Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Panduan Beternak – Apakah kalian tau mengenai hewan jangkrik ini? Banyak sekarang yang beternak jangkrik, karena kemudahan dalam Panduan Beternak Jangkrik sehingga banyak yang ingin memanfaatkan usaha ini. Namun jika kalian yang baru saja ingin beternak jangkrik kalian bisa membaca Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah yang kami berikan di bawah ini. Informasi Game Online

Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Jangkrik merupakan salah satu hewan serangga yang biasanya muncul di malam hari dengan memunculkan suatu suara yang menjadi khasnya seperti.. krik.. krik..krik. Sehingga suara jangkrik ini menjadi suara yang menghanyutkan alam hingga membawa kita ke suasana pedesaan yang tentram dan damai. Selain suara yang indah, serangga ini juga sangat bermanfaat sekali dalam bidang usaha pakan. Karena jangkrik biasa di pakan oleh manusia dan hewan, namun lebih besar di jadikan sebagai pakan hewan kicauan. QDewi Login

Jangkrik ini biasanya di gunakan sebagai pakan burung kicau, karena dimana dalam tubuh jangkrik mengandung gizi dan protein yang banyak sehingga sangat bermanfaat bagi burung kicau.  Sehingga hewan jangkrik ini juga sudah banyak yang ternak, karena di mana beternak serangga jangkrik ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan dengan keuntungan yang besar.

Baca Juga : Cara Pelihara Kelinci Anggora Di Rumah

Apalagi belakangan ini banyak yang sudah beternak burung sehingga jika kalian ingin beternak jangkrik ini tidak akan mati dan rugi besar. Jangkrik yang akan kalian ternak nantinya akan berbeda dengan jangkrik liar, karena di mana jangkrik yang kalian ternak memiliki tubuh yang besar dan sehar dari pada jangkrik yang liar di luar tersebut.

Pada umumnya harga jangkrik harga jangkriknya ini juga lumayan mahal, untuk perkilonya saja 50kg. Jadi kalian mendapatkan pelanggan yang banyak dan dalam satu bulan kalian bisa mnghasilkan jangkrik sebanyak 100kg, maka kalian akan mendapakan 5 juta dalam satu bulan. Bagaimana sangat menggiurkan untuk beternak jangkrik ini? Apakah kalian juga ingin mencoba untuk beternak jangkrik ?? Jika kalian ingin mencoba ternak jangkrik, kalian kalian bisa mencoba membaca panduan beternak kangkrik yang kami berikan di bawah ini :

Lokasi Untuk Kandang Jangkrik

Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Sebelum beternak jangkrik, maka kalian harus membuat kandang terlebih hahulu. Namun sebelum membuat kandang, maka kalian harus menentukan lokasi kalian terlebih dahulu. Namun dalam memilih lokasi kandang, kalian jangan memilih kandang asal-asalan saja. Jika ingin memilih lokasi, ada beberapa persyaratan yang harus kalian pilih, seperti di bawah ini :

  • Ketenangan

Lokasi kandang usahakan kandang jangkrik lokasinya sangat tenang, teduh, juga mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Hal ini dapat membuat jangkrik kalian tumbuh dan berkembang dengan baik. Jangkrik merupakan serangga yang tidak suka dengan keramaian dan panas, karena akan membuat jangkrik menjadi stres dan menghambat pertumbuhannya.

  • Bebebas Dari Predator

Nah, yang selanjutnya usahakan kandang jangkrik jauh dari predator yang akan memangsa jangkrik yang kalian ternak. Dan walaupun jangkrik terlindung di dalam kandang, namun hewan predator akan membuat jangkrik menjadi ketakutan, dan menyebabkan jangkrik menjadi stres. Dan kalian harus jauhkan kandang dari ayam-ayam yang senang dengan jangkrik ini.

