Cara Ternak Sapi Perah Penghasil Susu

Panduan Beternak – Cara Ternak Sapi Perah Penghasil Susu. Hallo semua, bagi kalian yang ingin mendapatkan menghasilan yang sangat memuaskan dalam berbisnis sapi perah. Kami akan memberikan cara ternak sapi perah kalian kalian. Kami hanya ingin membantu kalian, agar bisa mendapatkan hasil susu yang lebih baik dan bagus sehingga banyak yang berminat. Langsung saja yuk kita bahas artikel yang telah kami buat di bawah ini.

Cara Ternak Sapi Perah Penghasil Susu

Panduan Beternak

Sapi perah merupakan salah satu hewan yang bisa menghasilkan susu yang di mana dapat di konsumsi oleh manusia. Dan sapi perah ini juga di kenal sebagai sapi yang akan menghasilakn susu. Dan susunya sangat di gemari karena memiliki umber gizi yang sangat tinggi dan merupakan gizi pertama dari susu sapi perah ini.

Namun agar mendapatkan hasil susu yang banyak dan berkualitas. Kalian harus mengerti dengan cara ternaknya karena di mana jika kalian tidak merawat sapi dengan bener maka yang ada susu yang di hasilkan tidak bisa setiap hari. Sehingga sudah tidak heran lagi jika dalam ternak sapi perah ini harus memerlukan teknik khusu dan yang sudah berpengalaman.

Baca Juga : Cara Merawat DOC Ayam Petelur Dengan Aman

Pada saat pemerahan susu amat berpengaruh dalam jumlah produksi susunya. Kalian harus memiliki jeda pemerahan karena jika kalian ambil susunya semua nanti bisa habis dalam sekejap. Apalagi kapasitas masing-masing sapi berbeda – beda dalam produksi susunya. Paling sikit biasanya 1 liter per hari, ada juga yang bisa menghasilakan hingga 2-3 lter perhari. Jadi jika kalian ingin melakukan pemerahan maka kalian bisa melakukan dikit semi sedikit.

Namun jika kalian yang baru saja ingin mencoba untuk ternak sapi perah ini, berikut ini ada beberapa cara ternak yang bisa kalian coba. Kami memberikan cara ini hanya ingin membantu kalian yang baru saja mencoba berbisnis susu sapi perah ini. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja yuk kita bahas artikel yang telah kami buat di bawah ini :

Persiapkan Lokasi Dan Kandang Sapi

Cara Ternak Sapi Perah Penghasil Susu

Sebelum pembuatan kandang di lakukan, maka kalian harus mempersiapakan lokasi terlebih dahulu. Karena lokasi merupakan salah satu awal dari ternak sapi perah ini. Dalam pemilihan lokasi kalian harus memilih yang memiliki dataran yang tinggi. Agar ketika banjir, kandang tidak akan tergenang oleh air. Jika kalian ingin ternak dengan jumlah sapi yang banyak, maka kalian bisa memiliki lokasi yang luas, sedangkan jika hanya ingin pelihara dengan beberapa ekor, maka kalian bisa pilih lokasi dekat sekitaran rumah saja. Seperti di belakang dan saping rumah.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Jika sudah mendapatkan lokasi, maka kalian sudah bisa membuat kandang. Dalam pembuatan kandang, kalian harus membuat yang kokoh. Agar kandang sapi tidak mudah roboh dan mudah hancur, sementara di dalam kandang kalian harus membuat beberapa tonggak dan beberapa tiang. Kegunaan dari tiang ini adalah untuk tempat mengikatan sapi di dalam kandang, agar sapi tidak ke dana kemari.

Sementara di dalam kandang, kalian harus membuat  tampat makan agar ketika sapi maka tidak berserakan. Untuk tempat makan sapi, kalian bisa membuatnya dari semen. Agar kalian bisa di gunakan sebagai tempat makan cair maupun kering.

