Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

Panduan Beternak – Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar. Beternak burung loverbird sangatlah menguntungkan karena di mana harga burung ini perekornya juga lumayan mahal. Apalagi jika burung yang kalian ternak tersebut merupakan burung yang berkualitas, pastinya akan sangat mudah untuk di jual kepada peminat burung. Jika kalian ingin beternak burung lovebird kalian bisa membaca panduan beternaknya yang kami buat di bawah ini. Informasi Game Online

Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

Lovebird merupakan salah satu burung kicau yang sangat cantik dan indah. Burung ini biasa di kenal sebagai burung melambangkan cinta, karena di mana burung ini juga sangat pennyangi pasangannya. Selain itu, burung ini juga bisa mengeluarkan suara ngekean yang biasa di sebut oleh orang-orang.

Burung ini juga di pelihara untuk di jadikan burung lomba ngekek yang di mana akan di adu suaranya dengan burung lovebird lainnya. Dan bagi burung yang memiliki suara yang bagus dan panjang maka dialah yang menjadi pemenangnya dan akan di berikan penghargaan. QDewi Login

Bahkan burung ini juga di juga banyak di ternak karena dimana harga burung ini juga lumayan mahal. Sehingga burung ini juga banyak di ternak. Nah apakah kalian ingin mencoba untuk beternak burung lovebird ini? Jika kalian ingin mencoba beternak burung ini, maka kalian bisa menggunakan panduan yang kami berikan di bawah ini :

Pemilihan Lokasi Yang Tepat

Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

Dalam beternak, kalian harus memilih lokasi terlebih dahulu. Agar burung yang kalian ternak merasa nyaman maka kalian harus memiliki lokasi yang baik buat kandang burung. Nah untuk lokasi kalian bisa memilih lokasi seperti di bawah ini :

  1. Pilihlah lokasi yang aman dan nyaman yang jauh dari keributan, karena burung sangat sensitif dengan keributan di sekitarnya.
  2. Jangan pernah memilih lokasi yang mudah tergenang air
  3. Pilihlah lokasi yang jauh dari ancaman hewan predator yang mengancam kehidupan burung.
  4. Pilih lokasi yang berdekatan dengan pohon agar burung merasa seperti di alam liar.

Atau juga kalian bisa memilih lokasi yang berdekatan dengan rumah, seperti di dalam rumah, di sebalah atau di belakang rumah. Agar burung tetap terpantau oleh kalian dan tidak akan bisa di jangkau orang lain, atau terganggu oleh hewan predator lainnya.

Baca Juga : Cara Pelihara Iguana Dengan Benar

Pembuatan Kandang Loverbird

Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

Jika kalian sudah mendapatkan lokasi yang tepat, maka selanjutnya kalian bisa membuat kandang untuk ternak burung loverbird ini. Untuk kandang kalian bisa membuatnya sebesar mungkin, karena jika kalian membuatnya dengan kecil, maka akan kasian dengan burung karena tidak bisa terbang kesana kemari.

Dalam pembuatan kandang kalian harus membuat tengkrengan, karena seperti yang kita ketahui bahwa burung lovebird ini sedang bertengkreng. Jadi tidak ada salahnya kalian membuatnya, sementara itu untuk kandang kalian bisa membuat dari bahan kawat, jangan membuat dari bahan kayu atau bambu. Karena jika terbuat dari bambu atau kayu, maka burung dengan mudah untuk menghancur bahan tersebut.

Baca Juga : Cara Penggemukan Pada Domba Dengan Cepat

Sementara bahan yang di perlukanuntuk di kandang, seperti tempat makan dan minum juga harus kalian sediakan. Dan burung akan kalian ternak, jadi kalian juga harus membuat sarangnya. untuk alas sarangnya, kalian bisa membuatnya dari jerami padi yang sudah kering.

Persiapakan Induk Love Bird Berkualitas

Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

Jika kandang sudah selesai, maka selanjutnya adalah membeli induk betinan induk pejantan lovebird. Untuk indukan ini, kalian harus memilih yang berkualitas, agar hasil anaknya nanti juga bagus-bagus. Untuk memilih burung kalian bisa memilih burung yang sehat, gesit, dan rajin berkicau. Lalu bagaimana cara membedakan burung jantan dengan betina? Jika ingin tahu langsung saja sebagai berikut :

  1. Untuk paruh jantan lebih runcing atau lebih mancung, sedangkan untuk betina memiliki paruh yang tumpul, melebar, dan besar.
  2. Tubuh induk jantan cenderung lebih kecil dari lovebird betina
  3. Bagian kepada jantan lebih berbentuk cepak, sedangkan betina kepala nya cenderung melengkung,
  4. Ujung sayap lovebird jantan biasa menyilang, kalau betina ujung sayapnya tidaklah saling bertemu dan tidak menyilang.
  5. Untuk bagian ekor janyan berbentuk lebih runcing, sedangkan ekor betina lebih rata.

Untuk pembelian indukan kalian bisa membelinya di toko burung atau di peternak lainnya juga. Semaua sesuai dengan keinginan kalian kembali.

