Cara Ternak Kelinci Pedaging Dengan Mudah

Panduan Beternak – Kami hari ini telah membahas mengenai Cara Ternak Kelinci Pedaging Dengan Mudah. Jika kalian ingin mencoba untuk ternak kelinci kalian bisa membaca artikel yang telah kami buat di bawah ini. Langsung saja sebagai berikut. Informasi Game Online

Cara Ternak Kelinci Pedaging Dengan Mudah

Cara Ternak Kelinci Pedaging Dengan Mudah

Kelinci merupakan hewan mamalia dari famili Leporidae, yang di temukan di banyak bagian negara. Kelinci berkembangbiak dengan cara beranak yang di sebut sebagai vivipar. Kelinci dulunya di kenal sebagai hewan yang liat yang hidup di negara Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya pada tahun 1912, kelinci diklasifikasikan dalam orgo logomorpha.

Saat ini sejumlah jenis kelnci di jadikan sebagai hewan peliharaan dan hewan pedaging. Beberapa jenis kelinci sebagai hewan pedaging juga ada yang di jadikan hewan peliharaan. Jenis kelinci yang terbesar di dunia, yaitu Continental Giant biasanya jenis kelinci ini di jadikan sebagai hewan pedaging.

Sehingga banyak sekarang ingin ternak kelinci ini untuk di jual kepada peminat penjualan makana daging kelinci seperti sate yang sekarang terkenal sebagai sate daging kelinci.

Lokasi Kandang Kelinci

Cara Ternak Kelinci Pedaging Dengan Mudah

Sebelum kalian membuat kandang, maka kalian harus mempersiapkan lokasi untuk beternak kelinci ini. Untuk lokasi yang baik adalah di mana lokasi tersebut tidak mudah tergenang air ketika hujan deras, dan aman dari hewan buas.

Jika kalian hanya ingin mencoba beternak kecil-kecilan maka kalian bisa membuat di dekat daerah rumah kalian. Seperti di belakang rumah, dan sebalah rumah, asalkan menurut kalian lokasi tersebut sudah aman maka kalian bisa memiliki lokasi tersebut.

Pembuatan Kandang Kelinci

Cara Ternak Kelinci Pedaging Dengan Mudah

Jika sudah memiliki lokasi maka selanjutnya adalah pembuatan kandang untuk si kelinci. Untuk pembuatan kandang kalian harus lebih memastikan ukuran kelincinya terlebih dahulu. Karena ukuran sesuai dengan jumlah kelinci yang akan kalian ternak.

Untuk kandang kelinci memiliki beberapa macam tipe yang bisa kalian gunakan untuk beternak kelinci ini. Berikut ini beberapa tipe kandang kelinci sebagai berikut :

  • Kandang Kelinci Sistem Terbuka

    • Untuk kandang ini merupakan kandang yang terbuka yang dimana merupakan kandang yang luas . Kandang akan di pagar saja sekelingnya, dan kelinci tidak bisa keluar. Dan kalian bisa membuat beberapa rumah-rumah untuk kelinci berteduh.
    • Kelebihan kandang ini adalah kelinci akan dengan mudah untuk mencari makan dengan sendirinya.
    • Kelemahannya pertumbuhan akan lebih sulit karena kelinci akan bergerak terus.  Dan perkawinan kelinci akan memilih pasangannya sendiri.
  • Kandang Kelinci Sistem tertutup

    • Kandang ini sangatlah berbeda dengan kandang terbuka yang kita bahas di atas. Karena kandang akan di batasi dengan atap, lantai, dan dinding. Sehingga kelinci berada di dalam kandang terus dan tidak akan berkeliaran kemana-mana.
    • Keuntungan membuat kandang sistem ini adalah lebih menghemat lahan dengan lahannya lebih sempit. Karena kandang bisa di buat dengan bertingkat untuk menghemat lahan. Dan perkembangan kelinci akan lebih terkontrol dan pertumbuhan dagingnya lebih optimal.
    • Namun untuk pembuatan kandang lumayan mengeluarkan uangnya yang banyak, karena bahan kandang yang di butuhkan lumayan banyak juga. Cara Ternak Kelinci Pedaging
  • Kandang Kelinci Tertutup Tipe Baterai

    • Tipe kandang tertutup terbagi lagi menjadi kandang tipe baterai dan postal. Tipe baterai merupakan kandang uang bisa kalian gunakan untuk membesarkan kelinci pedaging. Biasanya ukuran yang di gunakan 60x40x40 cm. Namun ukurang akan kembali lagi kepada kalian, karena ukuran dan jenis kelinci yang kalian pelihara berbeda.
    • Untuk kandang ini bisa kalian buat seperti bertingkat yang menyerupai rak. Bahan bisa kalian buat dari bambuatau kayu. Yang pastinya bahan yang di gunakan cukup aman buat kelinci.
  • Kandang Tertutup Tipe Postal

