Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

Panduan Beternak -Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula. Bagi kalian yang baru saja ingin mencoba untuk beternak lebah madu. Kalian bisa membaca panduan yang telah kami buat di bawah ini, karena kami telah membuat panduan yang lengkap yang bisa kalian ikuti dalam usaha beternak lebah madu ini. Tanpa menunggu terlalu lama langsung saja yuk kita bahas artikel di bawah ini.

Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

Panduan Beternak

Lebah Madu adalah satu jenis hewan yang sangat banyak memberikan manfaat bagi manusia. Lebah madu ini akan menghasilkan madu yang bisa di konsumsi oleh manusia dan banyak mengandung protein dan vitamin yang sangat tinggi. Sehingga bagi para peternak lebah madu ini sangatlah menguntungkan, karena di mana bisnis satu ini sangatlah menjanjikan. Selain itu hasil madu yang di jual juga memiliki harga jual yang sangatlah tinggi.

Biasanya banyak orang yang dapat menghasilkan madu dari pohon yang ada di hutan dan di ambil madunya. Namun jaman sekarang ini sangatlah berbeda, karena di mana untuk menghasilkan madu di lakukan dengan Cara Beternak Lebah Madu. Dalam cara beternak lebah madu ini sangatlah mudah, asalkan kalian sudah mengetahu dan sudah paham dengan beternak lebah madu ini.

Bagi kalian yang baru saja pemula ingin mencoba untuk beternak lebah madu ini, kami akan memberikan sedikit panduan beternaknya kepada kalian. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja yuk kalian liat panduannya yang telah kami buat di bawah ini :

Lokasi Beternak Lebah Madu

Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

Dalam berbisnis lebah madu ini, kalian harus memilih lokasi yang tepat terlebih dahulu. Karena lokasi juga mempengaruhi pertumbuhan lebah dan juga madu yang akan hasilkan. Jadi jika kalian ingin mendapatkan madu yang berkualitas, maka pilihlah lokasi yang baik. Berikut ini ada beberapa lokasi yang bagus untuk beternak lebah madu, langsung saja sebagai berikut :

  1. Kalian harus perhatikan Suhu yang ideal. Biasanya lebah tinggal di suhu 26 derajat celsius.
  2. Carilah lokasi yang jauh dari Keramaian. Karena dengan keramaian akan membuat lebah menjadi agresif dan akan menyebabkan kematian pada lebah.
  3. Carilah sumber air yang bersih. Air ini akan di gunakan untuk lebah minum, jika tidak ada sumber air, maka kalian bisa sediakan untuk lebah.
  4. Pilihlah lokasi yang Banyak Bunga, dengan jarak tidak boleh lebih dari 2 km.
  5. Hindari tempat yang banyak Angin Kencang.
  6. Pilihlah lokasi yang memudahkan kendaran keluar masuk.

Namun apabila di sekitaran rumah kalian memiliki bunga yang banyak, maka kalian bisa menjadikan lokasi kandang lebah madu ini. Asalkan lokasi tersebut jauh dari kebisingan dan tidak memiliki angin yang kuat.

Membuat Kandang dan Sarang Lebah

Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

Jika sudah mendapatkan lokasi yang tepat, maka selanjutnya adalah pembuatan kandang dan sarang lebah. Dalam membuat kandang, kalian bisa menggunakan kandang kayu atau bambu. Untuk pembuaran kandang, kalian bisa membuat sesuai ukuran, dan biasanya di gunakan ukuran 20cm x 25cm.

Sementara untuk menghasilkan madu, maka kalian harus membuat sarang untuk lebah. Biasanya sarang bisa di buat 2-3 yang terbuat dari kayu menjadi bentuk bingkai. Untuk ukurannya kalian bisa membuat sesuai dengan ukuran kandang, sementara untuk tengahnya kalian bisa menggunakan jaring. Dan jangan lupa untuk memberikan royal jelly agar ratu lebah dan lebah-lebah lainya merasa nyaman di dalam sarang tersebut.

Memilih Lebah Madu

Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

Baca Juga : Cara Pelihara Kura-Kura Brazil Dengan Benar

Jika sudah, maka selanjutnya adalah pemilihan lebah yang akan kalian gunakan untuk menghasilkan madu. Dalam pemilihan lebah, kalian tidak boleh memilih dengan sembarangan, kalian harus memilih lebah sesuai dengan tugasnya masing-masing. Untuk pemilihan lebah ada 3 jenis lebah yang harus kalian pilih, apa saja jenisnya langsung saja sebagai berikut :

Lebah Pekerja, yaitu merupakan lebah yang bertugas untuk mencari nectar dan mengumpulkannya, membersihkan sarang, memberi makan lebah jantan dan betina serta menjaga sarang lebah agar tetap aman.

