Panduan Beternak Sapi Bali Agar Cepat Gemuk

Panduan Beternak – Beternak sapi yang menguntungkan pastinya harus memerlukan Panduan Beternak Sapi Bali Agar Cepat Gemuk. Jika kalian ingin mendapatkan panduan beternak sapi bali yang benar kalian bisa membaca artikel yang akan kami di bawah ini. Tanpa menunggu lama lagi langsung saja kita bahas artikel kami buat di bawah ini.

Panduan Beternak Sapi Bali Agar Cepat Gemuk

Panduan Beternak Sapi Bali Agar Cepat Gemuk

Sapi Bali merupakan banteng yang di jinakan dengan tubuh kecil dari banteng dengan berat badan, berkisar 300-400 Kg. Untuk tipe bali yang biasa di gunakan untuk sapi potong dengan karkas mencapai 57%, sapi bali biasa terdapat di Bali, Jawa Timur, Timor dan Sulawesi. Sapi bali memiliki tanda yang perbedaan dengan sapi lainnya sebagai berikut :

  • Wana sapi seperti warna sawo matang.
  • Terdapat white shocking (putih pada kaki).
  • White merror pada pantat.
  • Tanduk sapi jantan ahak keluar kepada, sedangkan tanduk betina agak ke dalam. Tinggi ± 130cm.

Banyak sekarang beternak sapi karena yang di mana keuntungan yang sangat besar. Sehingga untuk beternak sapi ini sangatlah banyak di minatti oleh masyarakat indonesia. Sapi bali ini tulangnya sangatlah kecil sehingga untuk daging pastinya sangat banyak yang di hasilkan. Untuk menandai sapi bali sangatlah muah, kalian hanya perlu melihat punuk sapi saja, jika tidak memiliki punuk bearti itu adalah sapi bali. Karena sapi bali tidak memiliki punuk yang layaknya seperti sapi lainnya. QDewi Login

Bagaimana apakah kalian ingin mencoba untuk beternak sapi bali ini? Jika kalian ingin beternaknya berikut ini kami akan memberikan Panduan Beternak Sapi bali agar cepat gemuk kepada kalian. Langsung saja kita bahas artikel di bawah ini :

Menyiapin Kandang Sapi

Panduan Beternak Sapi Bali Agar Cepat Gemuk

 

Pembuatan kandang sapi harus benar-benar kalian pahami. Kalian harus perhatikan kandang yang kalian buat, jika kalian ingin mendapatkan kandang yang tahan lama maka kalian bisa membuatnya dengan bahan yang bagus. Jika kalian ingin membuat kandang maka di dalam kandang harus memiliki alat sebagai berikut :

  • Tempat pakan yang terbuat dari semen, untuk kandang kalian bisa membuatnya dari semen. Karena jika kalian membuatnya dari semen kalian juga bisa menggunaknnya untuk memberikan vitamin yang mengandung air. Jika kalian menggunakan kayu atau papan maka akan cepat lapuk karena terkena air.
  • Kandang harus memiliki tenpat minum, ingat bukan kita saja memerlukan air tapi sapi juga memerlukan air untuk minum.
  • Untuk lantai kandang kalian bisa membuat lantai semen, agar kalian lebih mudah untuk membersihkan kotoran sapi.
  • Membuat suluran kotoran, untuk kalian yang ingin membuat kandang sapi kalian juga harus membuat saluran pemnbuangan kotorannya juga.
  • Lantai harus lebih tinggi dari pada tanah semestinya, karena ketika banjit kandang tidak akan terkena air.
  • Untuk Atap kalian bisa menggunakan senk agar tahan lama.

Itulah untuk pembuatan kandang kalian bisa mencoba dan jika kalian mempunya ide yang lebih bagus untuk membuat kandang kalian bisa mencobanya.

Menyediakan Bibit Sapi Bekualitas

Panduan Beternak Sapi Bali Agar Cepat Gemuk

Nah jika kalian sudah memiliki kandang untuk sapi, maka selanjutnya kalian bisa mencari bibit sapi yang berkualitan. Untuk memiliki bibit kalian harus bener – bener perhatikan, agar bibit sapi yang kalian tidak salah memiliki bibit sapi. Untuk memilih bibit sapi yang berkualitan sebagai berikut :

  • Memiliki bentuk tubuh yang proprsional, yaitu mempunya rangka tbuh yang kokoh seta lebar.
  • Memiliki tinggi badan yang sama antara depan dan belakang dengan bentung bandan yang panjang.
  • Memiliki dada yang lebar, sama dengan mempunya dada yang lebar akan membuat pertumbuhan daging di daerah dada sapi bisa maksimal.
  • Memiliki bulu yang kering, pendek dengan mata yang bersina dan responsif terhadap manusia dan lingkungan sekitar.
  • Bibi sapi yang bagus biasanya mempunya pantat yang lebar serta perut kevil. Sebab, bibi sapi yang mempunyai perut besar menandakan bahwa bibit sapi terkena penyakit cacingan. Karena jika perut sapi terlalu besar maka akan menghambat pertumbuhan sapi.
  • Memiliki kaki yang besar dan kokoh untuk menahan badan sapi yang semakin besar.
  • Pilihlah bibit sapi yang badannya tidak kurus atau gemuk, kalian bisa memilih dengan pendapat kalian sendiri.

Ingat untuk memilih bibit yang akan menjadi indukan kalian bisa memilih indukan yang memiliki 4 buah puting. Angar sapi tidak kesulitan menyusui ketika melahirkan.