    • Kandang postal merupakan kandang yang bisanya di gunakan untuka anak kelinci atau pun untuk proses perkawinan. Anak kelinci biasanya pada umur 8 minggu sudah bisa di sapi.
    • Untuk kandang kelinci ini bisa menampung lebih daru 2 ekor kelinci. Namun untuk kandang kelinci jangan terlalu luas yang akan membuat kelinci akan begerak terus dan akan menghabat pertumbuhan kelinci.

Pemilihan Bibit Kelinci Pedaging

Cara Ternak Kelinci Pedaging Dengan Mudah

Dalam pelihan bibit kelinci, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan terlebih dahulu. Kelinci memiliki jenis yaitu kelinci hias, dan kelinci pedaging. Jika kalian ingin mencari kelinci untuk di pelihara maka kalian bisa memiliki kelinci yang memiliki bulu yang indah. Namun sesuai pembahasan kita bahwa kita membahas kelinci pedaging maka akan kami berikan cara memiliki bibit yang bagus untuk di ternak sebagai berikut :

  • Bibit tidak cara fisik
  • Tidak nervous dan bulunya halus
  • Warna tidak kusam
  • Serta mata bersih dan terawat

Namun bagaimana untuk membesakan bibit yang kita pilih itu jantan atau betina? Jangan kwatir akan kami berikan caranya kepada kalian. Langsung saja sebagai berikut :

  • Kelinci Jantan
    • Untuk kelinci jantan memiliki tanda di bawah ekor dan tepat di atas anus terdapat tabung kecil tertutup bulu, itu merupakan alat kelami kelinci jantan.
    • Untuk masa produktif kelinci janatan yaitu sekitar umur 6-8 bulan. Postur tubuh kelinci jantan biasanya lebih kecil di banding kelinci betina. Kelinci jantan lebih aktif bergerak dan lebih akrab dengan manusia.
  • Kelinci Betina
    • Untuk kelinci betina hampir sama dengan kelinci jantan. Namun hanya berbeda kelinci betina memiliki gundukan dengan celah memanjang yang terdapat di bawah ekor tepat di atas anusnya, dan itu merupakan kelamin kelinci betina.
    • Kelinci betina memiliki postur tbuh lebih besar di bandinngkan dengan kelinci jantan. Masa produktif kelinci betina yaitu sekitar umur 4-6 bulan.

Makanan Berkualitas Untuk Kelinci Pedaging

Cara Ternak Kelinci Pedaging Dengan Mudah

Dalam beternak kelinci pedaging, agar menghasilkan daging yang banyak, pastinya semua akan di lihat dari pemberian pakan kepada si kelinci. Jika kalian ingin mendapatkan daging lebinci lebih banyak, kalian bisa memberikan pakan yang berkualitas kepada kelinci.

Seperti yang kita ketahui bahwa makanan kelinci seperti rumput segar, sayuran, pakah berupa biji-bijian dan pakan tambahan berupa konsetrat yang bisa di racik sendiri sesuai dengan yang di butuhkan. Pakan berupa biji mampu membuat stamina kelinci lebih aktif untuk berferak, Selain itu kasiat pakan biji -bijian juga bisa untuk membuat air susu kelinci lebih mampu mengalir dengan deras yang di butuhkan oleh induk betina kelinci.

Namun sebelum kalian memberikannya ada baiknya kalian haluskan biji-bijiannya terlebih dahulu agar lebih mudah di cerna. Untuk menghaluskannya kalian bisa giling atau blender atau tumberk menjadi halus. Bisa juga biji tersebut kalian rebus terlebih dahulu agar lebih memiliki tekstur lembut yang mana akan lebih mudah kelinci untuk memakannya.

Perawatan Sehari Kelinci Pedaging

Cara Ternak Kelinci Pedaging Dengan Mudah

Dalam perawatan kelinci, kalian harus perhatika kebersihan kandang kelinci. Agar kelinci tidak mudah sakit, maka kalian harus selalu menjaga kebersihan kandang. Hal ini harus kalian lakukan agar tidak ada bakteri dan kuman yang menempel pada tubuh kelinci. Karena jika bakteri dan kuman sudah menempel maka kelinci akan mudah terkena penyakit dan akan menyebabkan kematian pada kelinci kalian.

