Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinya

Panduan Beternak –  Hallo guys berjumpa bersama kami kali lagi yang hari ini membahas mengenai Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinnya. Nah jika kalian merupakan para peternak dan ingin mengetahui penyakit apa saja yang ada pada ikan lele dan bagaimana cara pengombatannya. Kalian bisa simak artikel yang kami buat di bawah ini ya guys, karena kami akan memberikan informasinya kepada kalian ya guys. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja yuk di simak artikel di bawah ini ya guys.

Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinya

Panduan Beternak

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang sangat terkenal. Mengapa kami bilang sangat terkenal karena di mana ikan ini pastinya selalu dapat di temui di daerah mana – mana saja. Dan ikan ini juga merupakan salah ikan yang bisa di konsumsi oleh manusia ya guys. Memiliki daging yang lejat dan duri yang gampang di lihat sehingga ikan ini di jadikan lauk di setiap rumah makan apapun dan di mana paun.

Ikan lele ini bisa di konsumsi dengan cara di goreng, di bakar di sambel. Di masak apa saja ikan lele ini juga tetap enak ya guys, karena dagingnya yang begitu lembut dan nikmat. Nah sekarang ini banyak masyarakat yang budidaya ikan lele ini karena di mana budidaya ikan lele ini sangatlah mudah dan praktis ya guys. Sama seperti ternak domba merino yang sangat mudah jika kita memang benar – benar berminat untuk melaksakannya.

Nah kehadiran kita kali ini kami ingin memberi tahu kalian yang memiliki usaha budidaya ikan lele ini. Kami ingin memberikan informasi mengenai jenis ikan lele dan cara pengobatannya.  Agar ketika ikan lele sedang terkena penyakit maka kalian akan mengetahui jenis penyakit apa yang di alami dan gimana cara pengobatannya. Nah apakah kalian sudah penasaran dengan apa yang kami bahas..? Jika sudah maka langsung saja simak artikel di bawah ini ya guys :

Jamur lele

Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinya

Penyakit yang ada pada lele yang pertama adalah penyakit jamur ya guys. Penyakit jamur ini paling sering di dapatkan di tubuh ikan ya guys. Jamur tidak akan menyerang lele yang sedang dalam keadaan sehat ya guys, namun sebaliknya jamur akan menyerang lele yang sedang sakit atau terluka dan sedang dalam kondisi lemah ya guys.

Biasa jamur akan menyerang di bagian kepala atau tutup insang pada di bagian tubuh lainnya. Gejala yang menyebabkan jamur adalah ikan di penuhi benang yang sangat halus seperti kapas di bagian daerah yang luka atau ikan sudah tidak lagi agresif ya guys. Nah jika kalian sudah mendapatkan ikan seperti itu maka kalian bisa pisahkan dengan ikan yang lainnya ya guys.

Untuk pengobatannya kalian bisa mencoba menggunakan cara di bawah ini :

Bahan-bahan :

  1. Garam dapur 1 kg per 25 m2
  2. 5 liter air bersih
  3. 1 botol cuka

Setelah itu kalian bisa mengaduk semua bahan menjadi satu campuran ya guys. Setelah itu kalian bisa masukan ke dalam kolam yang kalian siapkan ya guys. Dan itu nantinya akan mengobati ikan yang terserang jamur. Selain itu kalian busa bisa gunakan ramuan ini untuk jenis ikan lainnya ya guys.

Lele Bintik Putih

Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinya

Selanjutnya adalah penyakit bintik putih atau biasa di sebut seperti Ichthyophthirius multifiliis. Ini adalah penyakit yang umum di derita oleh ikan air tawar ya guys. Biasanya penyebab ikan ini adalah protozoa Ichthyopthirius yang muncul pada kolam ikan yang sudah lama tergenang air. Biasa ikan lele yang terkena serangan bintik putih akan menyerang kulit dan insang serta mengeluarkan lende yang di sebabkan oleh iritasi ya guys.

Jika kalian sudah melihat ikan terserang penyakit ini maka kalian bisa perbaiki kondisi kolam ya guys. Setelah itu kalian bisa taburkan garam dapur ke kolam selama 2-3 kali sehari secara berturut ya guys. Dan apabila kalian mendapatkan ikan yang mati atau skait, maka kalian bisa pisahkan ke kolam yang lain ya guys. Karena itu sangat berbahaya dan bisa membuat ikan yang lainnya juga tertular.

Penyakit cacar pada ikan lele

Selanjutnya adalah penyakit cacar. Penyakit ini muncul borok pada badan ikan kemudian rusaknya hati, limpa, da daging pada ikan ya guys. Penyebab dari penyakit cacar ini adalah di sebabkan oleh bakteri Aeromonas dan Pseudomonas.

Cara pengobati cacar pada ikan air tawar ini adalah kalian bisa menggunakan dauh pepaya ya guys. Daun pepaya nanti bisa kalian tumbuk, buah mengkudu kalian potong – potong namun buah harus dalam keadaan masak ya guys dan jangan lupa dengan garam ya guys. Setelah semua bahan sudah di sediakan, maka kalian bisa menaburkan ke dalam kolam ikan ya guys. Selain itu kalian juga bisa menggunakan daun sirih dan juga bawang putih yang di blender ya guys.

