Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan

Panduan Beternak – Apakah kalian merupakan para pecinta burung kicau?? Apakah sedang mencari Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan.? Jika kalian sudah penasaram dengan panduan beternak burung kenari yang ingin kalian coba. Kami akan memberikan informasinya kepada kalian ya guys, tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja yuk kita simak artikel di bawah ini.

Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan

Panduan Beternak

Burung kenari merupakan salah satu burung kicau yang sangat di senangi oleh para pecinta burung kicau. Biasa burung kenari ini du gunakan untuk lomba yang akan di adu suaranya dengan burung kenari yang lain. Bagi burung yang memiliki kicauan suara yang bagus maka dialah menjadi pemenangnya. Harga burung ini lumayan murah, ya guys, karena dengan uang Rp.100.000 kalian sudah mendapatkan satu ekor burung kenari ya guys.

Bahkan sekarang ini burung kenari ini sudah banyak yang beternak karena di mana dalam beternak burung ini memang mendapatkan penghasilan yang sangat menguntungkan. Dan dalam beternak burung kenari ini tidaklah sangat sulit seperti cara ternak domba, sehingga banyak peminatnya dalam beternak burung kenari ini. Dalam beternak kalian hanya perlu perhatikan kebersihan makan dan kesehatan si kenari saja ya guys.

Nah apakah kalian juga ingin mencoba untuk beterna burung kenari ini? Jika kalian memiliki niat, berikut ini kami ada beberapa panduan beternak burung kenari di rumah yang bisa kalian coba. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja yuk di simak artikel di bawah ini :

Kandang Burung Kenari

Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan

Nah pembahasan kitakan mengenai panduan beternak burung kenari, jadi kandang yang harus kalian siapkan haruslah cukup besar agar dapat menampung beberapa ekor burung kenari. Untuk lokasi kandang, kalian bisa menaruhnya agak tinggi ya guys di gantung di dinding juga bisa. Karena agar burung kenari jauh dari hewan predator. Sebab hewan predator bisa menyebabkan burung menjadi stres.

Sementara untuk kandang, kalian bisa memberikan tempat makan dan tempat minum. Tengkrengan jangan sampai kalian lupakan ya guys. Karena burung kenari ini sangatlah senang untuk bertengkreng, agar burung tidak bingung mencari tempat bertelurnya nanti. Kalian bisa membuat beberapa sangkat untuk tempat bertelurnya burung, kalian bisa membuat menggunakan wadah yang di isi dengan rumput kering atau jerami kering.

Syarat Induk Kenari

Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan

Selanjutnya adalah memilih induk kenari ya guys. Untuk indukan kenari bisa kalian dapatkan di setiap pasar atau pada toko burung. Kalian bisa mencoba satu pasang burung kenari terlebih dahulu ya guys. Jika kalian ingin memilih indukan berikut ini kami akan memberikan indukan betina dan jantan yang bagus di jadikan indukan. Langsung saja yuk di bawah ini :

  • Indukan Betina

Kalian bisa memiliki indukan betina yang memiliki ukuran besar, agar burung mampu bertelur dalam jumlah yang banyak di bandingkan dengan burung yang memiliki tubuhkecil. Pilihlah indukan yang memiliki paruh sampai ekor dan berdiri tegak lurus ke bawah dan memanjang.

Ciri-ciri Induk Berina :

  1. Dubur tidak menonjol namun datar.
  2. Berkicau namun tidak sering dan tidak nyaring.
  3. Bentuk tubuh cenderung bulat dan leher lebih pendek.
  • Indukan Jantan

Sedangkan untuk indukan jantan sebaiknya kalian pilih yang memiliki suara kicauan yang keras memiliki postur tubuh bagus. Pilih warna bagus seperti warna kuning karena warna kuning sangat banyak di minati.

Ciri-ciri Indukan Betina :

  1. Dubur pejantan menonjol, tegak lurus dan vertikal.
  2. Suka berkicau dan berbunyi nyaring
  3. Bentuk bandan censerung ramping memanjang dan leher lebih panjang.

Dalam pemilihan induk lebih baik memilih induk yang sehat dan tidak ada sakit dan cacat dalam maupun luar. Jika ada teman kalian yang memiliki ternak kenari juga kalian bisa membelinya dari mereka.

