Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Pakan Burung

Panduan BeternakCara Ternak Ulat Hongkong Untuk Pakan Burung. Bagi kaian yang ingin mencoba untuk usaha ternak ulat hongkong, kami akan memberikan sedikit caranya kepada kalian agar kalian bisa ternak dengan mudah. Jika kalian ingin tahu bagaimana ternak ulat hong ini. Langsung saja tanpa menunggu terlalu lama lagim langsung saja kita bahas artikel di bawah ini.

Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Pakan Burung

Panduan Beternak

Ulat hongkong merupakan larva proses metamorfose dari kumbang kecil, yaitu dari telur – larva – kepompong – kumbang, dan larve itulah yang di sebut sebagai ulat hongkong. Di dalam tubuh ulat hongkong mempunyai kandungan protein yang sangatlah tinggi. Sehingga sudah tidak di hewankan lagi bahwa ulat hongkong ini di jadikan sebagai makanan burung, reptiile, ikan dan bisa juda bisa di jadikan sebagai pakan ternak kroto.

Semakin banyak sekarang yang pelihara burung kicau dan ikan hias seperti ikan arwana sehingga permintaan ulat hongkong ini juga sangatlah meninggkat dan terus meningkat. Jadi jika kalian ingin mencoba untuk usaha budidaya ulat hongkong ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk kalian. Karena di mana usaha ini tidak ada putus dan tidak akan merugikana kalian.

Baca Juga : Cara Budidaya Burung Parkit Bagi Pemula

Sangkin banyak permintaan ulat hongkong ini maka akan semakin naik juga harga ulat hongkong ini. Untuk harga ulat hongkong ini bisa sampai Rp.100.000 / kgnya. Nah banyangkan saja jika kalian dapat menghasilkan ulat hongkong sebanyak 10 kg maka kalian bisa mendapatkan penghasilan Rp. 1.000.000 dalam setiap panen. Apakah kalian tidak tertarik dengan penghasilan seperti itu.

Nah jika kalian ingin mencoba untuk ternak ulat hongkong ini, kalian bisa mencoba menggunakan cara ternak yang akan kami berikan di bawha ini, Langsung saja sebagai berikut :

Persiapkan Kandang dan Rak Ulat Hongkong

Cara Ternak Ulat Hongkong Pakan Burung

Dalam beternak ulang hongkong ini, kalian harus mempersiapana kandangnya terlebih dahulu. Untuk kandang ternak ulat hongkong sangatlah simpel. Karena kalian hanya perlu menggunakan bahan triplek atau kayu, dan bisa juga menggunakan kontainer plastik yang mudah di dapat.

Untuk kandangulat hongkong biasanya menggunakan ukuran 60 cm, lebar 40cm, dan tinggi 7cm. Sementara untuk pinggran triplek harus kalian lipisi lakban plastik sekelilignnya, tujuannya agar ulat tidak mudah keluar dari kandang tersebut.

Smeentara untuk tata letak kalian bisa membuat rak menggunakan rangka kayu untuk kandang ulat hongkong. Nah setelah rak selesai di buat, maka kalian bisa memasukan kandang tersebut ke dalam rak yang sudah kalian siapakan. Sementara untuk lokasi kalian bisa memilih lokasi sesuai dengan yang ingin kalian ternak berapa banyak maka kalian bisa memiliki lokasi sesuai.

Pemilihan Bibit Ulat Hongkong

Cara Ternak Ulat Hongkong Pakan Burung

Jika kalian sudah membuat kandang, maka selanjutnya adalah pemilihin bibit ulat hongkong. Kalian bisa memilih bibit yang bagusm agar mendapatkan hasil yang berkualitas. Bibit dapat di beli dari masih ulat atau yang sudah menjadi kumbang.

Jika kalian sudah membeli ulat, maka kalian bisa menaruk di wadah yang sudah kalian persiapkan. Maksimal dalam satu wadah kalian isi 2kg bibit, yang berukuran 2-3 cm dengan diameter 3-4 mm. Ulat yang berukuran tersebut akan berubah menjadi kepompong sekitar 7-10 hari secara bergantian.

Proses Perkembang Biakan Ulat Hongkong

Cara Ternak Ulat Hongkong Pakan Burung

Cara ulat hongkong berkembang adalah bertelur, telur akan bermentamorfose secara sempurna, sehingga menjadi kumbang dewasa. Nah dalam pengembiakan ulat hongkong ada 2 metode yang harus kalian perhatikan, apa saja metodenya langsung saja yuk bahas sebagai berikut :

  • Pemisahan Kepompong

Ulat yang sudah menjadi kepompong harus kalian pisahkan di tempat yang berbeda. Jika tidak di pisahkan takutnya ulat hongkong memakan kepompong tersebut. Sementara untuk kepompng yang harus kalian pisah yang harus berwarna putih kecoklatan. Saat pengambilan kepompong, kalian harus melakukan deposit pelan-pelan, jangan sampai keponpong luka, karena akan menyebabkan kematian atau busuk.

Sementara kepopong yang sudah kalian pisahkan tadi bisa kalian taruh secara merata di tempat yang sudah di lapisi koran. Nah sementara kepompong jangan sampai kalian tumpuk, dan atas jangan lupa di tutup dengan koran lagi. Sementara untuk kepongpong yang sudah di pisahkan akan mulai berubah menjadi serangga sayap putih (kumbang muda) proses tersebut akan berlangsung sekitar 10 hari.