Untuk kandang kelinci bisa kalian bersihkan setiap hari dengan cara membuang seluruh kotoran, seperti sisa makan yang tidak habis. Dan kalian menjaga kebersihan ini juga demi kesehatan kalian, aga

Perawatan Kelinci Hamil

Cara Ternak Kelinci Pedaging Dengan Mudah

Ketika kelinci sudah  selesai pada proses perkawinannya, maka tidak lama lagi si kelinci betina akan masuk hamil. Namun kalian harus selalu perhatikan si kelinci ketika sudah kawin, karena tidak semua kelinci ketika hamil kelhatan fisiknya. Nah jika kalian ingin mengetahui apakah kelinci tersebut hami atau tidak, akan kami berikan sebagai berikut :

  • Kerika sudah satu minggu masuk fase kehamilan biasanya kelinci betina mengalami peningkatan porsi makan dan akan terus bertambah seiring waktu.
  • Kelinci akan kelihatan semakin agresif
  • Perus kelinci akan semakin besar, jika masih belum kelihatan secara fisik maka kalian bisa meraba perut si kelinci. Jika memiliki jendolan, bearti si kelinci sedang hamil.
  • Ketika memasuki 2-3 hari sebelum hari kelahiran, kelinci betina biasanya akan membuat sarang untuk melahirkan.

Ketika si kelinci sudah melahirkan maka hal ini sangat perlu kalian perhatikan. Karena kelinci ini ternasuk hewan yang kanibal yang akan memangsa anak-anaknya dengan sendiri. Jika kalian ingin agar anak kelinci tetap aman berikut ini akan kami jelaskan kepada kalian di bawah ini :

  • Kalian harus siapkan tempat yang nyaman untuk anak kelinci yang baru lahir, agar anak kelinci jauh dari dingin panas dan angin.
  • Kalian harus perhatikan induk kelinci agar tidak sampai kelaparan. Karena jika induk kelinci kelaparan maka si induk akan memangsa anaknya sendiri.
  • Apabila ketika induk melahirkan anak kelinci dengan jumlah yang banyak. Pastinya anak kelinci akan kekurangan susu, maka hal yang bisa kalian lakukan pindahkan sementara anak kelinci ke induk yang lain agar mendapatkan susu.

Panen Kelinci Pedaging

Cara Ternak Kelinci Pedaging Dengan Mudah

Ketika sudah cukup banyak dan sudah waktunya untuk panen kelinci pedaging ini, maka kalian harus sesuaikan dengan permintaan konsumen. Setiap permintaan ukuran konsumen pastinya berbeda beda. Jadi jika sudah waktunya panen kalian bisa menyiapkan kelinci sesuai dengan ukurannya.

Untuk panen bukan ketika sudah besar saja. Namun ketika konsumen sedang butuh kelinci maka para konsmen akan menyaperin ke peternak kalian untuk mengambil kelinci. Jadi untuk panen semuanya tergantung dari permintaan konsumen.

Cara Ternak Kelinci Pedaging Dengan Mudah

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan cara ternak kelinci pedaging yang kami berikan ini? Apakah kalian ingin mencoba usaha ternak kelinci ini? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja mencoba ternak kelinci ini menggunakan cara ternak kelinci pedaging yang kami berikan ini.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Free Chips Setiap Hari

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Ternak Kelinci Pedaging Dengan Mudah. Sampai jumpa kembali di Panduan kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Cara Beternak Ayam Kalkun Dengan Baik

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar 150x150

    Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar

    Panduan Beternak - Untuk kalian para pemacu kuda, jika kalian ingin kuda kalian lebih sehat lagi. Berikut ini ada beberapa Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar. Jika kalian ingin mendapatkan perawatan
  • Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium 150x150

    Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium

    Panduan Beternak - Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium merupakan pembahas kami kali ini yang akan kami berikan kepada kalian yang berminat. Jika kalian memiliki akuarium di rumah, dan kalian
  • Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak-min 150x150

    Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

    Panduan Beternak - Bagi para penghoby atau para peternak apakah mengetahui mengenai Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak. Banyak para peternak dan penghoby yang memilih jenis kambingnya yang
  • Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat 150x150

    Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat

    Panduan Beternak - Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat. Bagi kalian yang memiliki bisnis sapi lokal namun masih belum mengerti dengan cara penggemuaknnya. Nah kalian tidak perlu risau, karena
  • Tips Ternak Kelinci Perdaging Agar Cepat Gemuk 150x150

    Tips Ternak Kelinci Pedaging Agar Cepat Gemuk

    Panduan Beternak - Tips Ternak Kelinci Pedaging Agar Cepat Gemuk. Bagi kalian yang memiliki bisnis ternak kelinci pedaging ini, namun lama dalam perkembang proses penggemukan!! Nah kalian tidak perlu