Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

Panduan Beternak – Hallo semuanya berjumpaan kita kali iini kami ingin membahas mengenai Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula. Jika kalian ingin mendapatkan keuntungan dalam beternak bebek , kali ini kami akan membantu dengan memberikan panduan beternaknya kepada kalian. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja kita bahas artikel di bawah ini.

Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

Bebek atau itik merupakan nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili anatidae. Bebek umumnya adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil di bandingkan kerabatnya seperti angsa. Bebek kadang-kadang di samakan dengan beberapa burung air yang berhubungan jauh namun mirip dalam penampilan, misalnya loon, grebe, gallinule, dan coot.

Beberapa jenis bebek juga dapat melakukan perkawainan silang, namun menghasilkan, keturunan yang steril dan tidak bisa memiliki keturunan. Seperti persilangan antara serati dan bebek pelari dapat menghasilakan keturunan steril, brati dan tiktok. QDewi Login

Jenis hewan ini memakan makanan yang bervariasai, seperti rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing, dan moluska kecil. Boasanya bebek akan penyelam dan bebek laut mencari maka di ke dalam air, untuk memudakan bebek menyelam kedua jenis bebek tersebut memiliki massa yang lebih besar sehingga mereka lebih sulit untuk terbang.

Untuk Beternak Bebek ini sangatlah banyak peminat, karena permintaan restoran yang sangat banyak permintaan sehingga beternak bebek ini sangat banyak di minati. Selain permintan rumah maka yang semakin tinggi, tingkat kosumsi masyarakat juga semakin tinggi. Hal ini sangat – sangat untung bagi yang ingin panduan beternak bebek.

Dalam panduan beternak bebek kalian harus tau bahwa dalam beternak unggas satu ini kalian akan mendapatkan keuntungan pada Telur Bebek yang setiap hari akan menghasil 1 butir perekor bebek. Sementara untuk daging bebek juga bisa kalian jual apabila bebek tersebut sudah tidak produktif lagi.

Namun jika kalian ingin mencoba untuk usaha bebek berikut ini kami akan memberikan sedikit panduanya kepada kalian agar usaha bebek kalian ini akan menjadi sukses dan berkembang. Tanpa menunggu lama lagi langsung saja kita bahas artikel di bawah ini :

Jenis Bebek Yang Di Ternak

Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

 

Sebelum kalian mencoba usaha bebek ini, kalian harus perhatikan terlebih dahulu, jenis bebek apa yang harus kalian ternak dna kalian budidayakan. Karena tidak semua jenis bebek yang akan kalian ternak sama semua, untuk jenis bebek yang bisa kalian ternak sebagai berikut :

  • Bebek petelur, seperti Indian Runner, Khaki Campbell, Buff (Buff Orpington) dan CV 2000-INA;
  • Bebek pedaging, seperti Peking, Rouen, Aylesbury, Muscovy, Cayuga;
  • Bebek ornamental, (itik kesayangan/hobby) seperti East India, Call (Grey Call), Mandariun, Blue Swedish, Crested, Wood.

Di Indonesia jenis bebek atau itik di bagi menjadi beberapa type, yaitu :

  • Itik Tegal (Tegal) – Ciri-ciri : warna bulu putih polos sampai cokelat hitam, warna paruh dan kaki kuning atau hitam.
  • Itik Mojosari (Mojosari Jawa Timur) – Ciri-ciri : warna bulu cokelat muda sampai cokelat tua, warna paruh hitam dan kaki berwarna hitam.
  • Itik Alabio (Amuntai Kalimantan Selatan) – Ciri-ciri : badan lebih besar dibandingkan dengan itik Tegal.
  • Itik Asahan dikembangkan di Tanjung Balai, Sumatera Utara.
  • Itik Persilangan

Untuk jenis bebek yang biasa banyak di budidayakan di Indonesia biasanya adalah bebek tegal, bebek khaki campbell, bebek alabio, bebek mojosari bebek bali, bebek CV 2000-INA dan jenis-jenis bebek petelur unggul lainnya yang merupakan produk hasil pengembangan dari BPT

Persiapkan Lokasi Ternak Bebek

Persiapkan Lokasi Ternak Bebek

Untuk panduan beternak bebek kalian harus mempersiapkan lokasi, agar beternak dengan anda dan lancar, kalian bisa memilih lokasi yang jauh dari pemungkiman warga. Karena aroma bebek bersifat sensitif di hidung, dan jangan lupa dengan jauhkan dari hewan – hewan predator seperti Serapi atau biasa di sebut dengan berang-berang.

