Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar

Panduan Beternak  – Hallo guys, kami ingin membahas tentang Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar. Nah bagi kalian yang ingin mencoba untuk ternak domba texel namun masih belum paham dengan cara merawatnya, jangan malu untuk mencari tau di bawah ini ya guys. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja yuk di simak artikel yang kami buat dibawah ini ya guys.

Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar

Panduan Beternak

Domba excel merupakan jenis domba yang memiliki tubuh yang besar, biasa domba ini memiliki nama juga sebagai Dombos yang artinya Domba Texel Wonosoboh. Dombo ini berasal dari Wonosoboh yang di sebar di beberapa daerah dan sehingga sekarang ini domba ini banyak di dapatkan di berbagai daerah. Domba texel ini memiliki daging yang berat sehingga tidak heran jika domab ini di jadikan sebagai domba pedaging ya guys. Dan biasa agar menghasilkan bibit yang lebih bagus, sekarang domba ini di silangkan dengan domba jenis lain seperti domba Merino, Sapok, Bulu Bakar, dan jenis lainnya.

Dalam perawatan domab texal ini tidaklah begitu sulit ya guys. Kalian hanya perlu banyak pengetahui dan harus belajar lebih banyak apabila kalian masih memiliki pengalaman yang dikit. Nah untuk itu kami akan memberikan kalian Tips merawat domba texel yang bisa kalian baca ya guys dalam tipsnya juda hampir sama seperti ternak domba merino. Nah kalian juga malas untuk membacanyanya, tanpa menunggu terlalu lama lagi untuk tipsnya langsung saja sebagai berikut :

Lokasi Kandang Dombos

Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar

Dalam beternak maka kalian juga harus perhatikan kandang kambin ya guys. Jangan memilih lokasi kandang yang dekat dengan pabrik ya guys. Walaupun domba ini merupakan hewan yang kebal terhadap penyakit, namun jika kalian membuat kandang dekat dengan dengan lokasi pabrik sehingga polusi sudah tercemar maka itu sangat tidak baik bagi kandang dan makluk hidup lainnya. Tips ini sama seperti Cara Merawat Ayam Potong Dengan Benar ya guys, di mana harus perhatikan lokasi untuk hewan ternak kalian.

Kami sangat menyarankan kepada kalian agar jangan memilih lokasi yang berdekatan dengan air ya guys. Karena itu sangat membahayakan ternak kalian. Karena jika dekat perairan kita gak tau kapan akan ada kebanjiran, jadi untuk menjaga lebih aman maka kalian bisa jauhkan kandang dari perairan. Dan kandang jangan sampai lembab ya guys karena itu tidak bagus untuk domba, bisa menyebabkan domba menjadi masuk angin. Dan dalam pembuatan kandang kalian harus tinggi jaran lantai dengan tanah, agar domba tidak mudah masuk angin.

Pakan Hijaun Dan Tambahan

Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar

Pemberian pakan adalah salah satu hal yang paling penting dalam beyernak hewan apapun ya guys. Seperti yang kita tau bahwa domba ini merupakan salah satu hewan yang paling suka dengan rumput dan hijaun. Jadi kalian dengan mudah untuk memberikan domba ini pakan ya guys. Namun kami menyarankan kembali agar kalian bisa memberikan domba pakan tambahan ya guys. Untuk pakan tambahan tambahan ini seperti : ampas tahu, abu jagung, kulit kedelai, dan lain-lain.

Sementara untuk memberikan ampas tahu, kalian bisa campurkan dengan vitamin ya guys, agar domba bisa makan lebih lahap lagi dan untuk menambah berat badan domba dengan cepat ya guys. Sementara untuk minum kalian bisa memberikan domba minum air yang di campurin dengan garam ya guys. Atau kalian juga bisa memberikan domba minum tetes tebu. Namun untuk tetes tebuh jangan di berikan setiap saat, kalian bisa memberikannya satu hari sekali ya guys.

Kebersihan Kandang

Kandang merumah rumah bagi domba, dan kalian harus tau ya guys, domba sama seperti kita sama – sama makluk hidup. Jadi kami sarankan kepada kalian agar kandang domba selalu di bersihkan ya guys. Jangan sampai kandang domba kotor, karena jika kotor terus, itu akan mengundang kuman dan bakteri. Itu akan menyebabkan domba bisa terserang penyakit ya guys, jadi kami sarankan agar kalian bersihkan kandang domba setiap sore guys.