Pakan Sapi Rumput Berkualitas

Panduan Beternak Sapi Bali Agar Cepat Gemuk

Untuk pemberian pakan ingat kalian juga tidak bisa memberikannya sembarangan. Dan penyediakan pakan harus di usahakan terus – menerus dan sesuai dengan standar gizi yang di butuhkan hewan ternak. Pemberian pakan pada ternak api yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi seharunya, maka ternak akan menyebabkan defisiensi zat makanan.

Nah jika kalian ingin memberikan pakan sapi dengan rumput, maka kalian bisa memilih rumput unggulan sebagai berikut :

  • Rumput benggala atau panicum mazimum merupakan rumput kesukaan sapi dan memiliki gizi yang sangat bagus. Tinggi rumput ini bia mencapai 2 meter.
  • Rumput Gajah Hawaim, rumput ini juga termasuk rumput yang di sukai sapi karena memiliki daya produksi yang tinggi. Dan rumput ini memiliki ketinggian 2 meter.
  • Setaria atau sphacelata, rumput ini juga merupakan rumput kesukaan sapi. Selain itu rumput ini juga merupakan rumput yang tahan kering. Rumput setaria dapat tunggu dengan ketinggian 1,5 meter.
  • Rumput Raja atau King Grass, merupakan rumput yang tumbuh dari hasil silangan rumput gajah. Namun memiliki jumpak prosduksi yang lebih tinggi di bandingkan rumput gajak. Selain itu rumput raja juga tidak berbunga.

Untuk rumput yang di atas bisa juga kalian tanam, karena kebanyak para peternak sekarang yang menanam rumput sendiri agar tidak kehabisan rumput. Selain rumput sapi juga harus kalian berikan pakan sampingan seperti biji-bijian dengan campuran Konsentrat dedak dan tetes tebu.

Merawat Kesehatan Sapi

Panduan Beternak Sapi Bali Agar Cepat Gemuk

Selain hanya memberikan pakan pada sapi, kalian juga harus selalu menjaga kesehatan sapi agar sapi tidak mudah sakit dan yang akan menyebabkan kematian pada sapi. Untuk menjaga kesehan sapi ada beberapa hal yang peru kalian perhatikan. Apa saja langsung saja sebagai berikut :

  • Perhatikan pakan ternak yang di gunakan. Saat ini banyak sekali jenis pakan yang di gunakan untuk ternak seperti pakan kering dan pakan basah. Banyak peternak yang memilih menggunakan pakan kering karena lebih mudah di dapatkan. Nah jadi sebelum kalian memberikannya kalian bisa memperharikan gizi dan prosteinnya, karena jika kalian memberikan kelebihan maka akan menyebabkan sapi menjadi sakit.
  • Kedua, jada kebersihan kandang. Untuk menjaga kebersihan kandang juga harus kalian perhatikan karena kandang yang kotor pastinya memiliki banyak bakteri dan kuman yang bisa membuat sapi menjadi sakit.
  • Ketiga, memberikan obat cacing, nah untuk kalian jangan lupa juga untuk memberikan obat cacing kepada sapi. Karena dengan memberikan obat cacing sapi akan terhindar dari cacingan.
  • Keempat, perhatikan Ektoparasit yang merupakan jenis parasit yang hidup dengan cara menempel di badan sapi, seperti serangga. Parasit jenis ini dapat menyebabkan sapi menjadi kurus.
  • Kelima Memandikan Sapi, nah apabila kalian sudah melihat sapi kotor maka kalian bisa memandikan sapi. Agar sapi selalu sehat dan segar, maka sapi bisa kalian mandikan, namun ingat jika cuaca sedang mendung maka jangan memandikan sapi terlebih dahulu.

Untuk perawatan sapi ini jangan sampai tidak kalian lakukan karena ini sangat perlu dalam beternak sapi.

Panduan Beternak Sapi Bali Agar Cepat Gemuk

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan panduan beternak sapi bali yang kami berikan ini? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi. Langsung saja siapkan modal kalian untuk beternak sapi,  jika sudah memiliki modal maka kalian sudah bisa mencoba untuk beternak sesuai dengan panduan beternak sapi bali yang kami berikan di atas.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaa kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Panduan Beternak Sapi Bali Agar Cepat Gemuk. Sampai jumpa kembali di artikel Panduan kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapakan Teriama Kasih.

Panduan Beternak Sapi Bali Agar Cepat Gemuk

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan 150x150

    Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan

    Panduan Beternak - Apakah kalian merupakan para pecinta burung kicau?? Apakah sedang mencari Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan.? Jika kalian sudah penasaram dengan panduan beternak burung
  • Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil 150x150

    Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

    Panduan Beternak - Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil pasti ada saja yang mencoba usaha ini. Karena di mana jika ingin mencoba usaha ternak pastinya harus mulai dari usaha kecil - kecilan. Nah
  • Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur 150x150

    Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur

    Panduan Beternak - Beternak ayam petelur apakah kalian sudah mengerti dengan Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur ?? Kalian para pembinis harus mengerti dengan tips ini ya lur. Karena ini
  • Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah 150x150

    Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk usaha sarang burung walet di rumahan? Banyak sekarang yang mencoba untuk usaha burung walet di rumah,
  • Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula 150x150

    Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

    Panduan Beternak -Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula. Bagi kalian yang baru saja ingin mencoba untuk beternak lebah madu. Kalian bisa membaca panduan yang telah kami buat di bawah ini, karena