Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium

Panduan Beternak – Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium. Bagi kalian yang ada pelihara ikan arwana di akuarium, namun masih belum mengerti dengan cara merawat ikan arwana ini. Nah kalian tidak perlu risau, karena hari ini kami akan memberikan tips merawat ikan arwa kepada kalian. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja yuk kita bahas di bawah ini.

Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium

Panduan Beternak

Ikan Arwana merupakan salah satu ikan hias sangat di kenal di seluruh dunia. Ikan arwana ini memiliki bentuk dan warna yang sangat menarik sehingga banyak yang ingin mencoba untuk pelihara ikan ini. Untuk jenis ikan arwana ini sangatlah banyak sehingga jika kalian banyak temui ikan arwa dengan bentuk yang berbeda beda pastinya sudah usah heran lagi.

Banyak yang pelihara ikan ini karena di mana ikan ini merupakan ikan hias yang paling terpopuler di bandingkan jenis ikan hias lainnya. Sementara untuk harga ikan arwana ini juga luamayan mahal lo, untuk harga arwana yang masih kecil saja sudah sampai jutaan, gimana jika sudah besar dan warna juda menarik maka harnya lebih tinggi lagi pastinya.

Ikan arwana ini juga memiliki warna yang berbeda-beda. Setiap jenis ikan arwana memiliki harga yang berbeda-beda. Jika kalian ingin tahu jenis apa saja kalian bisa membaca Jenis-Jenis Ikan Arwana Yang Terkenal Banyak Di Minati. Nah apakah kalian juga ada pelihara ikan arwana di rumah? Apakah kalian juga sudah tahu dengan cara merawat ikan arwana di rumah ini? Jika kalian masih belum paham, maka kalian bisa mencoba membaca cara merawat yang telah kami buat. Langsung saja yuk kita bahas caranya di bawah ini :

Akuarium Dan Perlengkapan Yang Di Perlukan

Akuarium Dan Perlengkapan Yang Di Perlukan

Awal yang harus kalian lakukan adalah persiapan akuarium terlebih dahulu. Dalam pelihara ikan arwa jika kalian tidak memiliki akuarium maka kalian tidak bisa pelihara. Untuk akuarium, kalian bisa memilih yang berukuran besar. Ikan arwana ini akan bertumbuh sampai besar dengan kepanjangan yang cukup panjang, jadi kalian harus siapkan akuarium yang besar.

Baca Juga : Panduan Beternak Kambing Kacang Menguntungkan

Sementara untuk perlengkapan yang di butuhkan dalam akuarium sebagai berikut :

  1. Aerator, manfaat aerator atau popa hawa yaitu menyuplai hawa ke di dalam air akuarium sekalian mengguapkan atau mendorong hasil sisa-sisa pernapasan ke luar dari akuarium. Walaupun aerator ini kecil namun hawa yang di tiupkannya relatif banyak.
  2. Heater serta Thermometer. Alat pernapasan ini di butuhkan pada saat suhu air akuarium turun dengan mencolok. Namun alat pengontrol suhu air termometer juga di pasang di dalam akuarium.
  3. Filter. Manfaat dari filter ini akan menyaring air di dalam akuarium agar air akuarium selalu bersih dan jernih.Lampu TL. Untuk lampu ini bisa kalian siapkan, karena ini akan menyinarkan akuarium dan akan mempercantik akuarium juga. Namun jangan memberikan lampu terlalu besar karena itu akan membuat air menjadi panas.

Memberikan pakan Yang Berkualitas

Akuarium Dan Perlengkapan Yang Di Perlukan

Selanjutnya adalah pemberian pakan ikan. Ikan arwan ini termasuk ikan predator yang akan memakan serangga juga. Seperti kelabang, jangkrik, ulat hongkong, dan lain-lain. Namun dalam pemberian pakan ikan arwana jangan di berikan  makanan itu terus, kalian bisa memberikan seperti anak ikan, udang, katak, atau makanan yang lainnya. Namun ketika kalian memberinya kalian harus perhatikan kaki dan capit, jangan sampai melukai mulut ikan.

Mengontrol Dan Penggantian Air Akuarium

Akuarium Dan Perlengkapan Yang Di Perlukan

Selanjutnya adalah pengontrolan air. Setiap hari kalian harus mengontrol suhu air serta ph air juga. Adapun suhu air ideal untuk ikan arwana lebih kurang 25-27 derajat celcius. Apabila suhu air dingin segera nyalakan heater sampai suhu air cocok sesuai dengan yang di inginkan. Namun ph yang di hendaki itu lebih kurang 6-8.

