Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan

Panduan Beternak – Beternak sapi potong sangatlah menguntungkan apabilan kita mengetahui mengenai panduan Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan. Jika kita sudah pengetahui hal tersebut maka sudah tidak usah di ragukan lagi. Karena kalian akan menjadi seorang pengusaha sapi potong yang sukses, bagaimana agar bisa menguntungkan dalam bisnis sapi ini? Langsung saja kita bahas Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan. Informasi Game Online

Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan

Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan

Saat ini banyak yang beternak sapi potong yang dimana katanya beternak sapi potong ini sangat menguntungkan. Dan bisnis sapi potong ini tidak akan membuat kalian menjadi rugi dan bangkrut, asalkan kalian paham dengan cara berbisnis sapi potong yang menguntungkan ini. Sejauh ini sangat sulit untuk mencari orang peternak yang mengeluh karena gagal dalam berbisnis sapi potong ini.

Untuk sapi potong ini memiliki berbagai jenis yang biasa di gunakan untuk berbisnis. Jika kalian ingin mencoba berbisnis sapi potong ini, berikut ini beberapa jenis sapi potong yang bisa kalian pilih untuk di jadikan ternak. Langsung saja untuk jenis sapi potongnya sebagai berikut :

  • Sapi Ongole

Sapi ini bersal dari India, banyak peternak yang memilih sapi ongole. Untuk jenis ongole ada dua yaitu sapi peranakan ongole dan sumba ongole. Sapi onggole berkulit putih, di sekitar kepalanya sedikit lebih gelap atau cenderung abu-abu. Postur tubuhnya agar panjang, dan lehernya sedikit pendek dan kakinya terlihat panjang.

  • Sapi Bali

Untuk bali memiliki warna tubuh coklat, apabila umurnya semakin tua maka warna sapi akan semakin gelap. Jenis aspi ini sangat di sukai karena tekstur daging  yang lembut dan sedikit lemak. Untuk beternak sapi bali ini sangat cocok di daerah tropis.

  • Sapi Impor

Sapi impor merupakan sapi yang berasal dari negara Amerika, Eropa, australia yang mempunya iklim sub tropis bisa di budidayakan di Indonesia. Sapi – sapi ini memiliki keunggulan dalam ukuran tubuh dan pertumbuhan dagingnya. Beberapa sapi impor yang di kenal seperti limosin, aberdeen, simental, brahman, dan brangus.

Lokasi Yang Pas Bisnis Sapi Potong

Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan

Sebelum kalian membeli bibit dan pembuatan kandang, maka kalian bisa memastikan lokasi yang baik untuk beternak sapi potong ini. Jika kalian ingin mencoba untuk beternak dengan jumlah yang banyak kalian bisa memilih lokasi yang agak luas, agar bisa membuat kandang yang besar dan bisa menampung sapi yang kalian beli.

Namun jika kalian hanya ingin mencoba untuk beternak sapi 2-3 ekor, kalian bisa memilih lokasi di sebelah rumah dan belakang kandang. Untuk lokasi kalian harus lebih memastikan terlebih dahulu agar lebih memudahkan  transfortasi lewat ketika ingin mengankut sapi.

Kandang Sapi Potong

Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan

Jika kalian sudah mendapatkan lokasi yang cocok maka selanjutnya kalian bisa membuat kandang sapi. Dalam pembuatan kandang sapi memiiliki tiga tipe kandang, yaitu kandang dengan dinding terbuka, kandang setengah terbukam dan dinding tertutup.

Dalam pembuatan kalian harus membuat tempat makan dan minum utnuk si sapi. Kalian bisa membuat kandang menggunakan bahaya yang tidak berbahaya bagi si sapi. Kalian bisa membuat kandang menggunakan semen dengan bentuk seperti bak. Tempat tambat, tambat merupakan tonggak, tiang atau palang untuk mengikat sapi agar tidak bergerak terlalu banyak. Kalian harus buat tiangnya ini dengan kokoh agat tidak mudah roboh kerika mengikat si sapi.

Selanjutnya adalan peralatan yang harus kalian siapkan di kandang sapi, sebegai berikut :

  1. Sekop
  2. Garpu/Garu
  3. Sapu Lidi
  4. Selang
  5. Sikat
  6. Tali

Untuk mengendalikan perawatan kalian bisa menyediakan alat suntik, vaksin, dan obat-obatan lainnya.

Bibit Sapi Potong

Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan

Jika kalian sudah membuat kandang sapi. Maka selanjutnya kalian harus membeli bibit sapi yang berkualitas. Untuk ciri-ciri sapi bakalan yang berkualitas sebagai berikut :

  1. Bibit sapi memiliki sisilan yang jelas dan di ketahui sifat-sifatnya.
  2. Tubuh sapi padat, tidak cacar, dan kulitnya mulus tidak di temui parasit.
  3. Mata cerah,bersih, tidak kotor dan tidak berair.
  4. Pernapasan baik, tidak ada lendir keluar dari hidungnya.
  5. Kukunya baik, tidak ada bengkak bila di raba tidak terasa panas.
  6. Pada bagian dubur tidak terlihat ada bekas mencret.