Penyakit Parasit Ikan Lele

Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinya

Penyakit selanjutnya adalah penyakit parasit lele ya guys. Nah jika parasit sudah tidak usah di hernakan lagi ya guys pastinya kalian sudah tau lah ya guys bahwa penyakit yang ada pada ikan banyak di serang penyakit parasit ini. Parasit ini bisa menyebabkan ikan jadi kurang nafsu makan serta sering muncul di permukaan air ya guys. Parasit akan merusak insang dan kulit ikan, sehingga membuat pernapasan ikan jadi terganggu, keluarnya lendir dan warna ikan akan menjadi pucat.

Untuk mengatasi ikan yang terserang cacing pipih bisa di lakukan dengan cara mengganti air dalam jumlah yang besar. Setelah itu kalian bisa menaburkan garam halus ke dalam kolam ya guys. Atau kalian juga bisa masukan ikan yang sakit ke larutan kalium permanganate (PK) konsentrasi 0,01% selama 30 emnit ya guys.

Unuk mengobati kali juga bisa menggunakan buah mengkudu yang mateng ya guys. Caranya kalian bisa remas – remas buah mengkudu setelah itu bisa lemparkan buah ke dalam kolam ya guys. Biarkan beberapa saat sampai buah mengkudu tersebut menyatu dengan air kolam. Setelah itu kalian tunggu khasiatnya beberapa jam sampai ikan kalian beneran sembuh ya guys.

Lele Kembung

Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinya.

Penyakit selanjutnya adalah perut ikan mengalami kembung atau membesar. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang bisa menghambat pertumbuhan pada ikan lele yang kalian ternak ya guys. Jika perut ikan gembung maka ikan akan mengambang berdiri, serta geraknya yang lamban ya guys.

Penyebabkan perut ikan menjadi gembung adalah di sebabkan karena daya tubuh dari ikannya telah menurun dan bersamaan dengan datagnnya penyakit yang menyerang tubuh ikan. Dan kondisi ii juga di sebabkan karena kondisi air dengan PH yang sudah tidak stabil, pemberian pakan yang tidak di bibis terlebih dahulu, dan meledaknya amonuiak di dasar kolam ikan.

Dalam pengobatan ikan ikan gembung sebenanrnya sangat mudah ya guys. Kalian bisa mencoba dengan cara yang kami berikan di bawah ini :

  1. Kalian bisa memisahkan ikan yang sakit dengan yang sehat ya guys.
  2. Setalah itu kalian bisa alirkan air secara terus menerus sampai volume 80%
  3. Tambahkan 1 sebdij teh garam per 1 galon air kolam ya guys.
  4. Untuk pakan kalian bisa berikan lele sedikit saja ya guys.
  5. Berikan antibiotik ke dalam kolam ikan lele.

Untuk bahan di atas kalian bisa lakukan terhadap ikan lele yang kecil maupun yang besar ya guys. Walaupun ikan tidak terkena penyakit gembung maka kalian harus menjaganya ya guys. Lebih baik mencegah dari pada mengobati ya guys ingat itu heheheh.

Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinya

Gimana apakah kalian sudah paham dengan penyakit yang sering di alami oleh ikan lele ini. Kalian tidak perlu risau lagi jika kalian suah baca artikel ini maka kalian sudah mengetahuinya penyebab dan kalian juga bisa mengabtinya hingga sembuh ya guys. Sekarang ini kalian sudah bisa memiliki usaha bisnis ikan lele ini dengan benar ya guys.

Nah jika kaian ingin mencari informasi yang lain kalian juga bisa langsung mengunjungi Panduan Belajar Beternak ya guys. Yang akan memberikan kalian informasi juga mengenai beternak hewan ya guys. Langsung saja kalian coba untuk mencari informasinya ya guys.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel judi kami yang membahas mengenai jenis penyakit ikan lele ini. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan judul dan Tips beternak yang berbeda pastinya. Jangan lupa untuk simak artikel kami yang berjudul Cara Pelihara Marmut Anggora Untuk Para Pemula Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih ya guys.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinya 150x150

    Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinya

    Panduan Beternak -  Hallo guys berjumpa bersama kami kali lagi yang hari ini membahas mengenai Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinnya. Nah jika kalian merupakan para peternak dan ingin
  • Tips Memilih Ikan Louhan Untuk Di Pelihara 150x150

    Tips Memilih Ikan Louhan Untuk Di Pelihara

    Panduan Beternak - Hai guys, kami ingin memberkikan sedikit Tips Memilih Ikan Louhan kepada kalian agar kalian bisa mendapatkan ikan yang bagus untuk di pelihar. Bagi kalian yang sedang kesulitan
  • Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula 150x150

    Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula adalah pembahas kita kali ini. Jika kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan nilem. Kalian bisa simak artikel kami di bawah ini, karna kami
  • 5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia 150x150

    5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia

    Panduan Beternak - 5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia. Hallo para pecinta hewean peliharaan atau bagi kalian yang senang budidaya ikan. Nah jika kalian senang pelihara ikan berikut ini ada
  • Cara Budidaya Ikan Baung Yang Sangat Menguntungkan 150x150

    Cara Budidaya Ikan Baung Sangat Menguntungkan

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Baung Yang Sangat Menguntungkan pastinya sangatlah di gemari oleh para pembudidaya ikan baung ini. Nah apakah kalian juga ingin menjadi seorang yang sukses dalam