Panduan Beternak Domba Yang Menguntungkan

Panduan Beternak – Beternak domba pastinya sangat bagus apabila mengentahui Panduan Beternak Domba Yang Menguntungkan. Dalam beternak domba merino yang menjadi hal utama adalah perkembangan nda keuntungan yang di hasilakan. Jika kalian ingin mendapatkan keuntungan dalam beternak domba merino berikut ini kami berikan panduan beternak kepada kalian. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja kita bahas artikel di bawah ini.

Panduan Beternak Domba Yang Menguntungkan

Cara Merawat Tupai Terbang Dengan Baik

Domba merupakan salah satu hewan ternak yang di kenal sebagai hewan yang memiliki bulu yang tebal yang mengelilingi seluru tubuh pada domba. Bulu domba ini biasa di manfaatkan sebagai bahan wol, sedangkan untuk daging dan susunya biasa di gunakan untuk di konsumsi oleh manusia. QDewi Login

Banyak sekarang yang mencoba untuk beternak domba ini, karena yang dimana keuntungan yang di hasilkan sangatlah menjanjikan. Untuk domba memiliki beberapa jenis yang biasa di pelihara oleh peternak di Indonesia, jika kalian ingin tau apa saja jenis Domba yang biasa di ternak langsung saja sebagai berikut :

  1. Domba Ekor Tipis
  2. Domba Ekor Gemuk
  3. Domba Garut
  4. Domba Merino
  5. Domba Texel
  6. Domba Batur

Jenis – Jenis domba yang ada di atas, biasanya banyak di pelihara oleh peternak indonesia, jadi semuanya tergantung kepada kalian jika kalian ingin beternak domba yang mana kalian bisa langsung memilih dombanya. Namun jika kalian sudah mendapatkan jenis domba yang bisa kalian ternak, berikut ini akan kami berikan panduan beternak domba kepada kalian. Langsung saja sebagai berikut :

Lokasi Yang Baik Beternak Domba

Panduan Beternak Domba Yang Menguntungkan

Sebelum kalian menyiapkan bibit, maka kalian bisa mencari lokasi terlebih dahulu untuk beternak domba ini. Kalian tidak perlu risau, domba merupakan hewan ternak rumahan, jadi kalian bisa mencari lokasi lahan seperti di belakang rumah atau di samping.

Untuk lokasi kalian bisa memilih ukurannya, ingat domba merupakan hewan yang sangat cepat berkembang. Jadi untuk lokasi kalian harus mempersiapakan lokasi yang lumayan lebar, agar ketika domba melahirkan kalian sudah repot untuk mencari lokasi untuk domba lagi.

Pembuatan Kandang Domba Dan Perlengkapan Domba

Panduan Beternak Domba Yang Menguntungkan

Untuk pembuatan kandang domba kalian harus memperhatikannya dengan benar. Karena kangdang domba merupakan rumah buat para domba kalian. Untuk kandang domba bisa kalian gunakan tipe kandang panggung, yang di mana kandang tersebuh akan di atas tanah lebih kurang 1-2 meter, namun itu kembali lagi kepada kalian. Jika kalian ingin membuat kandang domba maka ada beberapa syarat yang harus di perhatikan, apa saja itu sebagai berikut :

  1. Dinding kandang harus memiliki ventilasi yang cukup baik dan kalian bisa membuat dari tepas atau bahan kayu lainnya.
  2. Lantai di buat dari kayu yang kuat agar tidak mudah lapuk ketika terke air kencing domba, dan jangan lupa untuk di buat jarak agar kotoran domba dapat jatuh ke bawah.
  3. Ketika domba makan makan domba juga harus minum, maka klaian harus persiapkan ember atau baskom plastik untuk tempat minum domba.
  4. Agar kalian bisa lebih mudah untuk membersihkan kotoran yang jatuh, maka untuk bawah kandang harus di kalian semen agar air kencing dan kotoran mudah di bersihkan. Atau bawah kandang bisa kalian berikan jaring agar kotoran domba dapat di tampung langsung ke dalam karung.
  5. Sekatan kandang juga jangan kalian lupakan, karena setiap domba pejantan harus kalian pisahkan. Agar tidak beradu dengan domba jantan lainnya. Ruangan yang kalian sekat juda berguna bagi domba yang sedang melahirkan agar anak domba di injak oleh domba besar lainnya, yang akan menyebabkan anak domba menjadi lumpuh.

