Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat

Panduan Beternak – Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat. Bagi kalian yang memiliki bisnis sapi lokal namun masih belum mengerti dengan cara penggemuaknnya. Nah kalian tidak perlu risau, karena kami akan memberikan TIps penggemukan sapi lokal yang bisa kalian coba nantinya. Nah tanpa menunggu terlalu lama lagi, langsung saja yuk kita bahas tipsnya di bawah ini.

Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat

Panduan Beternak

Dalam peggemukan sapi lokal, pasti merupakan salah satu inpian dan usaha yang saat ini di inginkan oleh para peternak sapi lokal ini. Karena di mana dalam bisnis sapi lokal ini, kalian harus bisa cepat dalam penggemukan sapi, agar sapi cepat besar dan akan bisa di jual lebih cepat dengan harga yang tinggi, karena memiliki bobot sapi yang besar dan berat.

Dalam penggemukan sapi lokal ini sangat mudah seperti Cara Merawat Domba Garut yang di mana hanya perlu memiliki keahlian dalam bisnis tersebut. Namun bagaimana bagi para pemula yang masih belum paham dengan cara penggemukan sapi ini? Nah kalian tidak perlu risau, karena jika ingin berusaha dan terus belajar maka kalian akan bisa melakukannya dengan mudah.

Nah jika kalian ingin tau dalam penggemukan sapi lokal yang benar, berikut ini kami ada sedikit cara yang bisa kalian coba. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja bahas artikel di bawah ini :

Kandang Spesial Penggemukan Sapi

Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat

Awal dalam penggemukan sapi lokal adalah, perhatikan kandang yang telah kaliat buat atau belum kalian buat. Kalian harus ingat dalam penggemukan sapi, tidak boleh banyak gerak. Karena jika sapi terlalu banyak gerak maka itu akan membuat pertumbuhan sapi menjad lambat. Jadi kalian bisa membuat kandang yang kecil saja apabila kalian ingin menempatkan 2-3 ekor sapi saja.

Namun apabila kalian ingin membuat kandang sapi dengan jumlah sapi yang banyak, maka kalian haruslah membuat kandang yang besar, namun setelah itu sapi bisa kalian ikat dekat dengan tempat makan sapi. Tapi untuk tali kalian jangan memberikan terlalu panjang, karena itu sangat membahayakan sapi-sapi kalian. Jadi untuk tali kalian bisa ukur sesuai dengan sapi bisa duduk dan berdiri saja.

Pemilihan Bibit Unggulan

Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat

Dalam penggemukan akan di lihat dari jenis sapi yang kalian ternak. Jika kalian membeli bibit sapi yang dari keturunan kecil. Namun dalam pemilihan bibit sapi, maka akan di lihat dari kemampuan modal kalian. Karena masing-masing bangsa sapi memiliki karakteristik tersendiri khusunya daya adaptasi terhadap lingkungan, baik pakan maupun tatalaksanaa pemeliharaan.

Beberapa hasil penelitian mengatakan, bahwa sapi jantan memiliki PBBH, persentase karkas dan efisiensi pakan yang lebih tinggi. Dan sapi jantan memiliki persentase lemak yang lebih rendah dari pada sapi betina. Sedangkan umur ideal sapi idel untuk penggemukan adalah sekitar 1.5 – 2.5 tahun. Karena pada usia seperti itu masa pertumbuhan daging sapi yang optimal dan saat di jual deposit lemak tubuh belum terlalu tinggi.

Berikut ini ada beberapa sayarat bibit sapi lokal yang bisa kalian pilih :

  • Sehat, mara bersinar, tidak terlalu kurus.
  • Di utamakan badan tinggi, dada dan panggul lebar, kapasitas perut besar.
  • Di utamakan mempunyai bobot badan > 260 kg, harapan bobot potong lebih 400 kg dengan maksimal penggemukan 5-6 bulan.

Menajemen Pakan Sapi Lokal

Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat

Selanjutnya dalah pemberian pakan yang harus di lakukan. Kalian harus ingat, walaupun sapi berasal dari bobot yang besar, maka kalian juga harus memberikan sapi makan yang tepat waktu dan ukuran pakan yang cukup. Dalam pemberian pakan kalian harus memberikan sumber pakan serat atau hijauan potensial yang berharga murah dapat di berikan 10% dari bobot badan. Kalian harus ingat semakin banyak tersedianya pakan hijauan dengan kualitas sedang sampai baik dan berhaga murah maka jumlah pemberian pakan dapat di tingkatkan dan pakan tambahan dapat di kurangi.

Namun jika musin kemaru sedang berlangsung maka kalian bisa memberikan pakan buatan atau pakan tambahan kepada sapi. Karena jika sedang dalam kemaru maka akan sulit untuk mencari rumput yang segar dan berkualitas. Sedangkan dalam penggemukan sapi potong dengan target PBBH 0,8 KG dapat di berikan pakan yang terdiri dari hijauan dan kosentrat dengan perbandingan antara 0-25 : 75-100%. Pemberian pakan di sarankan adlibitum atau bebeas terkontrol, pada kondisi pakan yang berbasis pakan lokal.