Atau kalian bisa memilih lokasi dekat sekitaran sawah, karena lokasi tersebut sangat bagus untuk panduan beternak bebek dan jauh dari pemungkiman warga.  Dan dekat sawah sangatlah untuk karena sawah bersifat beair yang membuat bebek senang dengan kondisi tersebut.

Kandang Bebek

Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

Selanjutnya kalian bisa mempersiapkan kandang untuk bebek. Walaupun bebek memiliki sekat sebagai kurugan namun bebek juga harus memiliki kandang untuk berlindung dari hewan predator di malam hari. Untuk membuat kandang bebek kalian harus memiliki syarat lahan seperti di bawah ini :

  • Penyiapan Sarana dan Peralatan
  • Persyaratan temperatur kandang ± 39 ° C.
  • Kelembaban kandang berkisar antara 60-65%
  • Penerangan kandang diberikan untuk memudahkan pengaturan kandang agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian kandang.

Untuk pembuatan kandang bebek kalian harus membuat sebanyak 3 tipe kandang yang akan di gunakan pada masa – masa bebek. Apa saja 3 tipe kandang tersebut?? Langsung saja sebagai berikut :

  • Kandang untuk bibit bebek (DOD), untuk DOD biasanya di gunakan kandang yang berukuran 1-2 m yang mampung menampung 50 ekor DOD.
  • Kandang Brower (untuk bebek remaja), untuk ukuran ini biasa bisa menampung 16- 100 ekor kelompok bebk.
  • Kandang layar (untuk bebek masa bertelur), untuk kandang ini bemodel seperti kandang beterei (satu atau dua ekor dalam satu kotak) bisa juga berupa kandang lokasi atau biasa di sebut kelompot. Dengan ukuran setiap meter persegi 4-5 ekor bebek dewasa (masa bertelur atau 30 ekor bebek dewasa dengan ukuran kandang 3×2 meter).

Untuk peralatan untuk bebek, seperti tempat makan, tempat minum, dan peralatan lainnya yang kalian butuhkan. Karena setiap orang keperluan pastinya berbea beda.

Bibit Bebek

Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

Jika kalian sudah persiapkan kandang bebek maka selanjutnya kalian bisa siapkan bibit bebek. Untuk memilih bibit bebek kalian harus memilihnya dengan benar, ada beberapa cara untuk memiliki bibit bebek yang bener. Langsung saja untuk caranya sebagai berikut :

  • Membeli telur tetas, kalian bisa membeli telur dengan mutu yang terbaik dari indukan bebek yang unggul.
  • Memelihara induk itik, maksudnya kalian memiliki indukan dan penjantan sendiri, jika sudah betelur kalian bisa eramkan pada bebek betina atau letak pada alat penetas telur.
  • Membeli DOD (Day Old Duck), jika kalian memiliki kenalan yang beternak bebek kalian bisa beli melalui bebeknya yang betelur dan menetas.

Untuk memastikan bebek yang kalian pilih bagus, kalian bisa melihat dari anak bebek yang berakifitas, tidak cacat, memiliki bulu, dan kuningnya yang mengkilat.

Perawatan Bebek

Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

Setelah kita memilih bibit bebek maka bukan bearti kalian sudah bisa membiarkan bibir tersebut dengan begitu saja. Namun kalian harus memiliki perawatan bibit bebek kalian, agar bibit tidak mati teteap sehari kalian harus memperhatikan bibit bebek kalian. Nah jika kalian ingin mengentahui perawatan bibit bebek dan perawan calon induk langsung saja sebagai berikut :

  • Perawatan Bibit Bebek
    Untuk bibit bebek lebih baik kalian letakan pada kandang brooder, yang telah di persiapakn sebelumnya. Dan hal – hal yang perlu di perhatikan dalam kandang brooder adalah temperatur yang di mana seluruh bibit bebek besarnya sama merata. Untuk kapasitas kandang brooder untuk 1 meter mamapu menampung sebanyak 50 ekor bibit bebek, tempat pakan dan tempat minum sesuai dengan ketentuannya.
  • Perawatan Calon Induk
    Untuk calan indukan bebek terbagi menjadi 2 jenis, yaitu indukan produksi telur komsumsi dan indukan untuk produksi telur tetas. Untuk perawatan keduanya sama saja, berbedaannya hanya pada induk untuk produksi telur tetas harus ada pejantan dengan berbandingan 1 ekor jantan untuk 5-6 ekor bebek betina.