Kalian bisa sapu kandang dengan menggunakan sapu ya guys. Jika masih belum bersih dan susah bersih, maka kalian bisa menggunakan air ya guys, dan sekalian di sikat guys. Agar kotoran yang nelpon tersebut bisa hilang ya guys, sementara itu kebersihan kandang juga sangat penting ya guys, agar domba di cepat kotor. Karena domba jika sudah kenyang akan duduk di lantai, dan lantai wajib kalian bersihkan ya guys.

Kebersihan Tubuh Domba

Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar

Nah kebersihan pada tubuh domba jangan sampai kalian lupakan ya guys. Kalian harus selalu perhatikan tubuh domba mulai dari kepala, ekor sampai ke kaki ujung kuku. Agar domba selalu sehat dan kelihatan bersih maka seringlah di perhatikan, kalian bisa memandikan domba ya guys.  Kegunaan memandikan damba agar domba selalu kelihatan bersih dan domba akan merasakan badan yang segar. Dalam memandikan domba kalian bisa lakukan ketika domba sednag kotor, dan ketika sedang sedang panas ya guys.

Selain memandikan domba kalian harus memotong bulu domba ya guys, dalam memotong bulu domba biasanya bisa kalian lakukan ketika bulu domba sudah kelihatan panjang dan sudah kotor. Kegunaan memotong bulu domba adalah agar domba lebih bersih dengan tumbuhnya bulu yang baru nantinya. Sementara agar domba juda kelihatan lebih segar dengan bulu yang baru, dalam pemotongan bulu kalian bisa menggunakan alat cukur atau gunting. Namun jangan sampai kalian melukai tubuh domba ya guys, kasian dombanya kesakitan.

Selain itu di bagikan kaki, kalian bisa mencukur kukunya ya guys, agar kotoran yang menempel bisa hilang dan domba akan jauh dari bakteri dan kuman. Dalam pemotongan kuku kalian bisa menggunakan pisau yang tajam, caranya kalian cukup kikis kukunya dikit demi sedikit. Namun kalian juga harus perhatikan apakah sudah sampai ke daging atau belum, karena jika kalian potong sampai habis maka itu akan terkena daging kakinya dan akan terjadi berdarah. Dan sementara pengikisan, kalian bisa langsung mengukir seperti kaki domba pada umumnya.

Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar

Gimana apakah kalian sudah paham dengan cara merawat domba texel ini..? Jika sudah maka jangan menunggu terlalu lama lagi langsung saja coba ke domba kalian menggunakan perawatan yang kami berikan di atas ya guys. Atau jika kalian memiliki jenis hewan lainnya, kalian bisa mencari informasinya di Panduan Belajar Beternak yang guys. Di sana kalian akan mendapatkan informasi juga mengenai hewan ternak dan peliharaan ya guys.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang membahas mengenai cara merawat domba texel. Sampai jumpa kembali di artikel panduan kami yang selanjutnya dengan judul dan informasi yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih ya guys.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula 150x150

    Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Hallo para pecinta burung maniak. Jika kalian memiliki hobby ternak burung pleci, kami akan memberikan Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula. Jika kalian ingin mencoba untuk usaha
  • Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar 150x150

    Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar

    Panduan Beternak  - Hallo guys, kami ingin membahas tentang Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar. Nah bagi kalian yang ingin mencoba untuk ternak domba texel namun masih belum paham dengan cara
  • Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar 150x150

    Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar

    Panduan Beternak - Untuk kalian para pemacu kuda, jika kalian ingin kuda kalian lebih sehat lagi. Berikut ini ada beberapa Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar. Jika kalian ingin mendapatkan perawatan
  • Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium 150x150

    Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium

    Panduan Beternak - Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium merupakan pembahas kami kali ini yang akan kami berikan kepada kalian yang berminat. Jika kalian memiliki akuarium di rumah, dan kalian
  • Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak-min 150x150

    Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

    Panduan Beternak - Bagi para penghoby atau para peternak apakah mengetahui mengenai Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak. Banyak para peternak dan penghoby yang memilih jenis kambingnya yang