Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan

Panduan Beternak – Bagi kalian yang menjadi seorang peternak burung belibis. Berikut ini Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan yang telah kami buat di bawah ini. Tapa menunggu terlalu lama lagi langsung saja kita bahas artikel yang telah kami buat di bawah ini.

Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan

Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan

Burung belibis merupakan salah satu hewan yang termasuk dalam kelompok unggas berparuh datar atau biasa di sebut sebagai Anseriformes yang dapat mengeluarkan suara seperti siulan. Belibis ini di kenal sebagai itik bersiul yang menjadi kekhasan pada burung ini, sehingga dalam bahasa inggris ia di kenal sebagai whistling duck. Burung belinis ini memiliki kedekatan genetik dengan unggas itik. QDewi Login

Di Indonesa memiliki beberapa jenis belibis yang biasa di kenal. Untuk jenis belibis yang ada di Indonesia seperti, Belibis Kembang, Belibis Kevil, dan Dendrocygna Guttata. Burung belibis ini berkembang biak dengan cara bertelur, sehingga kalian yang ingin beternak burung belibis ini juga bisa melakukanya.

Walaupun hewan satu ini hampir sama dengan bebek. Bukan bearti untuk beternak belibis sama seperti beternak bebek biasanya. Namun jika kalian ingin mencoba untuk berternak belibis, kami akan memberikan panduannya seperti yang kami janjikan tadinya. Langsung saja untuk panduan beternaknya sebagai berikut :

Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan

Lokasi Beternak Belibis

Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan

Untuk beternak belibis kalian tidak bisa melakukannya secara asal-asalan, kalian harus mencari lokasi yang pas untuk beternak belibis ini, agar belibis tidak akan mudah stres, yang akan menyebabkan kematian pada belibis yang kalian ternak nantinya.

Kalian harus mengetahuinya bahwa habitat asli burung belibis ini di alam liar yang biasa di temui di danau, di rawa-rawa, di hutan mangrove. atau persawahan dan hidup secara berkelompok. Biasanya burung belibis ini akan bertelur di tempat bekas sarang burung atau tempat tumpukan ramting di permukaan tanah. Namun dimana saja belibis merasa nyaman untuk betelur, maka dia akan bertelur.

Pembuatan Kandang Belibis

Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan

Jika kalian sudah menentukan lokasi untuk beternak belibis, maka selanjutnya kalian bisa membuat kandang belibis. Kandang merupakan rumah bagis belibis, jadi seperti kita jika kalian ingin belibis nyaman, maka kalian bisa membuat kandang senyaman mungkin untuk belibis.

Dalam ukurna pembuatan kandang, sesuai dengan jumlah belibis yang ingin kalian ternak. Jika kalian ingin beternak belibis dengan nominal yang banyak, maka kalian buatlah kandang yang besar. Namun jika kalian ingin beternak dengan waktu yang lama atau selamanya. Maka kalian bisa membuat kandang yang besar agar ketika sudah berkembang maka kalian tidak perlu memikirkan untuk membuat kandang lagi.

Dalam pembuatan kandang, kalian bisa membuat yang memiliki kolam. Karena burung beilibis ini lebih banyak untuk menghabiskan waktunya di dalam air. Untuk ukuran kolam bisa kalian sesuaikan dengan jumlah belibis yang kalian ternak. Namun untuk ukuran 2×3 meter biasnaya cukup untuk 10 ekor belibis, jika jumlah belibis lebih banyak maka kalian bisa membuat kolam lebih besar, atau lebih dari 1 kolam.

Selain kolam, kalian juga bisa membuatkan rumah-rumah yang di mana di alam di lapisain dengan jerami. Keguaan hal tersebut agar belibis bisa menghangatkan tubuhknya apabila musim hujan. Dan selain itu rumah – rumahan yang kalian buat tersebut juga bisa di gunakan sarang tempat belibis bertelur nantinya.

Persiapan Bibit Belibis

Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan

Jika kalian sudah mempersiapkan kandang, maka selanjutnya kalian bisa mempersiapkan bibit belibis ini. Untuk mempersiapakn bibit belibis, kalian bisa langsung membelinya di peternak belibis lainnya. Karena kalian bisa langsung memilih bibit mana yang cocok untuk di ternak.

Namun kalian harus mengetahui bahwa harga bibir belibis ini lumayan mahal. Jadi jika kalian tidak memiliki modal yang besar. Maka kalian bisa membeli belibis dikit demi sedikit, namun jika kalian ingin mencari belibis yang liar, kalian bisa menangkapanya dengan cara membuat perangkap burung seperti menggunakan kandang buatan dan jaring. Karena belibis ini merupakan hewan yang agresif sehingga sulit untuk di tangkap dengan tangan kosong.

Kalian bisa memilih bibit yang masih anakan, karena jika bibit masih kecil akan lebih memudahkan untuk menyesuaikan diri pada alam barunya nanti.