Pemberian Pakan Bebek

Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

Untuk ppemberian pakan bebek kalian harus perhatikan dengan usia bebek. Karena setiap pemberian pakan kepada bebek harus perhatikan usia-usia bebek terlebih dahulu, agar kalian bisa menaksir pakan yang akan kalian berikan. Pada fase bertelur bebek membutuhkan pakan dengan kandungan protein 17% – 20% dan energi 2.7 kkal – 2.8 kkal. Bahan pokok pakan berupa sumber karbonhidrat antara lain dedak, jagung, karak atau aking (nasi yang di keringkan) serta menir.

Berikut ini tekni pembagian pakan sesuai dengan usia bebek sebagai berikut :

  • Umur 0-16 hari diberikan pada tempat pakan datar (tray feeder)
  • Umur 16-21 hari diberikan dengan tray feeder dan sebaran dilantai
  • Umur 21 hari samapai 18 minggu disebar dilantai.
  • Umur 18 minggu–72 minggu, ada dua cara yaitu : 7 hari pertama secara pakan peralihan dengan memperhatikan permulaan produksi bertelur sampai produksi mencapai 5%. Setelah itu pemberian pakan itik secara ad libitum (terus menerus).

Untuk memberikan pakan bebek bisa kalian lakukan 2x dalam sehari, untuk pakan bisa kalian berikan pada pukul 07:00 dan 17:00 atau jika kalian ingin memberikan 3 kali pada pukul 12:00 WIB. Kalian bisa memberikan pakan sesuai takaran dan pada waktunya.

Pengendalian Penyakit Pada Bebek

Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

Pada saat bebek yang sedang sakit, biasanya akan menampakakn ciri-ciri seperti nafsu makan akan hilang. Bebek tidak akan bersuara gerakannya lamban atau pasif. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa ada pada bebek sebagai berikut :

1. Lumpuh

  • Penyebab : Kekurangan vitamin B.
  • Tanda-tanda : Kaki bengkak dibagian persendian, jalan pincang dan lumpuh, kelihatan ngantuk, kadang-kadang keluar air mata berlebihan.
  • Pencegahan : Pemberian sayuran / hijauan dalam bentuk segar setiap hari.

2. Penyakit Berak Kapur

  • Penyebab : Bakteri Salmonella Pullorum. Tanda-tanda : Berak putih, lengket seperti pasta.
  • Pencegahan: Kebersihan kandang, makanan, minuman, vaksinasi, dan itik yang sakit dipisahkan

3. Penyakit Cacing

  • Penyebab : Berbagai jenis cacing.
  • Tanda-tanda : Nafsu makan kurang, kadang-kadang mencret, bulu kusam, kurus, dan produksi telur menurun.
  • Pencegahan: Kandang harus bersih, kering tidak lembab, makanan dan minuman harus bersih dan sanitasi kandang.

Perkawinan Bebek

Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

Setelah memasuki usia 20 minggu, biasanya bebek akan siap untuk di kawainkan. Sistem perkawinan ada dua macam yaitu bebek hand mating atau perkawinan bantuan tangan manusia dan nature mating perkawinan bebek secara alami.

Panen Bebek

Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

Jika bebek sudah kawin maka, bebeka akan proses bertelur. Biasanya perekor bebek  bisa bertelur 200-250 butir telur. Biasa bebek bertelur pada pukul 06:00 – 07:00, jadi kalian bisa langsung melihat pada  sarang bebek kalian siapkan untuk mengambil telurnya. Atau bebek bisa juga bertelur di tempat lain sesuai dengan kenikmatan bebek bertelur. Nah sehingga ketika kalian sudah mengumpulkan telur kalian bisa menjualnya di pasar. Ingat penyimpanan telur bebek tidak boleh lebih sampai 5 hari.