Peralatan Sapi Perah

Cara Ternak Sapi Perah Penghasil Susu

Sementara itu dalam kadang juga harus beberapa peralatan yang bisa kalian gunakan jika di perlukan dalam kandang. Biasanya peralatan ini di gunakan sehari-sehari pada saat sedang membersihkan kandang maupun memandikan sapi. Jika kalian masih belum mengerti dengan peralatan yang di perlukan langsung saja sebagai berikut :

  1. Sapu, yang bisa kalian gunakan untuk membersihkan sampah yang ada di sekitar kandang.
  2. Sekop, ini bisa gunakan untuk mengutip sampah dan untuk mengutip kotoran sapi.
  3. Kereta Sorong,  bisa kalian gunakan untuk mengangkut sampah dan kotoran sapi.
  4. Garukan, ini bisa kalian gunakan sebagai alat menarik rumput yang sisaan.
  5. Sikat, bisa kalian gunakan untuk menyikat sapi ketika kalian sedang memandikan sapi.
  6. Selang, kalian gunakan untuk mendapatkan air lebih mudah ketika memandikan sapi, jika sapi yang jauh bisa di jangkau dengan air.

Alah di atas merupakan alat yang biasa di gunakan sehari-hari. Jadi jika kalian masih merasa kekurangan peralatannya kalian bisa mencoba menambahnya.

Menyiapkan Bibit Indukan Sapi Perah

Cara Ternak Sapi Perah Penghasil Susu

Jika sudah membuat kandang, maka selanjutnya adalah penyediakan induk sapi. Dalam penyediaan induk sapi, kalian harus memiliki indukan sapi yang berkualitas. Agar sapi ini bisa menghasilkan keturuanan yang lebih bagus, dan menghasilkan susu yang lebih banyak. Kalian bisa memiliki yang berasal dari induka yang besar, tinggi dan berkualitas. Sementara itu, kalian bisa memilihsapi yang memiliki kaki yang besar, agar sapi bisa menopang tubuhnya yang besar ketika sudah kalian ternak.

Sementar agar kalian mendapatkan anak sapi yang bagus, maka kalian bisa mengawinkan sapi dengan cara suntik. Agar kalian bisa menghasilkan anak sapi yang berkualitas.

Perawatan Sapi perah

Cara Ternak Sapi Perah Penghasil Susu

Selanjutnya adalah perawatan sapi. Agar sapi selalu tidak mudah sakit, maka kalian harus menjaga kesehatan sapi kalian. Nah jika kalian ingin tahu bagaimana cara perawatan sapi ini langsung saja yuk kita bahas perawatan sapi perah yang ada di bawah ini :

  • Memberi Pakan Berkualitas

Pakan adalah perawatan yang harus kalian lakukan sehari-hari. Jika kalian tidak memberikan sapi makan maka yang ada prosuksi susu akan menurun, dan akan menghambat pertumbuhan sapi. Kalian bisa memberikan sapi makan, makanan yang bisa mengandung asi sehingga sapi bisa menghasilkan susu. Seperti makanan rumput, makanan buatan atau bekas limbah pabrik seperti ampas tahu dan ampas kedelai.

  • Menjaga Kesehatan Sapi

Sementara untuk memeriksa keseharan sapi sangatlah penting, dan dalam ternak sapi hal ini harus kalian lakukan. Kalian harus melihat kondisi sapi seharinya jika pada saat sapi tersebut tidak seperti biasanya, maka sapi tersebut sedang mendapatkan kendala atau sakit. Nah hal yang harus kalian lakukan adalah kalian bisa memanggul dokter hewan atau ahli sapi perah ini untuk cek kondisi fisik dan mentalnya si sapi.