Jika kalian sudah mendapatkan sapi yang sama seperti ciri-ciri di atas. Maka kalian bisa langsung membeli sapi yang ada di atas.

Pemberian Pakan Sapi Potong

Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan

Pemberian pakan merupakan salah satu faktor utama dalam bisnis sapi potong. Jika kalian ingin mendapatkan sapi potong dengan postur tubuh yang bagus dan ideal. Maka kalian bisa memberikan sapi makanan yang berkualitas, dan memiliki gizi yang tinggi sehingga sapi cepat gemuk.  Ada beberapa jenis pakan yang berkualiras untuk sapi, apa saja? Langsung saja sebagai berikut :

  1. Pakan Berserat, untuk jenis pakan ini bisa berupa hijauan sepert rumput-rumputan, leguminosa dam tana,am lainnya. Limbah pertanian seperti jerami padi, jerami jagung, daun kacang tanah, dan pucuk tubuh.
  2. Kosentrat, atau biasanya di sebut sebagai bahan penguat terdiri dari biji-bijian, umbi-umbian dan limbah pengolahan hasil pertanian lainnya.
  3. Pakan Tambahan, biasanya di berikan seperti vitamin, mineral, enzim, antibiotik, urea dan lain-lainnya.

Pakan kosentrat untuk sapi bisa di buat dari berbagai macam bahan, yang penting bahan tersebut memiliki kadar protein 12% dan zat dalam apakan yang bisa di cerna sebesar 60-70%. Jumlah pemberian pakan kosentrat 1-2% dari bobot tubuh sapi.

Pengawinan Sapi Potong

Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan

Untuk sapi potong yang sudah siap kawin bisa kalian kawin secara suntik. Yang di mana di kawinkan melalui dokter spesial hewan. Agar kalian bisa mendapatkan bibit sapi yang lebih bagus. Umtuk peyuntikan kalian bisa lakukan di pagi atau di malam hari. Ketika sapi meminta kawin, sapi akan berisik tidak seperti biasanya, dan di kelamin sapi akan mengeluarkan cairan kental yang menandakan sapi minta kawain.

Perawatan Sapi Potong

Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan

Selanjutnya perawatan sapi potong yang bisa kalian dalam sehari-hari. Bagaimana cara merawat sapi potong dengan benar? Langsung saja kita bahas di bawah ini :

  1. Kalian bisa memberikan obat cacing dan vaksinasi kepada sapi.
  2. Membersihakan kandang sapi sertiap hari. Agar sapi terhindar dari akteri dan tidak mudah sakit kalian membersihkan kandang sapi.
  3. Dalam membersihkan kandang sapi kalian bisa juga sekalian memandikan sapi, agar sapi selalu segar dan kelihat

Pemasaran Sapi Potong

Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan

Panen sapi potong !! Sebenarnya untuk panen sapi tidak ada waktu dan kapan. Kalian bisa memanen sapi kapan saja. Karena sapi merupakan hewan yang sangat banyak di cari konsumen untuk di jadikan bahan makanan. Jadi jika kalian sudah memeliki langganan penjual daging sapi, maka mereka akan datang tersu kepada kalian dengan syarat kalian harus memiliki stok sapi potong terus.

Syarat agar sapi banyak di minati penjual daging, kalian harus memiliki sapi dengan daging yang cukup banyak yang besar. Karena agar konsumen tidak rugi dalam membeli dan kalian juga tidak rugi ketika jual sapi, kalian bisa menjual sapi yang sudah cukup umur dengan bobot yang besar.

Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan

Nah itulah beberapan panduan bisni sapi potong dari kami yang bisa kalian coba. Semoga kalian para  peternak bisa menjadikan bisnis sapi potong ini dengan mendapatkan keuntungan yang besar. Jika kalian belum mencobanya maka kalian bisa mencoba untuk berbisnis sapi potong ini menggunakan panduan bisnis sapi potong yang kami berikan ini.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Free Chips Setiap Hari

Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan. Sampai jumpa kembali di artikel Panduan Beternak kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Bisnis Sapi Potong Menguntungkan

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan 150x150

    Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan

    Panduan Beternak - Apakah kalian merupakan para pecinta burung kicau?? Apakah sedang mencari Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan.? Jika kalian sudah penasaram dengan panduan beternak burung
  • Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil 150x150

    Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil

    Panduan Beternak - Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil pasti ada saja yang mencoba usaha ini. Karena di mana jika ingin mencoba usaha ternak pastinya harus mulai dari usaha kecil - kecilan. Nah
  • Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur 150x150

    Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur

    Panduan Beternak - Beternak ayam petelur apakah kalian sudah mengerti dengan Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur ?? Kalian para pembinis harus mengerti dengan tips ini ya lur. Karena ini
  • Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah 150x150

    Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah

    Panduan Beternak - Panduan Beternak Burung Walet Di Rumah. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk usaha sarang burung walet di rumahan? Banyak sekarang yang mencoba untuk usaha burung walet di rumah,
  • Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula 150x150

    Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula

    Panduan Beternak -Panduan Beternak Lebah Madu Untuk Pemula. Bagi kalian yang baru saja ingin mencoba untuk beternak lebah madu. Kalian bisa membaca panduan yang telah kami buat di bawah ini, karena