Di atas merupakan syarat pembuatan kandang, kalian jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan buat kandang domba. Perlengkapan seperti tempat makan (palung) dan tempat minum, untuk palung kalian bisa membuat rapat, agar ketika di berikan pakan tidak mudah jaruh ke bawah. Untuk ukuran palung bisa kalian buat dengan ukuran besar agar bisa menampung makana yang banyak. Sedangkan untuk tempat minum kalian bisa mempersiapkan ember atau drum plastik yang di letakan di dalam kandang domba.

Pemilihan Bibit Dan Indukan Domba Unggulan

Panduan Beternak Domba Yang Menguntungkan

Jika kalian sudah membuat kandang, maka kalian sudah bisa mempersiapkan bibit domba. Untuk bibit domba kalian harus mempersiapakan bibit domba. Kalian harus ingat bibit yang kalian pilih yang akan menjadi indukan domba kalian nantinya, jadi kalian bisa memilih yang berkualitas. Jika kalian masih bingun berikut ini akan kami berikan ciri-ciri bibit dan indukan domba yang unggulan sebagai berikut :

Calon Indukan

  1. Berumur 1/2 – 2 tahun
  2. Tidak cacat pada bagian tubuh
  3. Bentuk perut normal dan tidak terlalu kurus
  4. Telinga Kecil Hingga Sedang
  5. Bulu halus
  6. Roman muka yang baik
  7. Nafsu kawin besar
  8. Mempunyai ekor nomal

Calon Pejantan

  1. Berumur 1,5-2 tahun
  2. Sehat dan tidak cacat
  3. Badan normal
  4. Keturunan dari induk yg melahirkan anak 2 ekor/lebih
  5. Tonjolan tulang pada kaki besar
  6. Mempunyai buah zakar yg sama besar serta kelaminnya dpt bereaksi
  7. Mempunyai gerakan yg lincah
  8. Roman muka baik
  9. Tingkat pertumbuhan relatif cepat.

Jenis Pakan Domba Yang Berkualitas

Panduan Beternak Domba Yang Menguntungkan

Pakan merupakan hal utama dalam beternak domba. Jadi jika kalian ingin agar domba kalian gemuk kalian bisa memberikan domba makan makanan yang berkualitas. Untuk memberikan domba makan kalian bisa memberikan seperti pakan hijau atau kosentrat. Jika kalian ingin mengetahui apa saja jenis pakan hijau dan kosentrat langsung saja sebagai berikut :

  • Pakan Hijau

Rumput merupakan pakanan utama untuk di berikan kepada hewan berjenis domba ini. Dan seperti yang kita ketahui bahwa pakan hijau merupakan pakan utama yang bisa di berikan. Anda beberapa jenis pakan hijau yang bisa di berikan seperti rumput, dedauanan, dan hijauan kering. apa saja contohnya langsung saja sebagai berikut :

  1. Rumput gajah
  2. Rumput benggala
  3. Rumput raja
  4. Rumput liar
  5. Daun waru
  6. Daun pisang
  7. Lamtoro/petai cina
  8. Daun kedelai
  9. Daun kacang panjang
  10. Daun ubi jalar
  11. Daun beringin
  12. Daun kacang tanah
  13. Daun kacang panjang
  14. Daun munthul
  15. Daun waru
  16. Daun jagung muda
  17. Daun nangka
  18. Daun ketela
  19. Jerami padi,
  20. Jerami pucuk
  21. Tebu
  22. Jerami jagung
  • Pakan Kosentrat

Kegunaan pakan kosentrat ini adalah yang akan di berikan kepada domba apabila ketika domba sudah makan pakan hijau namun masih belum kenyang lagi. Dan pakan kosentrat bisa kalian gunakan apabila musin kemarau dan sulit untuk mencari rumput kalian bisa memberikan pakan kosentrat ini.

Namun dalam pemberian pakan kosentrat harus memiliki kandungan gizi yang tinggi dan mudah untuk di cerna juga berserat rendah. Untuk pemberian pakan kosentrat di anjurkan bisa berupa seperti bungkil kedelai, bekatula, ampas singkong, dan ampas tahu.