  • Menjaga Kebersihan Sapi dan Kandang

Sementara itu, pembersihan kandang harus kalian perhatikan juga. Karena jika kandang sedang kotor, maka itu akan mengundang bakteri dan kuman yang datang. Itu bisa menyebabkan sapi menjadi mudah sakit, dan akan bisa menyebabkan kamatian. Jadi kalian bisa membersihkan kandang sapi pada saat pagi hari, serta mandikan sapi kalian juga, agar sapi tidak kotor dan akan sehat terus.

Jadwal Memerah Susu Sapi dan Cara Pemerahan

Cara Ternak Sapi Perah Penghasil Susu

Selanjutnya adalah pemerasan susu, dalam beternak sapi perah ini, sangatlah menguntungkan karena di mana  dari sapi kalian bisa menghasilkan susu yang bisa kalian jual kepada mengonsumsi. Dalam pemerasan susu sapi, kalian harus selalu perhatikan dengan benar, karena jika kalian tidak tahu caranya maka yang ada susu sapi yang kalian peras tidak akan keluar.

Sementara itu untuk jadwal pemerasan susu sapi juga harus kalian perhatikan. jangan sampai kalian salah mengambil waktu untuk memerah susu sapi ini, karena akan menyebabkan sapi tidak adamemproduksi susu lagi. Jadi kalian harus memiliki jadwal dalam pemerasan susu sapi ini.

Pemasaran Susu Sapi Perah

Cara Ternak Sapi Perah Penghasil Susu

Dan terakhir adalah mengenai pemasaran susu sapi perah ini. Setiap orang pastinya suka mengonsumsi susu perah ini apalagi dia mengonsumsinya secara langsung. Sehingga protein dan vitamin yang ada pada susu sangatlah tinggi jadi sudah tidak heran jika susu sapi perah ini banyak yang minati.

Jika kalian ingin jalan lebih lancar lagi, maka kalian bisa mencoba untuk membuka sebuah cafe di mana sebagai penjualan susu sapi perah asli. Maka dengan cara tersebut akan banyak orang yang datang ke cafe kalian untuk membeli susu perah yang kalian jual.

Selain cafer, jika susu kalian merupakan susu yang berkualitas, maka akan banyak orang datang membelinya kepada kalian dan mereka akan menjual keliling. Atau kalian juga bisa menjualnya secara online, kalian bisa membuat sedikit promosi di setiap media sosial yang terdapat ramai orang.

Cara Ternak Sapi Perah Penghasil Susu

Bagaimana apakah kalian sudah tahu dengan cara ternak sapi perah penghasil susu yang kami berikan ini? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja mencoba ternak sapi perah. Dengan cara ternak sapi perah yang kami berikan atas, kalian sudah bisa menjadi seorang peternak sapi yang sukses.  Jika ingin mencari tahu lagi, maka kalian bisa membaca Panduan Belajar Beternak yang akan memberikan informasi beternak lainnya.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Ternak Sapi Perah Penghasil Susu. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan Informasi Panduan Beternak yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula 150x150

    Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Hallo para pecinta burung maniak. Jika kalian memiliki hobby ternak burung pleci, kami akan memberikan Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula. Jika kalian ingin mencoba untuk usaha
  • Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar 150x150

    Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar

    Panduan Beternak  - Hallo guys, kami ingin membahas tentang Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar. Nah bagi kalian yang ingin mencoba untuk ternak domba texel namun masih belum paham dengan cara
  • Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar 150x150

    Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar

    Panduan Beternak - Untuk kalian para pemacu kuda, jika kalian ingin kuda kalian lebih sehat lagi. Berikut ini ada beberapa Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar. Jika kalian ingin mendapatkan perawatan
  • Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium 150x150

    Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium

    Panduan Beternak - Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium merupakan pembahas kami kali ini yang akan kami berikan kepada kalian yang berminat. Jika kalian memiliki akuarium di rumah, dan kalian
  • Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak-min 150x150

    Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

    Panduan Beternak - Bagi para penghoby atau para peternak apakah mengetahui mengenai Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak. Banyak para peternak dan penghoby yang memilih jenis kambingnya yang