Panduan Beternak Kambing Etawa Dengan Benar

Panduan Beternak – Selamat datang semuanya.. Perjumpaan hari ini kami akan membahas Panduan Beternak Kambing Etawa Dengan Benar. Kami ingin memberikan sedikit pengalaman kepada aklian yang ingin beternak kambing Etawa. Jika kalian ingin beternak kambing etawa dengan benar agar menghasilkan susu yang lebih baik kalian bisa membaca artikel yang kami buat di bawah ini.

Panduan Beternak Kambing Etawa Dengan Benar

Panduan Beternak Kambing Etawa Dengan Benar

Kambing Etawa adalah kambign yang di datangkan dari negara India yang di sebut namnya kambing Jamnpari. Ukuran tinggi kambing etawa yang jantan bekisar antara 90cm sampai 127cm sedangkan untuk tingggi yang betina hany mencapai 92cm saja.

Bobot yang jantan bisa mencapai 91 kg, sedagnkan betina hanya mencapai 63kg saja, untuk telinga kambing etawa ini sangat beda dengan kambing lainnya. Karena kambing etawa memiliki panjang telinga kambing etawa bisa sampai keleher. Untuk bagian dahi dan hidungnya memiliki ukuran cembung, sedangkan untuk tanduk tidak sangat panjangn maupun panjang atau pendek.

Untuk kambing yang berjenis Etawa ini di kenal sebagai kambing yang menghasil susu untuk di komsumsi manusia. Untuk susu yang di hasilakan perharinya biasa bisa sampai 3 liter perhari. Kambing etawa  ini juga memiliki silangan antara kambing etawa dengan kambing lokal. Sehingga kambing hasil silangan di kenal sebagai Peranakan Etawa yang ukurannya hampir sama dengan Etawa aslinya. Namun kambing peranakan Etawa ini lebih aktif untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. QDewi Login

Untuk harga kambing Etawa saat ini terhitung stabil, dengan permintaan pasar yang terus meningkat sehingga jenis kambing satu ini sangat banyak di minati peternak kambing. Peminat kambing Etawa biasanya dari pasar lokal maupun kebutuhan Import. Jadi bagi kalian yang ingin mendapatkan peluang besar kalian bisa mencoba untuk beternak kambing Etawa ini.

Banyak kegunaan kambing Etawa yang akan membuat kalian menjadi untung. Salah satunya susunya, yang bisa kalian jual dengan harga pasaran. Namun untuk mendapatkan susu yang bagus kalian juga harus memperhatikan makanan dan sampingan yang kalian berikan untuk kambing.

Jika kalian ingin terjun ke dalam peternakan kambing Etawa berikut ini kami akan memberikan hal yang harus kalian perhatian dalam Ternak Kambing Etawa. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja Panduan Beternak Kambing Etawa sebagai berikut :

  • Memilih Bibit Yang Cocok Sebagai Indukan

Panduan Beternak Kambing Etawa Dengan Benar

Dalam proses peternakan kalian juga harus memiliki beberapa indukan yang akan membuat usaha kalian ini menjadi maju dan berkembang terus. Jadi dalam beternak kalian juga harus memiliki beberapa ekor indukan agar usaha kalian ini cepat berkembang. Untuk indukan kalian bisa membelinya mulai dari kecil atau yang sudah gasi atau biasa di sebut dere. Karena kalian akan mendapatkan kambing yang lebih muda umurnya yang akan lama menjadi indukan kambing.

Untuk jenis kambing etawa ini akan menghasilkan anak selama 1 tahun sekali, untuk anakan yang di hasil minimal 2 1 ekor dan maksimalnya 3 ekor anak kambing.  Jadi jika kalian memiliki 10 ekor indukan kambing etawa maka setiap tahunnya  kalian akan menghasil 10-30 ekor anak kambing.

Untuk memiliki kambing betina yang bagus memiliki kaki yang lurus, jinak, memiliki puting yang lengkap yaitu 2 buah, bertubuh lebar simentri lurus tumis cenderung tinggi dan dalam keadaan sehat. Seperti gambar yang ada di bawah ini :

Panduan Beternak Kambing Etawa Dengan Benar

Sedangkan untuk bibit pejantan, kalian bisa memilih pejantan yang memiliki punggus luruh atau tidak bengkok. postur tubuh yang besar dan gagah, memiliki kaki yang kokoh, memiliki umur lebih kurang 3 bulan serta kambing tidak dalam keadaan cacat, dan kambing lasak. Seperti gambar yang ada di bawah ini :

Panduan Beternak Kambing Etawa Dengan Benar

  • Pakan Untuk Kambing Etawa

Panduan Beternak Kambing Etawa Dengan Benar

Pemberian pakan untuk kambing Etawa tidak bisa kalian berikan dengan sembarangan. Karena kalian harus mempertimbangkan dengan Gizi yang ada pada kambing. Karena dengan kita memperhatikan hal tersebut kita bisa mengetahui usia kambing yang kita ternak.

