Panduan Ternak Itik Petelur Bagi Pemula

Panduan Beternak – Jika kalian ingin mencoba untuk ternak itik petelur ini. berikut ini kami telah membuat. Panduan Ternak itik Petelur Bagi Pemula, tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja kalian bahas artikel di bawah ini. Agar kalian bisa mendapatkan pengalaman yang lebih jauh lagi, maka kalian bisa simak artikel kami di bawah ini.

Panduan Ternak Itik Petelur Bagi Pemula

Itik merupakan salah satu hewan unggas yang sama jenis dengan bebek. Itik biasa sangat senang dengan yang di namakan air. Bahkan mereka bisa mencari makan di dalam air dengan cara mereka sendiri. Banyak sekarang yang ternak itik petelur karena di mana memang keuntungan yang di dapatkan sangalah besar. Namun semua kembali lagi kepada cara peternaknya ya guys.

Kegunaan dari ternak itik ini banyak ya guys, mulai dari daging, telur dan kotor juga sangat di butuhkan oleh yang membutuhkannya. Dalam ternak itik ini, biaya yang di butuhkan tidaklah begitu besar, hanya saja kalian perlu ketelitian dan keahlihan dalam ternak itik ini. Dan bahkan ternak itik ini tidaklah begitu sulit sama seperti cara ternak domba ya guys.

Nah apakah kalian ingin mendapatkan keuntungan yang besar dari ternak itik ini? Jika kalian merupakan pemula dalam ternak itik, berikut ini kami ada beberapa panduan ternak itik petelur yang bisa kalian coba. Gimana panduannya? langsung saja yuk di simak artikel kami di bawah ini :

Kandang Ternak Itik

Panduan Ternak itik Petelur Bagi Pemula

Dalam langkah pertama adalah membuat kandang ya guys. Dalam pembuatan kandang kami menyarankan kepada kalian agar lebih perhatikan kandang untuk si itik. Agar itik bisa merasakan kenyamanan berada di kandang yang kalian buat. Dalam pembuatan kandang maka kalian harus membuat dinding dengan keadaan tertutup. Namun kalian memberikan lubang sedikit untuk pergantian udara ya guys.

untuk kandang yang baik untuk itik petelur sebagai berikut :

  1. Suhu di dalam kandang yang baik adalah berkisar antara 35 – 40 derajat celsius.
  2. Kelembapan udara sekitar 60%.
  3. Mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup.

Ingat ya guys, dalam persiapan kandang kalian harus perhatikan dengan benar ya guys. Jangan sampai kalian membuat kandang asal – asalan saja ya guys. Karena itu hanya membuat kalian menjadi rugi jika kandang yang kalian buat dengan asal – asalan.

Sementara untuk persiapaan tempat makan dan tempat minum bebek juga harus kalian lakukan ya guys. Untuk itu kalian bisa mempersiapkan wadah saja ya guys. Dan jangan lupa juga kalian siapkan tempat bertelurnya bebek. Agar ketika bebek ingin bertelur mereka tidak akan kesulitan dalam mencari sarang ya guys.

Bibit Itik

Panduan Ternak itik Petelur Bagi Pemula

Selanjutnya adalam mempersiapakan bibit itik ya guys agar mendapatkan bibit itik yang berkualitas, maka kami sarankan agar kalian langsung membeli itik yang sudah menetas di toko unggas atau di tempat para peternak lainnya ya guys. Namun dengan membeli bibit langsung kalian akan mengeluarkan modal sangat begitu besar ya guys.

Dalam pembeli bibit bebek, maka kalian bisa memilih bebek yang jalannya lincah dan lasak kemsana kemari ya guys. Dan kalian juga bisa memilih bebek yang memiliki nafsu makan yang kuat ya guys, yang paling penting kalian bisa memilih bebek tersebut yang berkualitas dan tidak cacat di luar dan di dalam.

Namun jika sebelumnya kalian memiliki induk bebek yang sedang mengeram atau induk ayam maka kalian bisa membeli beberapa butir telur dan masukan ke dalam sangkar tempat pengeraman ya guys. Namun kalian harus masukan dengan pelan – pelan ya guys, jangan sampai induk tersebut mengetahuinya, karena jika mereka mengetahuinya maka tidak akan mau di erami telur yang kalian masukan tadinya.

Pakan Itik Petelur

Panduan Ternak itik Petelur Bagi Pemula

Selanjutnya masuk pada pakan itik ya guys. Jika kalian ingin itik tumbuh dengan cepat. Maka kalian harus perhatikan manajemen pakan itik ya guys. Untuk itik petelur maka mereka membutuhkan pakan yang mengandung protein sebanyak 17%-20% dan sebesar 2.700kkal – 2.88kkal. Dalam pemberikan pakan yang mengandung sumber karbonhidrat, kalian bisa memberikan seperti dedak, jagung, kerak  atau aking ( nasi yang sudah di jemur kering) dan menir.