Untuk pemberian pakan kalian bisa memberikan perharinya seperti pakan  rumput 75% daun 30% di berikan pada pagi hari pukul 06:00 dan sore harinya 16:00 dan malam pukul 21:20. Sedangkan pada jam 05:00 kalian bisa memberikan domba makan ampas tahu bungkil dan ampas singkong dan kosentrat. Dan jangan lupa untuk memberikan kandungan mineral garam = 1% di berikan pagi  dan sore dengan cara di camput dengan pakan lainnya. Air minum bisa kalian berikan di dalam kandang dan kalian harus perhatikan air domba terus agar ketika habis kalian bisa menambah lagi.

Perawatan Seharian Pada Domba

Panduan Beternak Domba Yang Menguntungkan

Dalam sehari-hari yang harus kalian perhatian dalah perawatannya, jika kalian ingin domba selalu sehat dan tidak terkena penyakit, maka kalian perawatan domba bisa kalian perhatikan terus setiap hari. Nah jika kalian ingin bagaimana cara perawatan dan apa saja perawatannya langsung saja kita bahas artikel di bawah ini :

  • Membersihkan Kandang Domba

Membersihkan kandang domba juga harus kalian lakukan, agar kandang kelihatan bersih dan domba akan terhindar dari segala penyakit. Membersihkan kandang bisa kalian lakukan setiap pagi dan sore hari, untuk rumput yang sisa bisa kalian bakar dan memberikan asap kepada domba.

  • Memandikan Domba

Agar tidak banyak kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh domba, maka kalian bisa membersihkan rubuh domba apabila sudah kelihatan kotor. Untuk membersihkannya kalian bisa memandikan domba dengan cara di gosok dan di semprot. Namun kalian mamendikan domba harus melihat kondisi cuaca terlebih dahulu, lebih baik domba di mandikan ketika cuaca sedang panas.

  • Mencukur Bulu Domba

Agar bulu domba kelihatan halus dan bagus, kalian bisa mencukur bulu domba. Untuk mencukur bulu domba kalian tidak boleh melakukannya ketika musim dingin. Karena akan menyebabkan domba gampang masuk angin karena bulunya di cukur. kalian bisa mencukur bulu domba pada musin kemarau saja.

  • Memotong Kuku Domba

Selain perawatan di atas, kalian juga harus perhatikan bagian bawah kaki domba. Jadi kalian bisa memotong kukur menggunakan pisau atau gunting yang tajam. Jangan pernah memotong kuku kambing menggunakan potongan kuku yang biasanya, karena nanti yang patah adalah gunting kuku kalian.

Panduan Beternak Domba Yang Menguntungkan

Bagaimana apakah kalian sudah ingin mencoba untuk beternak domba ? Jika iya kalian bisa mencoba beternak menggunakan panduan beternak domba yang kami berikan ini. Semoga kalian menjad peternak domba yang sukses dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Panduan Beternak Domba Yang Menguntungkan. Sampai jumpa kembali di artikel panduan beternak kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak Domba Yang Menguntungkan

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air 150x150

    Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk budidaya cacing sutra dengan media air. Kalian bisa mencari caranya yang telah kami buat di bawah
  • Panduan Beternak Kambing Kacang Menguntungkan 150x150

    Panduan Beternak Kambing Kacang Menguntungkan

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Kambing Kacang Menguntungkan. Beternak kambing kacang, tidak sama seperti beternak jenis kambing lainnya, karena beternak kambing ini kacang ini lebihlah mudah.
  • Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah 150x150

    Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

    Panduan Beternak - Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah. Apakah kalian mengetahui bisnis kroto yang sangat menggiurkan ini? Apa mungkin kalian sudah memiliki usaha kroto ini? Nah jika kalian ingin
  • Jenis Kambing Etawa Berkualitas Terbaik 150x150

    Jenis Kambing Etawa Berkualitas Terbaik

    Panduan Beternak - Jenis Kambing Etawa Berkualitas Terbaik. Apakah kalian adalah peternak kambing etawa?? Apakah kalian mengetahui jenis kambing etawa yang berkualitas tidak? Jika kalian belum
  • Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar 150x150

    Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar. Beternak burung loverbird sangatlah menguntungkan karena di mana harga burung ini perekornya juga lumayan mahal. Apalagi jika burung