Dalam pakan harus mengandung vitamin, karbohidrat, protein yang mudah di cerna oleh kambing. Untuk memberi pakan kambing, kalian harus pintar dalam mengelolah agar kalian tidak sulit dan rugi untuk mencari pakan tersebut.

Biasanya untuk pakan kambing kebanyakan orang memberinya rumput yang menjadi pakan utama. Untuk rumput kalian bisa memberikan rumput Gajah mini karena rumput tersebut bisa juga memberikan susu yang lebih baik. Jika kalian ingin memberikan pakan tambahan kalian bisa memberikan biji-bijian dan mineral.

Pemberian pakan rumput juga harus kita sesuaikan dengan beran badan di kambing. Maksimal pemberian pakan rumput bisa kalian lakukan setiap pagi, siang, dan tengah malam kita kita sudah mau tidur. Hal tersebut kalian lakukan agar si kambing menjadi bagus badannya dan pertumbuhannya.

Namun saat ini kebanyak peternak membuat pakan sendiri yang di permentasi melewati beberapa cara. Seperti bekatul dan kosentrat di padukan dengan perbandiangan 3:1. Cara lain yakni dengan memakai bekatul 50% di campur bungkil kelapa sekitar 25% sisanya pakah campuran antara bungkil kacang tanah dan ampas tahu.

  • Kandang Kambing Etawa

Panduan Beternak Kambing Etawa Dengan Benar

Untuk kandang bisa kalian membuat standarnya kandang untuk kambing etawa. Kadang harus terkena sinar matahari yang cukup, kandang harus bersih sedikit jauh dari rumah dan hawa angin dapat keluar masuk sehingga bertukaran udara yang bagus.

Tujuan kandang terkena sinar matahari yakni untuk mencegah kotoran dan bakteri yang cepat bertumbuh di lingkungan sekitar kandang. Selain itu kandang  agar tidak bau jika terkena sinar matahari, dan kambing juga sehar apabila terkena sinar matahari.

Dalam pembuatan kalian harus membuat kandang agar lebar. Mengapa begitu!! Karena kambing berkembangnya cepat, sehingga ketika sudah banyak kalian tidak perlu lagi nemambah kandang lagi. Untuk kandang kalian harus membuat beberapa sekat kandang. Karena ketika kambing yang baru beranak harus kalian pisahkan dengan kambing lainnya, agar anak kambing tidak di injak oleh kambing lainnya.

Untuk bawah kanding kambing kalian harus semen agar ketika air kecing kambing hatuh bisa mengalir ke tempatnya. Untuk atasnya kalian bisa pasang jaring agar kotoran kambing tidak berserak di bawah, sehingga kotoran bisa jatuh ke dalam karung yang menampungnya.

Panduan Beternak Kambing Etawa Dengan Benar

Nah itu panduan Panduan Beternak Kambing Etawa Dengan Benar. Jika kalian ingin berternak kalian bisa langsung membuat kandang dan memilih bibit kambing unggul dan terbaik. Setelah itu kalian bisa beternak dengan baik dan akan menjadi pengusaha kambing yang sukses.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Panduan Beternak Kambing Etawa Dengan Benar. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan panduan yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca panduan ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak Memberikan Segala Jenis Tentang Cara dan Bagaimana Beternak serta Melakukan Ternak Yang Baik

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan 150x150

    Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan

    Panduan Beternak - Apakah kalian merupakan para pecinta burung kicau?? Apakah sedang mencari Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan.? Jika kalian sudah penasaram dengan panduan beternak burung
  • Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil 150x150

    Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

    Panduan Beternak - Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil pasti ada saja yang mencoba usaha ini. Karena di mana jika ingin mencoba usaha ternak pastinya harus mulai dari usaha kecil - kecilan. Nah
  • Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur 150x150

    Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur

    Panduan Beternak - Beternak ayam petelur apakah kalian sudah mengerti dengan Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur ?? Kalian para pembinis harus mengerti dengan tips ini ya lur. Karena ini
  • Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah 150x150

    Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk usaha sarang burung walet di rumahan? Banyak sekarang yang mencoba untuk usaha burung walet di rumah,
  • Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula 150x150

    Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

    Panduan Beternak -Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula. Bagi kalian yang baru saja ingin mencoba untuk beternak lebah madu. Kalian bisa membaca panduan yang telah kami buat di bawah ini, karena