  • Pemisahan kumbang

Setelah kepompong sudah berubah menjadi kumbang, maka kalian harus persiapkan lagi wadah baru dan alasnya di lapisi dengan kapas. Sementara kapas tersebut adalah sebagai tempat kumbang kawin dan bertelur. Setelah itu kalian bisa mengambil kumbang yang sayapnya sudah mulai berwarna itam mengkilap, dan tarih di wadah yang sudah di lapisi kapas. Setelah 7 hari kalian bisa memindahkan kumbang ke tempat yang baru lagi yang sudah di lapisi kapas.

Sementara wadah yang sudah tidak ada kumbang adalah berisi telur kumbang, yang akan menetas sekitar 10 hari dan menjadi larva kecil. Dan larva inilah yang di sebut sebagai ulat hongkong, sementara pada saat ulat sudah berumur 30 hari maka kalian bisa pindahkan ke wadah pembesaran ulat hongkong.

Perawatan Pemberian pakan

Cara Ternak Ulat Hongkong Pakan Burung

Nah untuk pertumbuhan ulat hongkong, maka semua akan di lihat kembali dari cara pemberian pakan. Agar ulat hongkong bisa kalian panen dengan cepat, maka kaian harus memberikan ulat hongkong makan makanan yang berkualitas. Seperti yang kita ketahui bahwa yang namanya ulat, makana apa saja akan di makan, namun untuk ulat yang di ternak harus kalian berikan pakan yang berkulatias, agar mendapatkan ulat yang bagus.

Biasanya pakan yang di berikan kepada ulat hongkong adalah ampas tahu, bekatul, serta sayuran hijau, seperti daun selada, labu dan apel. Dalam pemberikan ampas tahu atau begatul, maka kalian harus memberikan dengan cara di gumpal. Jangan sampai menimpa ulat, karena akan menyebabkan kematian pada ulat. Sementara dalam pemberikan pakan kalian harus memberikan secara bergantian, agar asupan nutrisi dapat di penuhi oleh ulat.

Untuk memberikan pakan yang baru, kalian harus perhatikan kembali bahwa pakan yang kalian berikan sebelumnya harus sudah benar-benar habis, bari bisa kalian berikan pakan yang baru. Sementara untuk ulat yang baru menetas kalian bisa memberikan pakan dari tepung tulang sotong atau voer. Yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhannya.

Pemasaran Ulat Hongkong

Cara Ternak Ulat Hongkong Pakan Burung

Jika sudah melewati perawatan yang lainnya, maka akan masuk pada masa pemanenan. Pada saat panen kalian bisa menjualnya kepada toko peternakan yang menjual pakan burung atau pakan hewan lainnya. Atau kalian juga bisa menjualnya ke para peternak burung berkicau langsung, pasti mereka akan menampung ulat hongkong yang kalian ternak. Apalagi ulat yang kalian ternak memiliki kualitas yang besar dan bagus, pastinya para konsumen tidak akan menolak untuk menerima ulat dari kalian.

Semenatara itu jika kaian ingin mendapatkan penghasilan juga, maka kalian juga bisa menjual secara ecer, jadi jika di rumah kalian ada yang pelihara burung kicau, maka kalian bisa menjualnya kepada kalian. Dengan begitu kalian akan mendapatkan penghasilan sampingan juga.

Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Pakan Burung

Itulah beberapa cara ternak ulat hongkong dari kami yang bisa kalian coba. Bagaimana apakah kalian sudah ingin mencoba untuk ternak ulat hongkong ini? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja mencoba untuk ternak ulat hongkong ini menggunakan cara ternak yang kami berikan di atas. Jika kalian ingin mencati informasi lainnya kalian bisa membaca Panduan Belajar Beternak.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Pakan Burung. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan Informasi Panduan Beternak lainnya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar 150x150

    Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar

    Panduan Beternak - Untuk kalian para pemacu kuda, jika kalian ingin kuda kalian lebih sehat lagi. Berikut ini ada beberapa Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar. Jika kalian ingin mendapatkan perawatan
  • Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium 150x150

    Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium

    Panduan Beternak - Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium merupakan pembahas kami kali ini yang akan kami berikan kepada kalian yang berminat. Jika kalian memiliki akuarium di rumah, dan kalian
  • Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak-min 150x150

    Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

    Panduan Beternak - Bagi para penghoby atau para peternak apakah mengetahui mengenai Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak. Banyak para peternak dan penghoby yang memilih jenis kambingnya yang
  • Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat 150x150

    Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat

    Panduan Beternak - Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat. Bagi kalian yang memiliki bisnis sapi lokal namun masih belum mengerti dengan cara penggemuaknnya. Nah kalian tidak perlu risau, karena
  • Tips Ternak Kelinci Perdaging Agar Cepat Gemuk 150x150

    Tips Ternak Kelinci Pedaging Agar Cepat Gemuk

    Panduan Beternak - Tips Ternak Kelinci Pedaging Agar Cepat Gemuk. Bagi kalian yang memiliki bisnis ternak kelinci pedaging ini, namun lama dalam perkembang proses penggemukan!! Nah kalian tidak perlu