Baca Juga : Ciri-Ciri Ayam Cemani Dan Khasiatnya

Pakan Lovebird Cepat Bertelur

Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

Agar si lovebird bertumbuh dengan cepat, maka kalian harus menjaga pola makan dan waktu yang tepat ketika memberikan pakan lovebird. Dalam pemberian pakan pakan kalian harus memberikan yang mengandung banyak protein dan giji yang banyak. Agar si lovebird bertumbuh dengan cepat dan sehat, jika kalian masih bingung dengan makanan lovebird berikut ini jenis pakan yang bisa kalian berikan sebagai berikut :

  1. Biji kenari
  2. Buah apel merah
  3. Milet merah dan putih
  4. Biji oat
  5. Jagung muda

Kalian bisa memberikan makanan di atas secara bergantian, agar lovebird tidak bosen dengan jenis makanan yang kalian berikan. Pemberian pakan kalian bisa memberikan apabila sudah habis di dalam sarang. Selain pakan kalian juga jangan untuk memberikan lovebird minum. Karena burung ini juga sangat senang dengan minum air, sehingga air di dalam bisa juga cepat habis.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula

Menjodohkan Burung Lovebird

Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

Nah pada saatnya akan masuk dengan waktu perjodohan antara indukan jantan dengan betina. Nah ketika kalian baru saja membeli indukannya, maka kalian jangan pernah langsung satukan langsung, karena mereka bisa saja beramtam. Jadi kalian bisa memisahkan terlebih dahulu, apabila jika lovebird sudah ingin kawin, maka akan ada cici sebagai berikut :

Betina : Akan sering merentangkan sayapnya dan ekor yang sering di ankat ke atas.

Jantan : sedangkan jantan akan menggosokan pantannya pada sangkat dan menandakan ia siap kawin.

Jadi apabila kedua induk sudah menandakan seperti itu, maka selanjutnya kalian bisa satukan kedua induk tersebut di kandang yang berbeda. Setelah itu kalian bisa membiarkan kedua induk kawin, sedangkan untuk untuk kandang tersebut kalau bisa kalian tutup dengan kain.

Baca Juga : Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Masa Bertelur Dan Mengeram

Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

Jika sudah kawin maka akan masuklah pada proses perteluran. Kaetika induk betina sedang bertelur, maka jangan sering-sering kalian melihat induk betina karena mereka akan merasa terganggu apabila sering kalian liati. Jika kalian ingin melihat keadaan burung tersebut maka kalian bisa melihat dari kejauhan saja. Free Chips Situs QDewi

Jika masa bertelur sudah selesai, maka akan masuklah pada masa mengeram, dalam hal ini kalian harus selalu perhatikan. Karena tidak semua induk betina ingin mengerami telur mereka, jadi kalian harus dengan pintar untuk memindahkan telur tersebut kepada induk yang lain yang ingin mengeramkan telurnya.

Baca Juga : Cara Pelihara Kelinci Anggora Di Rumah

Apabila pada saat induk baru pertama kali bertelur, dan telurnya itu tidak jadi meneras, maka kalianjangan pernah heran. Wajar saja tidak menetas, karena sebagian besar burung yang baru pertama kalian bertelur tidak bisa menetas.

Waktu Pemisahan Anak Loverbird Dari Induknya

Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

Nah apabila pada saat burung sudah menetas, maka kalian harus pisahkan anak burung dari indukanya tadi. Untuk memisahkan anakan dari induknya kalian bisa melakukannya pada saat burung berusia 14 hari. Ketika anak lovebird sudah di pisahkan maka kalian harus menyediakan lampu sebesar 5 watt.

Baca Juga : Ternak Sapi Tanpa Ngarit Rumput

Lampu ini di sediakan agar ketika pada malam hari atau pada saat musim hujan, burung tidak mudah kedinginan, karena adanya lampu yang sudah kalian sediakan tadinya.

Pemberian Pakan Anak Loverbird

Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

Sedangkan untuk anak lovebird yang sudah kalian pisahkan, maka kalian harus memberi mereka makan juga. Untuk makannya kalian bisa membuatnya dari pelet dengan di seduh dengan air hangat. Setelah itu kalian bisa menyuapi burung tersebut menggunakan sendok ukuran kecil atau melalui dot. Untuk pemberikan pakan ini kalian bis amemberikannya 4 jam sekali.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Kate Di rumah

Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan Panduan Beternak Burung Lovebird yang kami berikan di atas? Apakah kalian sudah ingin mencoba untuk beternak burung lovebird ini? Jika iya maka kalian bisa mencoba untuk beternak burung lovebird menggunakan panduan beternak burung lovebird yang kami berikan di atas.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Free Chips Setiap Hari

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil 150x150

    Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

    Panduan Beternak - Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil pasti ada saja yang mencoba usaha ini. Karena di mana jika ingin mencoba usaha ternak pastinya harus mulai dari usaha kecil - kecilan. Nah
  • Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur 150x150

    Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur

    Panduan Beternak - Beternak ayam petelur apakah kalian sudah mengerti dengan Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur ?? Kalian para pembinis harus mengerti dengan tips ini ya lur. Karena ini
  • Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah 150x150

    Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk usaha sarang burung walet di rumahan? Banyak sekarang yang mencoba untuk usaha burung walet di rumah,
  • Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula 150x150

    Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

    Panduan Beternak -Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula. Bagi kalian yang baru saja ingin mencoba untuk beternak lebah madu. Kalian bisa membaca panduan yang telah kami buat di bawah ini, karena
  • Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air 150x150

    Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk budidaya cacing sutra dengan media air. Kalian bisa mencari caranya yang telah kami buat di bawah