Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

Panduan Beternak – Bagi para penghoby atau para peternak apakah mengetahui mengenai Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak. Banyak para peternak dan penghoby yang memilih jenis kambingnya yang berbeda – beda pastinya. Nah bagi kalian yang ingin ternak kambing namun masih bingung dengan jenis kambing apa saja yang ingin di ternak langsung saja sebagai berikut.

Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

Panduan Beternak

Kambing merupakan salah satu jenis hewan yang saat ini sangat banyak di gemari oleh para peternak. Karena di mana jenis hewan ini sangat mudah dalam pemeliharaan, perawatan, dan mudah di jual belikan. Dan masa berkembang kambing ini jugalah sangat cepat.

Dalam 2 tahun kambing akan menlahirkan sebanyak 3 kali. Dalam sekali melahirkan kambing bisa menghasilkan 1 sampai 3 ekor anak kambing. Bahkan ada juga yang menghasilkan sampai 4 ekor anak kambing, dan semua itu kembali lagi pada ukuran indukan yang kalian miliki. Dalam pembahan ternak kambing ini sangatlah mudah seperti Ternak Domba Garut.

Tapi lebih di sarankan anak kambing hanya 2 saja karena jika lebih dari 3 maka sangatlah sulit untuk pemberian susu induk terhadap anaknya. Puting kambing hanya ada dua buah saja, sehingga jika anak kambing lebih dari 2 maka kalian harus membantu anak kambing tersebut ketika ingin susu.

Kalian bayangkan saja lur kalian memiliki 5 ekor induk kambing dalam keadaan hamil. Dan setiap kambing bisa menghasilkan 2 ekor anak. Maka jika melahirkan kalian akan mendapatkan 10 ekor anak kambing. Sudah berapa banyak keuntungan yang bisa kalian dapatkan dalam Ternak Kambing ini.

Nah apakah kalian berminat untuk pelihara kambing? Jika kalian ingin mencoba untuk pelihara kambing berikut ini ada beberapa jenis murai baru jenis kambing yang biasa di jadikan sebagai hewan ternak. Apa saja jenisnya langsung saja yuk kita simak sebagai berikut :

Kambing Kacang

Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

Kambing Kacang merupakan salah satu kambing berasal dari Indonesia yang asli di kembangkan. kambing kacang ini merupakan kambing lokal yang berasal dari Indonesia ya guys. Kambing lokal ini memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat kerika beradaptasi terhadap kondisi alam yang di tempatkan mereka. Sementara daging kambing kacang ini juga sangat banyak di butuhkan oleh para konsumen atau pasar. Yang di mana daging kambing ini di jual untuk di konsumsi oleh manusia.

Ada juga beberapa ciri-ciri kambing kacang seperti berikut :

  • Memiliki bentuk tubuh yang kecil dengan kepala yang kecil.
  • Memiliki telinga yang tegak, berbulu, lurus dan pendek.
  • Memiliki warna bulu tunggal putih, hitam, coklat atau biasa tiga warna jadi satu.
  • Memiliki tanduk yang pendek jantan maupun berina.
  • Berat badan jantan biasa 30 kg, dan betina 25 kg.
  • Memiliki bulu yang sangat pendek dan rapi.
  • Memiliki ekor yang pendek dan jenggot pada jantan.

Kambing Jamnapari

Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

Kambing jamnapari atau biasa di sebut dengan kambing ettawa ini merupakan kambing penghasil susu yang berasal dari daerah India. Namun kambing etawa ini juga sudah di kembang di negara Indonesia, dan sudah di jadikan sebagai kambing penghasil susu juga ya guys.

Adapun ciri-ciri kambing etawa ini sebagai berikut :

  • Memiliki tubuh yang tinggi, jantan 90cm-127cm, sedangkan betina mencapai 92cm.
  • Berat badang kambing jantan sampai 91 kg, dan betina hanya mencapai 63 kg.
  • Memiliki telingan yang panjang dan lemas kebawah.
  • Dahi dan hidungnya cembung.
  • Kambing jantan maupun bertina memiliki tanduk yang pendek.
  • Mampu menghasilkan susu hingga tiga liter/ hari.

Kambing Jawarandu

Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

Kambing jawarandu memiliki nama lain yaitu bligon, gumbolo, koplo, dan kacukan. Kambing jawarandu ini merupakan kambing yang berasal dari persilangan antara kambing PE atau peranakan Etawa dengan kambing kacang. Namun sifat berdominan ke kambing kacang, dan kambing jawarandu ini juga di gunakan sebagai kambing penghasil susu. Dan dalam satu hari kambing ini bisa menghasilkan susu sebanyak 1,5 liter.

Adapaun Ciri-Ciri Kambing Jawarandu sebagai berikut :

  • Memiliki tubuh yang kecil dari kambing Etawa.
  • Bobot jantan lebih dari 40 kg, sedangkan betina mencapai 40 kg.
  • memiliki telinga yang lebar, terbuka, panjang dan terkulai.
  • Kambing jantan dan betina merupakan tipe pedaging dan penghasil susu untuk betina.

Kambing Boer

Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

Kambng boer merupakan kambing yang berasal dari Afrika Selatan dan telah menjadi registrasi selama lebih dari 65 tahun. Kambing boer ini juga di gunakan sebagai kambing pedaging yang sesunggushnya karena pertumbuhan kambing ini sangatlah cepat.

Kambing ini memiliki berat 35-45 kg pada pertumbuhan  perhati antara 0.02-0.04 kg. Keragaman ini tergantung pada banyaknya susu dari induk dan rasukan pakan yang di berikan. Kambing ini memiliki tubuh yang sangat besar berbeda dengan jenis kambing lainnya. Dan biasa kambing jantan memiliki tubuh yang berotot.

Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

Gimana sudah tau jenis kambing yang banyak di ternak oleh para peternak dan penghoby? Apakah kalian sudah ingin mencobanya? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja coba guys. Jika masih bingung dengan cara ternaknya kalian bisa mencari informasi di Panduan Belajar Beternak yang memiliki informasi tentang ternak kambing ini.

Di sini dulu perjumpaan kita kali ini di Panduan Beternak kami yang berjudul Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak. Sampai jumpa kembali ya guys di artikel kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membawa artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula 150x150

    Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Hallo para pecinta burung maniak. Jika kalian memiliki hobby ternak burung pleci, kami akan memberikan Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula. Jika kalian ingin mencoba untuk usaha
  • Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar 150x150

    Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar

    Panduan Beternak  - Hallo guys, kami ingin membahas tentang Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar. Nah bagi kalian yang ingin mencoba untuk ternak domba texel namun masih belum paham dengan cara
  • Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar 150x150

    Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar

    Panduan Beternak - Untuk kalian para pemacu kuda, jika kalian ingin kuda kalian lebih sehat lagi. Berikut ini ada beberapa Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar. Jika kalian ingin mendapatkan perawatan
  • Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium 150x150

    Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium

    Panduan Beternak - Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium merupakan pembahas kami kali ini yang akan kami berikan kepada kalian yang berminat. Jika kalian memiliki akuarium di rumah, dan kalian
  • Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak-min 150x150

    Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

    Panduan Beternak - Bagi para penghoby atau para peternak apakah mengetahui mengenai Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak. Banyak para peternak dan penghoby yang memilih jenis kambingnya yang