jauh dari rumah, karena domba ini jenisnya tidaklah sangat bau, kotorannya bisa kalian kumpulkan dan bisa kalian pindahkan atau di jadikan sebagai pupuk buatan untuk tumbuhan. Jadi pastikan lokasi kandang domba kalian terlebih dahulu sebelum ternak di mulai.

Pembuatan Kandang Domba

Cara Ternak Domba Merino Bagi Pemula

Untuk ternak domba merino ada 2 cara yaitu di gembala atau bisa di sebut di angon dan sistem di kandang saja. Namun jika kalian tidak ingin ternak cepat berkembang kalian bisa mengambil sistem angon yang akan membuat domba menjadi perkembangan.

Namun jika kalian ingin menggunakan sistem kandang, berikut ini kami akan memberikan beberapa sayarat membuar kandang. Langsung saja sebagai berikut :

  • Tipe Kandang Domba

  1. Untuk tipe kandang berbagai macam tipe kandang. Untuk tiper pertama adalah kandang kolono yaitu memiliki satu rungan yang di mana domba akan di huni oleh banyak domba. Untuk ruangan biasanya 1×3 meter bisa menampung hingga 10 ekor domba merino.
  2. Untuk tipe kandang kedua kandang tunggal, yang di mana setiap satu kandang memiliki perekor kandang. Ruangan biasanya di buat pas dengan badan domba, sehingga domba tidak bisa berbalik. Hanya bisa bergerak maju, mundur, rebah dan berdiri. Biasanya tipe kandang seperti ini cocok untuk usaha ternak domba penggemukan.

Perlengkapan Kandang Domba

Cara Ternak Domba Merino Bagi Pemula

Untuk perlengkapan kandang pastinya kalian sudah tau, apa saja perlengkapan yang harus di siapkan. Untuk perlengkapan kalian bisa memyediakan tempat makan dan tempat minum domba. Untuk tempat pakan kalian bisa membuat cukup lebar. Dan untuk tempat minum kalian bisa menyediakan dari ember plastik saja.

  • Struktur Kandang Domba 

  1. Struktur kandang harus kalian perhatikan juga, yang paling perlu di perhatikan adalah tiang-tiang yang akan menahan kandang dan domba. Agar kandang tahan sampai bertahun-tahun maka kalian bisa menggunakan tiang yang terbuar dari semen. Dan tiang terjamin lebih kuat untuk menopang kayu dan domba yang di atasnya. Untuk banyalan kalian bisa menggunakan kayu cukup besar yang kuat dan tahan lama.
  2. Untuk lantai kalian bisa membuat lantai menggunakan kayu yang cukup tebal, sebab agar kayu lebih kuat ketika terkena air kenjing dan kotoran domba yang merember.
  3. Untuk atap kandang, semua tergantung dari kondisi cuaca tempat tinggal kalian. Jika cuacanya dinginkalian bisa menggunakan seng atau asbes. Jika daerah panas maka kalian bisa menggunakan rumbia atau genteng untuk di jadikan atap.

Untuk kandang kami sarankan lebih kalian membuat memiliki beberapa sekat. Agar ketika ada domba sedang melahirkan bisa kalian pindahkan agar anak domba yang baru lahir tadinya tidak di injak oleh domba lainnya. Untuk satu sekat kalian bisa menaruh 2 induk domba yang melahirkan. Dan jangan lupa untuk setiap bandot di pisah karena jika di satukan akan terjadi kericuhan.

Bibit Domba Merino

Cara Ternak Domba Merino Bagi Pemula

Jika kalian sudah membbuat kandang maka selanjutnya adalah pemilihan bibit domba. Untuk memilih indukan domba kalian harus memiliki yang bener-bener bagus yang akan menjadi indukan dan penjantan nantinya. Namun jika kalian masih bingung dengan cara memilihnya berikut ini akan kami berikan kepada kalian. Langsung saja sebagai berikut :

  • Bibit Domba Betina

  1. Bentuh tubuh harus kompak, dada dalam dan lebar, untuk garis punggu dan pinggan harus lurus. Bulu lunak dan mengkilat, bertubuh besar tetapi tidak terlalu gemuk.
  2. Sifat Keindukan, untuk cara melihatnya kalian bisa melihat kambing jinak atau tidak. Jika jinak maka itu merupakan indukan yang bagus. Dan kalian bisa melihat dari sorotan matanya.
  3. Kenormalan Kaki, kaki lurus dan besar sehingga mampu menahan bobot badan yang akan menambah.
  4. Keadaan Gigi, jumlah gigi harus lengkap antara rahang atas dan rahang bawah.
  5. Keturunan, berasal dari keturunan kembar atau beranak kembar atau kelahiran tunggal tetapi berasal dari induk yang muda atau baru melahirkan 1 atau 2 kali.
  6. Ambing, untuk ambil tidaklah boleh terlalu menggantung, bentuk simetris, dan untuk jumlah puting harus 2 buah.
  • Bibit Domba Jantan

  1. Tanda Umum, berbadan besar, dada kebar, tubuh relatif panjang, bagian tubuh sebelah belakang lebih besar dan lebih tinggi tetapi tidak terlalu gemuk.
  2. Penampilan bersifat gagah, mencerminkan kemampuan menurunkan sifat yang baik pada anaknya.
  3. Aktif dalam kandang, ramah, dan siap mengawini induk yang birahi atau yang nafsu kawainnya besar.
  4. Keturunan yang berasal dari keturunan kembar.
  5. Umur kambing antara 1,5 sampai 3 tahu.

