Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula

Panduan Beternak –  Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula, merupakan judul yang akan kami bahas kali ini. Jika kalian ingin mencari panduan beternak ayam kampung kalian bisa membaca artikel yang kami buat di bawah ini. Karena artikel ini kami buat untuk para peternak yang baru saja mencoba untuk beternak ayam kampung ini. Infomasi Game Online

Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula

Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula

Ayam Kampung, merupakan salah satu hewan unggas yang sudah terkenal di seluruh Indonesia bahkan sampai ke pelosok-pelosok. Daging ayam kampung ini sangatlah mengandung protein yang sangat tinggi, di bandingkan dengan ayam lainnya. Ayam ini juga banyak di gunakan sebagai obat  karena ayam kampung ini sangat banyak manfaatnya untuk di konsumsi. QDewi Login

Banyak mencoba untuk beternak ayam kampung ini karena cara ternaknya yang sangat mudah dan keuntungan yang di dapatkan juga sangat menguntungkan. Sehingga banyak yang mencoba untuk beternak ayam kampung, biasanya beternak ayam kampung ini di jadikan sebagai hewan ternak sampingan.

Nah apakah kalian juga ingin mencoba untuk beternak ayam kampung ini? Jika kalian ingin mencoba beternak ayam kampung ini kalian bisa beternak menggunakan panduan beternak ayam kampung yang telah kami buat di bawah ini. Langsung saja kalian baca artikel di bawah ini :

Siapkan Lokasi dan Kandang Ayam

Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula

Sebelum ternak ayam kampung, maka kalian harus mempersiapkan lokasi kandang ayam terlebih dahulu. Untuk lokasi, kalian jangan pernah memilih lokasi yang mudah tergenang air. Kalian bisa memilih lokasi yang memiliki dataran tinggi. Untuk lokasi juga kalian harus memilih yang aman dari hewan predator yang mengancam kehidupan ayam.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Bangkok Dengan Benar

Nah jika kalian sudah mendapatkan lokasi, maka selanjutnya kalian bisa membuat kandang ayam terlebih dahulu. Untuk ukuran kandang akan di lihat dari jumlah ayam yang akan kalian ternak, jika jumlah yang ingin kalian ternak besar, maka kalian bisa membuat kandang yang besar. Untuk kandang kalian harus mempersiapakan tempat makan dan tempat minum.

Agar ayam bisa berkembang, maka kalian bisa membuat beberapa ruangan atau kotak untuk tempat ayam bertelur dan mengeram apabila ayam betina sudah di kawinkan dengan ayam jantan. Dan untuk kandang kalian bisa memberikan kayu yang di gunakan untuk tempat tengkrengan ayam.

Pilihlah Bibit Berkualitas, dan Yang Unggul

Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula

Jika kandang sudah kalian buat, maka selanjutnya kalian bisa menyediakan bibit ayam kampung. Untuk selanjutnya kalian bisa memilih bibit ayam yang berkualitas. Agar kalian mendapatkan telur dan ayam berkualitas, maka kalian bisa memilih ayam dengan ciri-ciri yang ada di bawah ini :

  1. Bibit ayam kelihatan sehat dari fisik luar.
  2. Bulu halusnya tumbuh dengan sempurna.
  3. Badannya tidak ada cacat.
  4. Mempunya nafsu maka yang kuat.
  5. Mempunyai postur badan yang seragam.
  6. Mempunyai kaki yang lurus dan berdiri dengan tegak.
  7. Tubuhnya padat berisi

Jika sudah mendapatkan ayam seperti ciri-ciri di atas, maka kalian bisa langsung memilih ayam tersebut dan membawa pulan lalu di masukan ke kandang yang kalian buat tadinya.

Baca Juga : Cara Beternak Ayam Kalkun Dengan Baik

Memberikan Pakan Ayam Bergizi

Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula

Dalam beternak ayam kampung maka yang harus kalian perhatikan adalah perawatan pada ayam. Jika kalian ingin mendapat hasil berat badan dengan waktu yang singkat, maka kalian bisa memberikan ayam pakan yang berkualitas dan bermutu.