Pasca Panen

Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

Dalam memanen bebek memiliki berbagai jenis keuntungan yang akan kalian dapatkan. Untuk keuntungan yang bisa di dapatkan sebagai berikut :

  • Telur bebek
  • Telur asin, telur pindang, dll.
  • Daging bebek
  • Bebek dapat diolah menjadi bebek panggang dll
  • Bulu dapat diolah menjadi kerajinan tangan
  • Tinja/kotoran itik dapat menjadi pupuk.

Tips Pasca Pemanenan Bebek

Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

Untuk mencegah agar telur bebek bisa tahan lama kalian harus memiliki tipsnya, namun jika kalian tidak tau berikut ini akan kami berikan Tipsnya kepada kalian sebagai berikut :

  • Pengawetan dengan air hangat merupakan pengawetan telur itik yang paling sederhana. Dengan cara ini telur dapat bertahan selama 20 hari.
  • Selain dengan air hangat juga bisa dengan menggunakan daun jambu biji. Perendaman telur dengan daun jambu biji dapat mempertahankan mutu telur selama kurang lebih 1 bulan. Telur yang telah direndam akan berubah warna menjadi kecoklatan seperti telur pindang.
  • Minyak kelapa kelapa juga bisa kita gunakan untuk mengawetkan telur. Pengawetan ini merupakan pengawetan yang praktis. Dengan cara ini warna kulit telur dan rasanya tidak berubah.
  • Pengawetan telur bebek selanjutnya adalah dengan menggunakan natrium silikat. Bahan pengawetan natrium silikat merupkan cairan kental, tidak berwarna, jernih, dan tidak berbau. Natirum silikat dapat menutupi pori kulit telur sehingga telur awet dan tahan lama hingga 1,5 bulan. Adapun caranya adalah dengan merendam telur dalam larutan natrium silikat10% selama satu bulan.
  • Cara mengawetkan yang juga bisa anda lakukan adalah dengan bentuan garam dapur. Garam direndam dalam larutan garam dapur (NaCl) dengan konsentrasi 25-40% selama 3 minggu.

Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula

Itulah Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula, yang bisa kami berikan kepada kalian. Jadi jika kalian sudah paham dengan cara beternaknya maka selanjutnya kalian sudah bisa mencoba untuk beternak. Dengan membaca panduan mudah-mudahan kalian akan menjadi seorang peternak bebek yang sukses nantinya.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Panduan Beternak Bebek Bagi Pemula. Sampai jumpa kembali di artikel panduan kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak Memberikan Segala Jenis Tentang Cara dan Bagaimana Beternak serta Melakukan Ternak Yang Baik

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Panduan Ternak itik Petelur Bagi Pemula 150x150

    Panduan Ternak Itik Petelur Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Jika kalian ingin mencoba untuk ternak itik petelur ini. berikut ini kami telah membuat. Panduan Ternak itik Petelur Bagi Pemula, tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja
  • Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar 150x150

    Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar

    Panduan Beternak - Dalam beternak hewan apapun pastinya perawatan haru kita perharikan seperti Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar. Jika kalian memiliki bisnis burung puyuh ini, berikut ini kami
  • Burung Murai Batu Paling Populer 150x150

    Jenis Burung Murai Batu Paling Populer

    Panduan Beternak - Jenis Burung Murai Batu Paling Populer di daerah rumah kalian bahwa di seluruh Indonesia pastinya akan terkenal. Namun hanya saja tidak ada yang mengetahui jenis burung murai batu
  • 3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan 150x150

    3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan

    Panduan Beternak - 3 Jenis Hewan Unggas Yang Menguntungkan. Hallo semuanya, bagi kalian yang sedang ingin mencoba untuk pelihara hewan unggas. Namun masih bingung dengan jenis hewan apa yang ingin
  • Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah 150x150

    Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah

    Panduan Beternak - Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah. Bagi kalian pecinta burung kicau, apakah kalian tidak berminat untuk mencoba ternak burung perkutut di rumah? Perkutut ini juga memiliki suara