Baca Juga : Ternak Sapi Tanpa Ngarit Rumput

Persiapan Kandang Jangrik Lu

Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Jika sudah mendapatkan lokasi yang pas, maka selanjutnya adalah pembuatan kandang untuk si jangkrik. Dalam pembuatan kandang, kalian harus perhatikan bahan yang di gunakan untuk membuat kandang. Karena jika kalian membuat kandang dengan sembarangan maka yang ada jangkrik akan dengan mudah untuk keluar dari kandang. Nah berikut ini ada langkah dalam membuat kandang jangkrik yang bisa kalian coba, langsung saja sebagai berikut :

  1. Kandang jangkrik berbentuk kotak dan terbuat dari bahan papan atau tripleks dengan tulang dari kayu kosa / kayu reng. Untuk ukuran panjang 100cm, lebar 60cm dan tinggi 30-40 cm.
  2. Gunakan lem atau semen pada setiap sambungan dan sudut peti. Gunannya agar jangkrik yang baru menetas tidak keluar dari cela-cela sambungan, karena jangkrik yang baru mentas ukuran sangatlah kecil.
  3. Sedangkan bagian atas kotak harus bisa menutup dan dan di buka, dan kalian bisa menggunakan engsel sebagai bahannya.
  4. Pada sisi muka dan belakang di beri lubang ventilasi. Ukuran lubang ventilasi 50×7 cm, posisi lubang sekitar 10 cm dari atas. Sedangkan untuk tutup ventilasi bisa kalian tutup dengan kawat yang memiliki lubang yang kecil agar jangkrik tidak mudah keluar.
  5. Sedangkan untuk pinggi pada bagian luar bisa di berikan cantelan yang berguna untuk di jadikan pegangan apabila kalian ingin memindahkan kandang lebih mudah di pegang.
  6. Sedangkan untuk bagian dalam , kira-kira 10 cm dari atas ke bawah di berikan issolasi plastik. Gunanya agar jangkrik tidak merayap ke atas.
  7. Sedangkan untuk bagian bawah bisa buat kaki sebanyak 4 sisi yang akan menopang kotak. Setiap bagian bawah sisi kotak bisa kalian berikan mangkok yang di isi dengan oli agar tidak ada hama semut yang merayap ke kandang jangkrik.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Kate Di rumah

Persiapan Bibit dan Induk Jangkrik

Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Jika kalian sudah selesai mambuat kandang jangkrik, maka selanjutnya adalah pembelian induk jangkri untuk di jadikan bibit di dalam kandang nantinya. Nah dalam pemilihan induk jangkrik kalian harus memilih tubuh yang bagus yang gemuk dan tidak loyo. Nah jika kalian ingin tau perbedaan jangkrik betina dengan jantan berikut ini ciri-cirinya :

  • Indukan Betina

Untuk memiliki induk betina kalian bisa memiliki antenanya yang masih lengkap dan panjang. Dan untuk kakinya juga harus lengkap agar lebih mudah untuk melompat dengan tangkas,sehar,dan gesit.  Jangkrik betina dengan badan dan bulu yang bewarna hitam mengkilap menunjukan bahwa indukan jangkrik tersebut dalam kondisi sehat. Usahakan idukan betina yang kalian pilih besar dan dapat mengeluarkan zat cair dari mulut dan duburnya kerika di pegang.

  • Indukan Jantan

Untuk indukan jantan, kalian bisa memilih yang biasa mengeluaran suara mengerik yang bagus. Kondisi tubuhnya memiliki permukaan sayap atau punggung yang kasar bergelombang dan tidak memiliki ovipositor di bagian ekor.

Untuk indukan jangkrik kalian bisa membelinya di para peternak jangkrik lainnya, agar kalian bisa memilih indukan jangkrik dengan benar.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar

Pemberian Pakan Jangkrik

Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Selanjutnya adalah pemberikan pakan pada jangkrik yang kalian ternak. Biasanya para peternak memberikan jangkrik makan voor atau makanan ayam yang bisa di berikan pada jangkrik yang berusia 1 sampai 10 hari. Kalian bisa memiliki voor yang terbuat dari kacang kedelai, beras merah dan jagung kering yang sudah di haluskan.