Pemberian Pakan Belibis

Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan

Jika sudah maka selanjutnya kita ke pembetian pakan untuk belibis. Untuk memberikan belibis makan, kalian bisa memberikan belibis makanan yang bekualitas. Agar belibis cepat tumbuh besar dan mendapatkan timbangan yang besar. Kalian bisa meberikan belibis makan makanan yang berkualita.

Biasanya belibis akan memakan makanan yang biasa di makan bebek. Seperti dedak, jagung, ampas tahu dan sisa -sisa nasi. Namun kalian tidak perlu risau karena bebek akan mencari makanan sendiri dengan cara menyelam ke dalam air dan memakan makanan yang ada di dalam air.

Pembersihan Kandang Belibis

Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan

Nah walaupun belibis di kenal dengan hewan yang suka bermain kotor, namun bukan bearti kebersihan belibis tidak perlu di jaga. Kalian juga harus memperhatikan kandang belibis, agar belibis terjaga kebersihan kalian bisa menjaga kebersihannya.

Kegunaanya agar belibis tidak mudah terserah penyakit, jadi dengannya kalian membersihkan kadang belibis maka bakteri dan kuman akan hilang dan belibis akan terhindar dari penyakit. Untuk makanan yang sisa-sisaan bisa kalian buang ketika si belibis sudah tidak ingin memakannya lagi.

Masa Produksi Belibis

Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan

Dalam satu tahun akan ada musinnya yang dimana belibis akan kawain, untuk musin tersebut akan berlangsung 3 kali dalam satu tahun. Dan pada masa itu burung belibis akan kawain dan bertelur, jumlah telur yang akan di hasilkan biasanya sekitar 6-10 butir. Jika telur sudah banyak maka burung belibis akan mengerami telur secara bergantian dengan induk lain dan pejanyan juga akan mengerami telur tersebut. Untuk telur akan menetas lebih kurang selama 21 satu hari.

Selain telur di tetaskan oleh belibis, telur juga bisa kalian tetaskan sendiri dengan cara menggunakan mesin penetas telur. Untuk lama menetasnya sama saja seperti menetasnya di erami langsung oleh belibis, hanya berbeda kalau menggunakan mesin netas akan lebih banyak untuk menampung telur yang akan di tetas. Dan mesin peneas ini sudah banyak di gunakan oleh peternak ayam dan bebek.

Masa Panen Burung Belibis

Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan

Nah dalam beternak hewan maka yang di tunggu pastinya panenannya. Seperti yang kita ketahui bahwa belibis sangat banyak di minati oleh masyarakat seperti di rumah makan. Jadi ketika sudah panen maka kalian bisa surtie terlebih dahulu, sesuai dengan ukurannya masing-masing.

Jadi sesuai dengan permintaan konsumen dan pasar, kalian bisa mencari ukurannya sesuai dengan yang di minta. Namun sebelum kalian panen maka kalian bisa memberi pakan kepada belibis terlebih dahulu, agar belibis tidak terlihat begitu kurus.

Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan panduan beternak burung belibis yang kami berikan ini? Apakah kalian sudah ingin mencoba untuk beternak burung belibis ini? Jika sudah maka kalian sudah bisa mencoba untuk beternak burung beli bis dengan panduan beternak burung belibis yang kami berikan ini.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel panduan beternak kami yang berjudul Panduan Beternak Burung Belibis Menguntungkan. Sampai jumpa kembali di artikel panduan beternak kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Cara Ternak Ayam Bengkok Dengan Benar

Panduan Cara Beternak

Panduan Beternak Lainnya :

Panduan Beternak Yang Mudah || Panduan Beternak Kambing Etawa || Panduan Beternak Sapi Bali || Cara Beternak Burung Murai || Panduan Beternak Ayam Kampung

 

Related Post

  • Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air 150x150

    Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk budidaya cacing sutra dengan media air. Kalian bisa mencari caranya yang telah kami buat di bawah
  • Panduan Beternak Kambing Kacang Menguntungkan 150x150

    Panduan Beternak Kambing Kacang Menguntungkan

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Kambing Kacang Menguntungkan. Beternak kambing kacang, tidak sama seperti beternak jenis kambing lainnya, karena beternak kambing ini kacang ini lebihlah mudah.
  • Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah 150x150

    Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

    Panduan Beternak - Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah. Apakah kalian mengetahui bisnis kroto yang sangat menggiurkan ini? Apa mungkin kalian sudah memiliki usaha kroto ini? Nah jika kalian ingin
  • Jenis Kambing Etawa Berkualitas Terbaik 150x150

    Jenis Kambing Etawa Berkualitas Terbaik

    Panduan Beternak - Jenis Kambing Etawa Berkualitas Terbaik. Apakah kalian adalah peternak kambing etawa?? Apakah kalian mengetahui jenis kambing etawa yang berkualitas tidak? Jika kalian belum
  • Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar 150x150

    Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar. Beternak burung loverbird sangatlah menguntungkan karena di mana harga burung ini perekornya juga lumayan mahal. Apalagi jika burung