Ratu Lebah, untuk ratu lebah ini akan bertugas untuk menghasilkan telur atau anakan lebah, dalam seharinya ratu lebah akan menghasilkan 1.000 telur.

Lebah Jantan, sementara untuk lebah jantan ini akan bertugas untuk mengawinkan ratu lebah, biasanya jika ratu lebah sudah di kawinkan maka lebah jantan akan langsung mati.

Nah jadi kalian sudah tahu 3 jenis lebah yang harus kalian pilih dan tugasnya masing-miasng. Sementara untuk lebah kalian bisa menacari di hutan yang ada sarang lebah madu, atau kalian bisa membelinya di paara peternak lebah madu lainnya.

Perawatan Lebah Madu

Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

Waktunya kita masuk pada perawatan yang harus kalian lakukan dalam sehari-hari. Agar kesehatan lebah madu selalu terjaga maka kalian harus melakukan perawatan yang kami berikan di bawah ini :

  1. Membersihkan area sekitara kandang.
  2. Memberikan pakan lebah madu yang berkualitas, seperti bunga atau buah-buahan.
  3. Jika kalian menemukan lebah yang sakit, maka kalian bisa memindahkan ke lain tempat. Hal ini agar lebah lainnya tidak tertular penyakit tersebut.
  4. Jangan lupa juga memberikan pakan tambahan berupa gula aren atau gula yang di campur dengan air.

Pengendalian Hama dan Penyakit Lebah Madu

Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

Selanjutnya adalah pengendalian hama dan penyakit yang akan menyerang lebah. Untuk pengendalian hama dan penyakit ini harus di lakukan dengan tepat, yaitu membersihkan gulma yang berada di lingkungan, dan memberantas hama semut, kecoa, cicak dan tabungan dengan cara membuat asap dan menyemprotkan insectisida.

Pemanenan Madu

Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

Jika sudah melewatai langkah-langkah di atas, maka akan masuklah pada cara pemanenan Lebah Madu. Untuk panen maka kalian bisa lakukan pada saat lebah berumur 40 hari. Untuk langkah-langkah panen bisa kalian lakukan sebagai berikut :

  1. Pakailah alat pengaman seperti sarung tangan, plastik, jaket dan penutup wajah agat tidak tersengat  lebah madu.
  2. Langkah selanjutnya adalah angkat perlahan-lahan krat atau sarang pada rumah lebah madu.
  3. Pengangkatan sebaiknya di lakukan dengan hati-hati agar sarang tidak mudah hancur.
  4. Sementara itu kalian juga bisa melakukan pengasapan pada lebah madu pada saat pemanenan berlangsung.
  5. Setelah di angkat, maka kalian bisa pisahkan lebah yang masih menempel serta telur yang masih menempel.
  6. Lalu letakan pada suata tempat atau wadah yang bersih.
  7. Jika sudah, maka selanjutnya langsung peras madu yang yang ada di sangkar tersebut.

Sementara untuk madu yang sudah kalian panen bisa kalian jual ke pasar, atau ke toko obat. Kalian tidak perlu risau, karena madu ini sangatlah banyak manfaatnya sehingga seberapa banyak madu yang kalian hasilkan pasti akan habis. Jika madu kalian terkenal berkualitas, maka madu kalian akan di ekspot keluar negri.

Atau jika kalian ingin mencari uang sampingan, kalian bisa menjual di rumah juga, membuka kedai kecil-kecilan sebagai penjual madu berkualitas.

Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan panduan yang kami berikan di atas? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja mencoba bisnis lebah madu ini pastinya sangat menguntungkan. Kalian bisa mencoba untuk beternak menggunakan panduan beternak lebah madu yang kami berikan di atas. Atau jika kalian ingin mencari infotmasi mengenai beternak lainnya kalian bisa membaca Panduan Belajar Beternak yang akan memberikan kalian informasi mengenai beternak.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan Informasi Panduan Beternak yang lainnya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan 150x150

    Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan

    Panduan Beternak - Apakah kalian merupakan para pecinta burung kicau?? Apakah sedang mencari Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan.? Jika kalian sudah penasaram dengan panduan beternak burung
  • Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil 150x150

    Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

    Panduan Beternak - Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil pasti ada saja yang mencoba usaha ini. Karena di mana jika ingin mencoba usaha ternak pastinya harus mulai dari usaha kecil - kecilan. Nah
  • Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur 150x150

    Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur

    Panduan Beternak - Beternak ayam petelur apakah kalian sudah mengerti dengan Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur ?? Kalian para pembinis harus mengerti dengan tips ini ya lur. Karena ini
  • Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah 150x150

    Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk usaha sarang burung walet di rumahan? Banyak sekarang yang mencoba untuk usaha burung walet di rumah,
  • Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula 150x150

    Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

    Panduan Beternak -Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula. Bagi kalian yang baru saja ingin mencoba untuk beternak lebah madu. Kalian bisa membaca panduan yang telah kami buat di bawah ini, karena