Sementara itu air akuarium juga harus kalian ganti. Nah dalam pengganti air akuarum ini, kalian harus perhatikan terlebih dahulu bahwa kalian mengganti menggunakan air apa. Jika kalian menggunakan air pam maka kalian harus biarkan air mengendap di dalam akuarium selama 1 harian. Hal ini di lakukan agar kandungan khlor yang ada di dalam air akan mengendap terlebih dahulu. Jika sudah maka kalian bisa masukan ikan kembali ke dalam akuarium.

Baca Juga : Cara Pelihara Jalak Suren Di Rumah

Setiap penggantian air bisa kalian ganti tiap 3 bulan sekali. Namun sebelum 3 bulan, dan air sudah kelihatan kotor, maka kalian bisa mengganti air akuarium kalian. Hal ini juga akan menjaga kebersihan ikan dan akuarium, karena jika akuarium kotor ikan arwa akan kotor juga.

Tanaman Air

Akuarium Dan Perlengkapan Yang Di Perlukan

Agar ikan arwana merasa nyaman maka kalian harus menyediakan tanaman air di dalam  kolam. Hal ini akan membuat kolam seperti habitat aslinya. kalian harus menghiasi akuarium menggunakan tanaman hias, agar ikan merasa seperti berada di habitat aslinya. Untuk tanaman hias kalian bisa memberikan vallisneria spiralis, hidrilla verticillata, riccia fluiutana, higrophila polisperma, pistia stratiotes, dan najas indica.

Pasir Batuan

Akuarium Dan Perlengkapan Yang Di Perlukan

Selain tumbuhan air, maka kalian harus memberikan pasari di dalam kolam. Seperti yang kita tahu habitat asli ikan arwa di dalam rawa dan di dasarnya terdapat lumpur pasir, dan tanah. Jadi di dalam kolam juga harus kalian siapkan pasir batuan. Pasir batuan ini adalah bantu yang bentuknya kecil seperti pasir, untuk itu kalian bisa memberli di toko ikan. Atau kalian juga bisa mengambil pasr sungai yang tetap di campur dengan humus, dan jangan lupa juga untuk memberikan batu karang-karangan.

Penataan Interior Akuarium

Akuarium Dan Perlengkapan Yang Di Perlukan

Jika semua sudah di di siapkan maka kalian bisa melakukan penataan interior akuarium. Kalian menyediakan tanam air dan pasir bertujuan untuk membuat akuarium seperti alam aslinya ikan arwana. Jadi kalian bisa menyusun tanaman air di dalam kolam. Untuk pasir kalian hanya perlu menuangkan ke dalam akuarium dengan cara di tuang, sertakan di ratakan pasirnya.

Sementara untuk tanaman air bisa kalian tancapkan di pasti tersebut, kalian bisa menamcapkan di seluruh sisi agar di dalam kolam terlihat seperti habitat aslinya.

Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan Tips merawat ikan arwana yang kami berikan di bawah ini? Jika sudah maka kalian sudah bisa merawat ikan arwana ini dengan menggunakan Tips merawat ikan arwana yang kami berikan atas. Jika kalian ingin mencari informasi  lainnya kalian bisa membaca di Panduan Belajar Beternak yang memberikan kalian informasi beternak juga.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Tips Merawat Ikan Arwana Di Akuarium. Sampai jumpa kembali di artikel judi kami yang selanjutnya dengan Informasi Panduan Beternak yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Budidaya Ikan Komet Kolam Semen 150x150

    Cara Budidaya Ikan Komet Kolam Semen

    Panduan Beternak - Hallo guysm, berjumpa lagi bersama kami yang akan membahas mengenai Cara Budidaya Ikan Komet Kolam Semen. Nah bagi kalian yang senang budidaya ikan komet, maka kalian bisa simak
  • Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinya

    Panduan Beternak -  Hallo guys berjumpa bersama kami kali lagi yang hari ini membahas mengenai Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinnya. Nah jika kalian merupakan para peternak dan ingin
  • Tips Memilih Ikan Louhan Untuk Di Pelihara 150x150

    Tips Memilih Ikan Louhan Untuk Di Pelihara

    Panduan Beternak - Hai guys, kami ingin memberkikan sedikit Tips Memilih Ikan Louhan kepada kalian agar kalian bisa mendapatkan ikan yang bagus untuk di pelihar. Bagi kalian yang sedang kesulitan
  • Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula 150x150

    Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Cara Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula adalah pembahas kita kali ini. Jika kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan nilem. Kalian bisa simak artikel kami di bawah ini, karna kami
  • 5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia 150x150

    5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia

    Panduan Beternak - 5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia. Hallo para pecinta hewean peliharaan atau bagi kalian yang senang budidaya ikan. Nah jika kalian senang pelihara ikan berikut ini ada