Untuk pakan ayam kalian bisa memberikan seperti Poer halus untuk bibit ayam kampung, sedangkan jika ayam sudah kelihatan besar, maka kalian bisa memberikan pakan jagung. Agar ayam tumbuh dengan cepat, maka kallian bisa memberikan ayam makan makanan yang mengandung gizi, protein yang cukup tinggi.

Baca Juga : Ternak Ayam Potong Dengan Keuntungan Yang Besar

Perawatan Ayam Kampung

Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula

Kalian harus perhatikan dalam perawatan ayam, karena ayam  merupakan hewan unggas yang sangat mudah terserang penyakit. Jadi dalam merasawat ayam kampung harus kalian perhatikan selalu, agar ayam tidak mudah terserang penyakit yang akan menyebabkan kematian. Jika kalian ingin tau apa saja perawatan yang harus di perhatikan, langsung saja sebagai berikut :

  • Pembersihan Kandang
    Agar ayam tidak mudah terserang penyakit maka kalian harus rajin membersihkan kotoran yang ada pada kandang ayam. Kandang ayam harus kalian bersihkan setiap hari, agar tidak ada bakteri dan kuman yang akan menyerangkan pada ayam dan akan menyebabkan kematian pada ayam.
  • Memberikan Vaksin
    Selain ini, kalian juga harus memberikan vaksin pada ayam. Kegunaan vaksin ini akan membuat tubuh ayam dan tidak akan membuat ayam menjadi mudah sakit. Pemberian vaksin bisa di berikan pada saat kalian membelinya dan pada dewasa.

Nah apabila kalian mendapatkan ayam yang sakit, maka kalian bisa memindahkan ayam tersebut ke tempat lain, hal ini di lakukan agar ayam lainnya tidak mudah menular oleh penyakit yang ada pada ayam tersebut.

Baca Juga : Panduan Beternak Ayam Bangkok Aduan

Pemasaran Ayam Kampung

Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula

Pada saat perawatan maka akan ada masuk waktu panen. Biasanya setiap panen para peternak akan menjual kasil panennya ke pasar, atau biasanya konsumen akan menyamparin ke lokasi ternak kalian untuk mengambil ayam tersebut. Untuk ayam akan di perhitungan dengan berat badan ayam. Jika kalian ingin mendapatkan konsumen yang banyak, maka kalian bisa menjualnya ke para restoran makanan padang.

Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula

Nah bagaimana apakah kalian sudah paham dengan panduan ternak ayam kampung yang kami berikan ini? Apakah kalian sudah ingin mencoba untuk beternak ayam kampung ini? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi, langsung saja mencoba ternak ayam kampung ini menggunakan panduan ternak ayam kampung yang kami berikan di atas.

Jangan lupa baca juga :

Panduan Belajar Beternak

Angon Kambing

Free Chips Setiap Hari

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula. Sampai jumpa kembali di artikel Panduan kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium 150x150

    Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium

    Panduan Beternak - Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium merupakan pembahas kami kali ini yang akan kami berikan kepada kalian yang berminat. Jika kalian memiliki akuarium di rumah, dan kalian
  • Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak-min 150x150

    Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

    Panduan Beternak - Bagi para penghoby atau para peternak apakah mengetahui mengenai Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak. Banyak para peternak dan penghoby yang memilih jenis kambingnya yang
  • Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat 150x150

    Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat

    Panduan Beternak - Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat. Bagi kalian yang memiliki bisnis sapi lokal namun masih belum mengerti dengan cara penggemuaknnya. Nah kalian tidak perlu risau, karena
  • Tips Ternak Kelinci Perdaging Agar Cepat Gemuk 150x150

    Tips Ternak Kelinci Pedaging Agar Cepat Gemuk

    Panduan Beternak - Tips Ternak Kelinci Pedaging Agar Cepat Gemuk. Bagi kalian yang memiliki bisnis ternak kelinci pedaging ini, namun lama dalam perkembang proses penggemukan!! Nah kalian tidak perlu
  • Cara Merawat Domba Garut Untuk Kontes 150x150

    Cara Merawat Domba Garut Untuk Kontes

    Panduan Beternak - Cara Merawat Domba Garut Untuk Kontes. Bagi kalian yang memiliki domba garut untuk di jadikan domba garut namun masih belum mengerti dengan cara merawatnya. Nah kalian tidak perlu