Nah jika kalian ingin memberikan pakan konsentrat, berikut ini ada beberapa contoh alternatif yang bisa kalian coba, langsung saja sebagai berikut :

Nama Bahan Alternatif I Alternatif II
Dedak padi 47 18
Gaplek/onggok giling 31 19
Kulit kopi 5 7
Bungkil kopra 16 36
Tumpi jagung 16
Tetes 8
Kapur halus 2 2
Urea 2 2
Garam 2 2
Total (%) 102 102
Total protein (%BK) 10,8 10,6
Total TDN (%BK) 61,7 61,2

Namun jika kalian memiliki tambahan pakan yang lebih baik lagi bagi pertumbuhan maka kalian bisa lakukan dan berikan kepada sapi kalian. Namun ingat, dalam pemberian pakan tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang, karena itu tidak baik bagi kesehatan sapi.

Perawatan Sapi Lokal

Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat

Agar penggemukan berlangsung dengan cepat, maka kalian harus memberikan perawatan yang benar terhadap sapi. Perawatan yang harus kalian lakukan. Karena jika tidak ada perawatan terhadap sapi, maka yang ada sapi akan mudah sakit dan akan menunda penggemukan terhadap sapi. Nah jika kalian masih bingung dengan perawatan apa saja yang harus di lakukan, langsung saja sebagai berikut :

  1. Memandikan Sapi, agar sapi selalu kelihatan segara dan segala jenis bakteri dan kuman yang ada di tubuh sapi akan hilang. Dalam memandikan sapi kalian bisa menggunakan shanpo atau sabun khusus untuk sapi, jika sudah maka kalian bisa dengan pelan-pelan untuk menggosok sapi menggunakan sikat yang halus, jangan sampai kalian menyikat melukai tubuh sapi.
  2. Membersihkan Kandang, juga harus di lakukan, kegunaanya adalah agar sapi jauh dari bakteri dan kuman. Seperti sisa makanan yang sudah di makan lagi bisa kalian buang atau kalian jemur, setelah kering di bakar dan keluar asap untuks api. Sementara itu dalam pembersihan kalian bisa lakukan pada pagi hari sekalian memandikan sapi kalian.
  3. Membersihkan Tempat Minum Dan makan, juga harus di lakukan yang kawan, jika air sudah kelihatan kotor dan bau. Maka kalian sudah bisa membersihkan air tempat tersebut bisa kalian sikat dan di isi dengan air yang baru dan bersih.

Perawatan yang kami berikan di atas, bisa kalian coba jika kalian masih ada yang kurang dengan perawatan sapi, maka kalian bisa menambahnya lagi, asalkan itu terbaik untuk penggemukan sapi dan tidak merukan kalian, maka lakukan saja.

Tips Menggemukan Sapi Lokal Dengan Mudah

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan tips penggemukan sapi lokal yang kami berikan di atas? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja mencoba menggunakan tips yang kami berikan di atas. Jika kalian ingin mencari informasi mengenai beternak lainnya, kalian bisa mencari Panduan Belajar Beternak yang akan memberikan informasinya kepada kalian.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Panduan Beternak kami yang berjudul Tips Penggemukan Sapi Lokal Dengan Cepat. Sampai jumpa kembali di artikel judi kami yang selanjutnya dengan Informasi Panduan Beternak kami yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel di atas, kami ucapkan Terima Kasih.

Panduan Beternak

Panduan Cara Beternak

Related Post

  • Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula 150x150

    Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula

    Panduan Beternak - Hallo para pecinta burung maniak. Jika kalian memiliki hobby ternak burung pleci, kami akan memberikan Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula. Jika kalian ingin mencoba untuk usaha
  • Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar 150x150

    Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar

    Panduan Beternak  - Hallo guys, kami ingin membahas tentang Tips Merawat Domba Texel Dengan Benar. Nah bagi kalian yang ingin mencoba untuk ternak domba texel namun masih belum paham dengan cara
  • Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar 150x150

    Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar

    Panduan Beternak - Untuk kalian para pemacu kuda, jika kalian ingin kuda kalian lebih sehat lagi. Berikut ini ada beberapa Cara Merawat Kuda Pacu Dengan Benar. Jika kalian ingin mendapatkan perawatan
  • Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium 150x150

    Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium

    Panduan Beternak - Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium merupakan pembahas kami kali ini yang akan kami berikan kepada kalian yang berminat. Jika kalian memiliki akuarium di rumah, dan kalian
  • Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak-min 150x150

    Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak

    Panduan Beternak - Bagi para penghoby atau para peternak apakah mengetahui mengenai Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Di Ternak. Banyak para peternak dan penghoby yang memilih jenis kambingnya yang