Selain makan voor, kalian juga bisa memberikan ubi, singkong, atau dedaunan yang di berikan secara rutin dan selang seling setiap harinya. Setelah jangkrik sudah melewati fase tersebut, kalian bisa menggunakan pakan jangkrik berupa sayuran, jagung muda, kacang tanah, daun singkong atau ketimun. Intinya kalian harus memberikan makanan yang mengandung air yang banyak.

Baca Juga : Panduan Beternak Kuda Dengan Benar

Perawatan Jangkrik

Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Dalam pemeliharaan jangkrik, maka kandang juda harus selalu kalian perhatikan. Agar jangkrik selalu nyaman hidup dalam kandang tersebut maka perawatan kandang juda harus selalu di perhatikan. Kalian bisa menganti mangkuk yang buat tatakan kaki kandang setiap 2 hari sekali. Dan jangan lupa juga untuk perhatikan kelembapan pada kandang.

Apabila kandang jangkrik sudah kotor dengan dengan sisa makan, maka kalian bisa membersihkan kandangnya, agar jangkrik terhindar dari hama dan penyakit yang akan menyerang jangkrik. Karena jika jangkrik sudah sakit, maka akan menyebabkan kematian pada jangkrik kalian.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kucing Persia Dan Harganya

Panen Jangkrik

Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Maka pada masa terakhir adalah masa pemanenan. Untuk panen kalian bisa menanen apabila jangkrik yang kalian ternak tadi sudah sama dengan ukurannya dengan permintaan konsumen atau para usaha toko peternakan. Namun pada umumnya ukuran yang di harapkan oleh para konsumen adalah jangkrik yang berukuran besar.

Karena jika kecil sangatlah meruginakan oleh para konsumen untuk memberikan kepada burung mereka. Karena jika ukuran jangkrik kecil maka akan cukup banyak yang harus di berikan kepada burung. Sedangkan jika jangkrik tersebut besar, hanya memberikan beberapa ekor saja kepada burung dan itu sudah kenyang. Jadi panen jangkrik ini akan di lihat dari ukuran jangkrik yang menjadi permintaan konsumen.

Baca Juga : Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula

Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan panduan beternak jangkrik yang kami berikan di atas? Apakah kalian sudah ingin mencoba untuk beternak jangkrik ini? Jika kalian sudah paham maka kalian bisa mencoba untuk beternak jangkrik ini menggunakan panduan beternak jangkrik yang kami berikan di atas.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Free Chips Setiap Hari

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah. Samai jumpa kembali di artikel judi kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak Jangkrik Yang Mudah

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air 150x150

    Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk budidaya cacing sutra dengan media air. Kalian bisa mencari caranya yang telah kami buat di bawah
  • Panduan Beternak Kambing Kacang Menguntungkan 150x150

    Panduan Beternak Kambing Kacang Menguntungkan

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Kambing Kacang Menguntungkan. Beternak kambing kacang, tidak sama seperti beternak jenis kambing lainnya, karena beternak kambing ini kacang ini lebihlah mudah.
  • Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah 150x150

    Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah

    Panduan Beternak - Cara Mudah Budidaya Kroto Di Rumah. Apakah kalian mengetahui bisnis kroto yang sangat menggiurkan ini? Apa mungkin kalian sudah memiliki usaha kroto ini? Nah jika kalian ingin
  • Jenis Kambing Etawa Berkualitas Terbaik 150x150

    Jenis Kambing Etawa Berkualitas Terbaik

    Panduan Beternak - Jenis Kambing Etawa Berkualitas Terbaik. Apakah kalian adalah peternak kambing etawa?? Apakah kalian mengetahui jenis kambing etawa yang berkualitas tidak? Jika kalian belum
  • Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar 150x150

    Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Burung Lovebird Dengan Benar. Beternak burung loverbird sangatlah menguntungkan karena di mana harga burung ini perekornya juga lumayan mahal. Apalagi jika burung