Semenyara intuk pakan yang mengandung sumber protein seperti ikan rucah, kerang, remis, kulit udang, bekicot, keong sawah. Dalam pemberian pakan biasa 1 ekor itik itu biasa membutuhkan 155h/hari/ Pada kadar air 15%-20% bobotnya kurang lebih 220 g. Ada peternak juda memberikan pakan 20kg/100 ekor/ hari. Peternak lain memberi 7 kg aking, 5 kg katul 15 ikan segar atau 5 kg tepung ikan, atau juga 25 kg -27 kg per hari.

Biasanya itik akan di berikan makan pada waktu 3x dalam sehari ya guys. Namun semua akan kembali lagi kepada kalian. jika kaian memangingin itik cepat bertelur maka kalian juga bisa memberikan itik makan 1 hari  4 kali ya guys.

Perawatan Itik Petelur

Panduan Ternak itik Petelur Bagi Pemula

Selanjutnya adalah masa perawatan. Dalam perawatan kalian itu harus lakukan terhadap itik ya guys. Itik ini memanglah merupakan hewan yang tidak mudah terserang penyakit, dan itik ini juga merupakan hewan yang kebal terhadap penyakit ya guys. Jangan ketinggal untuk simak artikel kami yang lain seperti 5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia.

Walaupun kebal terhadap penyakit, kalian juga harus perhatikan perawatan ya guys. Kami sarankan kepada kalian ya guys, untuk perawatan yang di perhatikan terlebih dahulu adalah merawat kebersihan kandang ya guys. Karena jika kandang kotor maka kalian juga akan kurang sehat karena baunya yang tak sedap.

Selain itu, kalian bisa perhatikan kesehatan itik ya guys. Kalian perhatikan apakah itik sepetti biasa atau tidak yang selalu aktif. Jika terdapat itik yang kurang aktif, maka kalian bisa memasihkan dengan itik yang lain. Dan untuk itik yang sakit bisa kalian berikan perawatan yang lebih lanjut lagi.

Panen Itik Petelur

Jika sudah masuk pada masa perawatan dan yang lainnya, maka selanjutnya masuk pada masa panen ya guys. Sebenanya sich, kalau kita bahas masa panen kalian bisa panen setiap hari ya guys. Karena untuk itik ini akan betelur satu hari sekali dan jumlah telur yang di hasilakan adalah 1 butir saja perhari. Jadi untuk panen telur, kalian bisa panen setiap hari.

Namun untuk panen daging itiknya kalian bisa lakukan ketika itik sudah mulai memiliki berat badan sekitar 1,5 – 2 kg. Untuk itu kalian sudah bisa jual ke pasar, dan apabila ada itik yang sudah bisa menghasilkan telur lagi, maka kalian juga bisa menjualnya saja ya guys. Sedangkan untuk telur yang sudah kalian panen, maka kalian bisa menjual ke pasar, atau ke kedai ya guys.

Informasi Ternak Itik Petelur Yang Benar

Gimana apakah kalian tidak tertarik untuk mencoba ternak itik petelur ini guys? Jika kalian sudah ingin mencoba ternak itik, maka langsung saja coba guys. Di Jamin deh banyak keuntungan yang akan kalian dapatkan dalam ternak itik ini. Jika kalian memiliki hewan unggas lainnya, dan ingi mencari informasinya kalian bisa simak artikel di Panduan Belajar Beternak ya guys.

Sampai di sini dulu ya perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang membahas mengenai Panduan Ternak itik petelur ini. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya dengan informasi yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Related Post

  • Jenis Burung Merpati Yang Banyak Di Minati 150x150

    Jenis Burung Merpati Yang Banyak Di Minati

    Panduan Beternak - Hallo para pecinta burung maniak. Kali ini kami akan membahas mengenai Jenis Burung Merpati Yang Banyak Di Minati. Bagi kalian yang merupakan pecinta unggas yang senang ternak atau
  • 4 Jenis Ayam Termahal Di Indonesia Harganya Puluhan Juta 150x150

    Ayam Termahal Di Indonesia Harganya Puluhan Juta

    Panduan Beternak - Hallo guys, berjumpa lagi bersama kami yang  kali ini ingin membahas mengenai 4 Jenis Ayam Termahal Di Indonesia Harganya Puluhan Juta. Nah bagi kalian yang merupakan para pecinta
  • Cara Merawat Ayam Potong Dengan Benar 150x150

    Cara Merawat Ayam Potong Dengan Benar

    Panduan Beternak - Haii semuanya, hari ini kami ingin memberikan informasi mengenai Cara Merawat Ayam Potong Dengan Benar. Nah bagi kalian yang memiliki usaha ternak ayam, atau baru saja ingin
  • Panduan Ternak itik Petelur Bagi Pemula 150x150

    Panduan Ternak Itik Petelur Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Jika kalian ingin mencoba untuk ternak itik petelur ini. berikut ini kami telah membuat. Panduan Ternak itik Petelur Bagi Pemula, tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja
  • Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar 150x150

    Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar

    Panduan Beternak - Dalam beternak hewan apapun pastinya perawatan haru kita perharikan seperti Perawatan Ternak Burung Puyuh Yang Benar. Jika kalian memiliki bisnis burung puyuh ini, berikut ini kami