Pemberian Pakan Kenari

Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan

Selanjutnya kalian bisa memberikan kenari makan ya guys. Untuk pakan yang bisa kalian berikan kepada kenari, seperti milet putih miler merah. Kalian juga bisa memberikan seperti sayuran, buahan, dan tulang sotong. Atau kalian juga bisa memberikan kenari makan tulang sotong. Senang pelihara tarantula berikut ini ada macam jenis tarantula yang bisa di pelihara.

Dalam pemberian pakan kalian juga bisa memberikan makan yang berkualitas dan memiliki zat gizi yang tinggi. Agar kenari mendapatkan tubuh yang sehat dan sangat bagus dalam proses pertluran nantinya. Selain itu kalian juga bisa memberikan kalian bisa letak di kandang seperti jadikan setok untuk kenari agar tidak kelaparan.

Sementara itu jangan lupa juga untuk memberikan kenari minum. Untuk memberikan air jangan sampai air yang kalian berikan tersebut sudah tercemat ya guys karena itu sangat berbahaya bagi kenari. Kalian bisa memberikan air yang bersih.

Proses Perjodohan Dan Perkawinan Kenari

Harus pegang kenari setelah itu kalian balik dan di tiup bulu dekat anus. Jika anus burung kenari sudah tidak ada bulunya dan menonjol  maka burung betina sudah ingin kawain ya guys. Kalian bisa masukan sepasang burung itu ke dalam satu kandang yang sudah kalian siapkan tadinya.

Jadi kalian bisa membiarkan burung satu hari satu malam ya guys. Karena proses perkawainan biasanya akan di lakukan pada malam hari. Sebelum itu, maka kalian bisa perhatikan kedua burung tersebut saling cium atau saling menyuapin tidak, jika iya maka mereka sudah saling menyukai. Setelah besoknya pada pukul 7-9 pagi bisa kalian pisangkan, sedangkan jika sudah sore kalian bis amasukan lagi. Kalian harsu lakukan itu terus, sampai burung bertelur.

Proses Pengeraman Dan Netas Telur Kenari

Setelah masuk pada masa betelur, maka akan masuka pada masa pengeraman telur. Kalian bisa membuarkan burung jantan betina tetap berada pada satu sangkar ya guys. Agar betina akan selalu di sarang untuk mengeram dan jantan akan menyuapi si betina makanan. Namun  jika dalam kandang memiliki 2 betina maka jantannya bisa kalian pisahkan ya guys. Dan jangan lupa untuk perhatikan makan dan minum si burung, dan selalu menjaga kebersihan kandang burung.

Sementara selama 14 hari maka telur telur tersebut akan menetas ya guys. Jaga terus kebersihan kandang serta rutin memberikan makan dan minum jangan sampai kehabisan makan dan minum karena sangat bahaya bagi kesehatan anak dan induk burung.

Beternak Burung Kenari Di Rumahan

Gimana apakah kalian sudah paham dengan panduan beternak burung kenari yang kami berikan di atas? Apakah kalian sudah ingin mencoba untuk beternak? Jika iya, maka jangan menunggu terlalu lama lagi langsung saja kalian coba. Jika kalian memiliki burung kenari dan kalian ingin mencoba untuk peliharanya kalian bisa mencari tau cara merawatnya melalui Panduan Belajar Beternak yang memberikan informasi yang lengkap kepada kalian.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel panduan beternak kami yang membahas mengenai Burung Kenari ini. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan membahas beternak lainnya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih ya guys.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan 150x150

    Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan

    Panduan Beternak - Apakah kalian merupakan para pecinta burung kicau?? Apakah sedang mencari Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan.? Jika kalian sudah penasaram dengan panduan beternak burung
  • Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil 150x150

    Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

    Panduan Beternak - Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil pasti ada saja yang mencoba usaha ini. Karena di mana jika ingin mencoba usaha ternak pastinya harus mulai dari usaha kecil - kecilan. Nah
  • Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur 150x150

    Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur

    Panduan Beternak - Beternak ayam petelur apakah kalian sudah mengerti dengan Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur ?? Kalian para pembinis harus mengerti dengan tips ini ya lur. Karena ini
  • Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah 150x150

    Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk usaha sarang burung walet di rumahan? Banyak sekarang yang mencoba untuk usaha burung walet di rumah,
  • Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula 150x150

    Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

    Panduan Beternak -Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula. Bagi kalian yang baru saja ingin mencoba untuk beternak lebah madu. Kalian bisa membaca panduan yang telah kami buat di bawah ini, karena