Jenis Pakan Domba

Cara Ternak Domba Merino Bagi Pemula

Dalam ternak domba merino kalian harus perhatikan makannya, karena sebelum kita sudah memberi tau bahwa domba merino merupakan domba yang menghasilkan daging paling banyak. Porsi makan domba merino melebihi porsi makanan domba lokal lainnya.

Namun jika kalian ingin mendapatkan domba yang memiliki daging super, berikut kalian bisa mencoba memberikan asupan makanan sebagai berikut :

  • Pakan Rumput Dan Daun
  1. Untuk pakan rumput ini pastinya sudah menjadi pakan utama yang akan di berikan kepada domba. Karena pada umumnya hewan berjenis ini pastinya akan memakan rumput. Jika kalian ingin memberikan pakan rumput kalian bisa memberikan seperti rumput gajah, rumpul benggala, rumput raja dan rumput lainnya yang bisa di makan.
  2. Namun untuk memiliki rumput kalian harus memilih rumput yang segar. Dan apabila ketika kalian menemui rumput yang sudah tidak segar lagi maka jangan di ambil mungkin rumput tersebut di racuni oleh pemilik kebun.
  • Pakan Biji – Bijian
  1. Bukan hanya memberikan rumput saja namun jika kalian ingin domba memiliki daging yang banyak. Kalian juga bisa memberikan biji-biji kepada domba. Contohnya, pete, kedelai, kacang panjang, biji-bijian lainnya. Kegunaan akan menambang giji pada domba.
  • Pakan Kosentrat
  1. Kegunaan pakan kosentrat ini akan membantu domba agar cepat bertumbuh dengan kebutuhan protein yang di butuhkan. pakan ini harus mengandung gizi yang tinggi juga. Sehingga pakan ini sangat mudah di cerna dan berserat rendah.
  2. Untuk mendapatkan pakan kosentrat kalian bisa mendapatkannya dari biji-bijian atau umbi-umbian. Atau kalian bisa mendapatkan juga limbah olahan dari hasil pertanian seperti kulit kedelai dan ampas tahu, pemberian pakan ini bisa kalian aduk dengan rumput atau di pisah juga bisa.

Untuk pemberian pakan domba kalian bisa memberikan sehari 3 kali seperti layaknya kita makan, seperti pagi, siang, malam. Untuk domba ketika melihat manusia akan berisik seakan meminta makan, nah di situ jangan sampai kita memberi makan karena akan membuat domba menjadi kebiasaan nantinya. Jadi kalian bisa memberikan domba makan apabila sudah pada waktu makannya saja.

Perawatan Sehari-Hari

Cara Ternak Domba Merino Bagi Pemula

Untuk perawatan domba pastinya tidak sangat sulit, asalkan kalian ingin merawat setiap hari. Kegunaan perawatan setiap hari agar domba terjaga terus kesehatannya dan tidak mudah terkena penyakit. Bagaiman untuk menjaga kesehatan domba-domba!! Langsung saja kita bahas artikel di bawah ini :

  1. Menjaga kebersihan kandang setiap hari, seperti setiap sore kalian bisa membersihakan kotoran domba. Kegunaa agar domba tidak mudah sakit.
  2. Memandikan domba harus kalian lakukan, demi kenyamana kambing kalian harus memandikan domba kalian. Agar bulu bersih dan akan sehat terus.
  3. Agar bulu domba menjadi bagus, maka kalian bisa memotong bulu domba jika kalian sudah melihat risih pada domba maka kalian bisa memotong bulu domba.
  4. Memotong kuku domba, jangan di bagis atas saja di lihat. Tapi kalian bisa perhatikan bagian bawa yaitu bagian kaki domba. Kalian bisa memotong kuku domba dengan pisau yang tajam.

Sangat mudahkan dalam memperhatikan kesehatan domba ini. Dan semua ada pada kalian lagi jika kalian lebih rajin memperhatikan domba maka hasil akan menjanjikan.

Cara Ternak Domba Merino Bagi Pemula

Bagimana apakah kalian sudah pahan dengan cara ternak domba merino yang kami berikan ini? Jika sudah maka jangan menungu lagi siapkan modal dan mental kalian untuk mencoba ternak domba merino ini. Dengan niat kalian akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan menjadi seorang peternak domba merino yang sukses.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Ternak Domba Merino Bagi Pemula. Sampai jumpa kembali di artikel panduan kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Cara Ternak Domba Merino Bagi Pemula

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula 150x150

    Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Hallo para pecinta burung maniak. Jika kalian memiliki hobby ternak burung pleci, kami akan memberikan Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula. Jika kalian ingin mencoba untuk usaha
  • Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar 150x150

    Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar

    Panduan Beternak  - Hallo guys, kami ingin membahas tentang Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar. Nah bagi kalian yang ingin mencoba untuk ternak domba texel namun masih belum paham dengan cara
  • Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar 150x150

    Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar

    Panduan Beternak - Untuk kalian para pemacu kuda, jika kalian ingin kuda kalian lebih sehat lagi. Berikut ini ada beberapa Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar. Jika kalian ingin mendapatkan perawatan
  • Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium 150x150

    Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium

    Panduan Beternak - Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium merupakan pembahas kami kali ini yang akan kami berikan kepada kalian yang berminat. Jika kalian memiliki akuarium di rumah, dan kalian
  • Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak-min 150x150

    Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

    Panduan Beternak - Bagi para penghoby atau para peternak apakah mengetahui mengenai Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak. Banyak para peternak dan penghoby yang memilih jenis kambingnya yang